Membuka bisnis sendiri memang bukanlah hal yang mudah, salah satu kunci utama dalam mendirikan bisnis yaitu memiliki modal usaha. Banyak orang berprasangka bahwa diperlukan modal yang besar untuk membuka bisnis, padahal Anda bisa menggunakan dana secukupnya untuk mendirikan bisnis. Dengan modal yang terbatas, tentu Anda menjadi terbatas jika ingin berinovasi lebih dengan bisnis Anda. Sementara dengan modal yang cukup besar, Anda bisa bebas berinovasi.

Terlepas dari modal yang kecil ataupun besar, masih banyak orang yang bingung bagaimana untuk mulai mendapatkan modal usaha untuk bisnis. Berikut merupakan 5 cara untuk mendapatkan modal usaha yang dikutip dari Moneysmart.

Menggunakan Tabungan

5 Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk Bisnis Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan modal usaha yaitu menggunakan tabungan sendiri. Banyak orang yang memang mempunyai keinginan untuk berbisnis dan mempunyai tabungan khusus yang suatu saat bisa digunakan untuk memulai bisnisnya.

Anda bisa memulai dengan menyisihkan sekian persen dari gaji untuk tabungan modal usaha. Jika dirasa sudah cukup untuk modal usaha, Anda bisa mulai membangun bisnis sendiri. Namun, metode ini dapat memakan waktu yang cukup lama, mengingat dibutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk mendirikan sebuah bisnis. Keuntungannya, Anda tidak perlu pusing memikirkan hutang ke pihak lain karena Anda menggunakan biaya sendiri untuk memulai bisnis.

Menjual Harta Pribadi

5 Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk BisnisJika Anda tidak memiliki tabungan dan tidak ingin menunggu lama untuk mengumpulkan uang, salah satu cara alternatif yang bisa Anda lakukan yaitu menjual harta pribadi. Harta pribadi yang dijual bisa berupa kendaraan, barang elektronik, atau perhiasan.

Mendirikan usaha memang bukan hal yang mudah, Anda harus bekerja keras untuk menjalaninya dan terkadang Anda harus mengorbankan banyak waktu, tenaga, hingga sebagian dari harta untuk bisa membuka usaha. Karena mendapatkan modal usaha dengan mengorbankan harta pribadi, maka Anda juga harus mempergunakan uangnya dengan sebaik mungkin.

Mencari Rekan Bisnis

5 Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk BisnisSalah satu cara yang banyak dilakukan oleh pengusaha yaitu mengajak temannya untuk bergabung dalam mendirikan bisnis. Biasanya, teman yang memiliki minat dan tujuan yang sama akan menjadi rekan bisnis yang cocok. Dengan memiliki rekan bisnis, beban Anda untuk mencari modal usaha menjadi lebih ringan.

Tawarkan teman Anda dengan keuntungan yang menjanjikan, beri tahu rencana bisnis Anda dan apa yang ingin Anda capai kedepannya dengan bisnis yang akan Anda dirikan. Jika mereka tertarik, tentu Anda akan merasa terbantu dengan adanya rekan bisnis yang juga ikut serta membangun bisnis dari nol.

Selain rekan bisnis, Anda juga bisa mencoba mencari investor yang sekiranya berminat untuk berinvestasi di bisnis yang Anda jalani. Selain memberikan modal usaha, biasanya investor juga akan ikut terlibat dalam pengambilan keputusan penting dalam bisnis Anda.

Meminjam Uang

5 Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk BisnisMeminjam uang merupakan salah satu cara yang paling sering digunakan oleh pengusaha untuk mendapatkan modal. Cara ini bisa dilakukan jika tabungan Anda kurang mencukupi, atau aset yang Anda miliki tidak cukup berharga untuk dijual. Selain mengajukan pinjaman ke bank, Anda juga bisa pinjam ke keluarga atau teman terdekat.

Tentu hal ini memiliki resiko yang cukup tinggi, mengingat Anda harus membayar kembali uang yang sudah dipinjam. Belum lagi bunga yang harus ditanggung jika Anda meminjam lewat bank. Ketahui resiko yang akan Anda hadapi jika akan meminjam uang. Kembalikan uang tepat waktu, agar Anda tidak terlibat masalah.

Modal Usaha dari Pelanggan

5 Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk BisnisKebanyakan bisnis yang berbasis jasa seperti jasa katering, biasanya dapat mengandalkan modal usaha dari pelanggan. Anda bisa membuat sistem bayar di awal untuk pesanan yang masuk, dan dari situ Anda bisa menjadikan pembayaran tersebut untuk membuat pesanan.

Anda bisa meminta pembayaran full di awal, atau pembayaran setengah-setengah dan dilunasi saat pesanan sudah jadi. Dengan begitu, keuntungan yang Anda dapatkan bisa terus diputar untuk menjadi modal usaha.

Berikut merupakan cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan modal usaha. Jika sudah mendapatkan modal untuk bisnis, perlu diingat bahwa Anda juga harus tekun dalam menjalankan usaha. Salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan tentunya adalah arus keuangan bisnis.

 

Untuk mempermudah mengatur keuangan bisnis Anda, coba gunakan software akuntansi seperti Jurnal. Sebagai software akuntansi berbasis cloud, Jurnal memiliki berbagai fitur seperti pembuat invoice, laporan keuangan, manajemen aset, hingga pelacakan persediaan yang akan memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis. Daftar gratis sekarang juga untuk mendapatkan free trial selama 14 hari dan nikmati berbagai fitur yang memudahkan dalam mengelola keuangan bisnis Anda!