5 Alasan Pentingnya Laporan Penjualan Harian dalam Bisnis

Beberapa industri bisnis yang memiliki transaksi harian yang tinggi dan tingkat pengembalian modal yang cukup cepat adalah bisnis ritel, bisnis jasa, serta bisnis makanan dan minuman atau food and beverage (F&B). Mengamati proses bisnis tersebut, para pelaku bisnis perlu mengetahui pentingnya laporan penjualan harian dalam berbagai bidang bisnis.

Sektor-sektor industri yang disebut di atas mengalami transaksi yang ramai setiap hari sehingga memerlukan laporan penjualan harian. Hal ini karena laporan penjualan harian penting untuk merekam data transaksi yang terjadi secara berkala.

Laporan penjualan adalah kumpulan dari seluruh informasi penjualan yang disusun dan diinformasikan sebagai sebuah bahan pencatatan dan analisa penjualan. Untuk laporan harian, informasi yang ada di dalamnya merupakan data transaksi penjualan yang terjadi setiap harinya.

Jenis-Jenis Opini pada Audit Laporan Keuangan

Ada banyak fungsi penting dari laporan penjualan harian. Terutama untuk bisnis yang memiliki banyak transaksi dan cukup pesat berkembangnya. Berikut ini adalah alasan mengapa laporan harian penting bagi bisnis:

Menggambarkan Kondisi Bisnis

Laporan keuangan adalah salah satu cara untuk melihat bagaimana kondisi bisnis. Jika laporan keuangan menunjukkan angka untung, maka bisnis dalam keadaan yang baik. Begitu juga sebaliknya, jika angka menurun maka perusahaan harus memikirkan cara bagaimana meningkatkan penjualan.

Untuk laporan harian, memang tidak bisa secara langsung digunakan untuk melihat kondisi bisnis dalam gambaran besar. Tetapi dengan adanya laporan harian, naik dan turunnya penjualan bisa dipantau dengan lebih akurat.

 

Bahan Evaluasi

Laporan penjualan menyajikan data nyata yang menyatakan apakah perusahaan dalam kondisi yang sedang baik atau tidak. Sedikit saja perubahan transaksi harus dikendalikan oleh pemilik bisnis agar tidak terjadi penurunan. Dengan laporan keuangan harian hal ini bisa diatasi.

Misalnya dalam 2 hari terakhir penjualan menurun berdasarkan laporan penjualan harian. Maka dari data tersebut pemilik usaha bisa mengatur strategi promosi yang baru agar bisa menarik pelanggan lebih banyak lagi.

Laporan harian akan sangat membantu pemilik bisnis untuk menyusun strategi karena data laporan penjualan selalu diperbaharui setiap harinya. Jadi kebiasaan pelanggan bisa dibaca dengan lebih jelas untuk meningkatkan proses pemasaran produk.

Baca Juga: Buat Proforma Invoice Tak Lagi Rumit dengan Software Akuntansi

Bentuk Pertanggungjawaban

Laporan penjualan adalah laporan pertanggungjawaban untuk beberapa pihak yang terkait dalam perusahaan. Untuk itu, laporan keuangan harus dibuat dengan seakurat mungkin. Dengan membuat laporan harian, data transaksi penjualan bisa diakumulasi untuk laporan keuangan per akhir periode yang lebih akurat.

Tentunya dengan laporan harian, laporan keuangan per akhir periode bisa terbentuk dengan lebih mudah dan tepat. Sehingga pemilik saham, dan jajaran direksi bisa lebih percaya terhadap bisnis yang dijalankan.

 

Meningkatkan Produktivitas

Dari laporan harian bisa diketahui seberapa banyak transaksi yang terjadi setiap harinya. Setelah itu, perusahaan bisa menentukan target untuk hari-hari kedepannya. Hal ini bisa meningkatkan produktivitas antar pekerja untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga: Info Seputar Harga Pokok Penjualan di Industri Manufaktur

Menunjukkan Kredibilitas Perusahaan

Laporan keuangan yang tepat dan akurat adalah bukti bahwa perusahaan mampu beroperasi dengan baik. Tentu saja hal ini didukung dengan adanya laporan penjualan yang berkontribusi untuk perhitungan banyaknya jumlah transaksi harian.

Pada dasarnya, perusahaan yang baik adalah perusahaan yang memiliki laporan keuangan yang sehat. Untuk menyusun hal tersebut, diperlukan laporan harian. Dalam praktiknya, Anda bisa menggunakan software akuntansi Jurnal by Mekari agar proses pembuatan laporan keuangan lebih mudah dan akurat.

Software Jurnal by Mekari dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Dengan menggunakan aplikasi accounting online Jurnal by Mekari, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis diproses dengan baik.

Pada September ini, dapatkan promo diskon hingga 20% dan Cashback mencapai Rp1,5 juta bagi yang berlangganan Jurnal Paket Enterprise+ minimal 24 bulan. Tak hanya itu, Anda juga berhak mendapat diskon 20% dan cashback hingga Rp1 juta jika berlangganan Paket Pro minimal 24 bulan.

Untuk info selengkapnya, Anda bisa mengunjungi website Jurnal atau mencoba demo gratis selama 14 hari dengan mengetuk banner di bawah ini.


PUBLISHED06 Oct 2020
Lavinda
Lavinda


Kategori : Accounting