Strategi merupakan hal penting yang harus dimiliki setiap pemimpin. Seorang pemimpin dan pebisnis yang berkualitas akan menjalankan strategi dengan perencanaan yang bijak untuk menjaga dan mengembangkan bisnisnya. Berikut ini merupakan 4 strategi praktis yang dapat diterapkan untuk mengembangkan kepemimpinan Anda di perusahaan.

1. Ciptakan harmoni dalam perusahaan

Kepmimpinan yang dapat menyatukan berbagai perbedaan untuk mencapai satu visi adalah kepemimpinan yang sukses. Banyaknya konflik yang dihadapi akan menentukan terbentuk atau tidaknya harmoni dalam perusahaan. Konflik dapat memperkuat hubungan Anda dan anggota tim atau pegawai tergantung dari cara Anda menghadapi dan menyelesaikannya.Anda dapat menciptakan lingkungan yang harmonis melalui pertemuan-pertemuan santai dan mengurangi tekanan dalam kantor. Lingkungan kerja yang harmonis akan meningkatkan kenyamanan pegawai.

Read more:Tingkatkan Kualitas Pegawai Anda dengan Leadership Training!

2. Bangunlah lebih daripada yang Anda runtuhkan

Anda membutuhkan banyak pengorbanan untuk dapat menjadi seorang pemimpin. Karena itu, bentuklah sebuah bisnis yang akan berdampak besar dan membangun masyarakat serta para pegawai. Bentuk tim yang lebih solid, bangun relasi yagn lebih kuat, dan berinovasilah lebih kreatif daripada sebelumnya. Pastikan setiap waktu, usaha, dan uang yang telah Anda korbankan layak untuk dibayar.

3. Lakukan pengamatan jangka panjang dan jangka pendek

Membangun perusahaan yang kuat membutuhkan waktu. Anda perlu melakukan pengamatan bisnis setiap waktu agar bisnis Anda dapat mengikuti perkembangan zaman. Lakukanlah pengamatan terhadap target pasar, pegawai Anda, lingkungan Anda, serta kondisi finansial Anda. Pengamatan yang berjangka panjang akan membangun stabilitas bisnis Anda.

Di sisi lain, lakukanlah pengamatan jangka pendek jika Anda membutuhkan data cepat. Jika Anda belum mempunyai tim yang solid untuk bekerja cepat, Anda dapat mencari data secara online atau meminta dari badan statistik. Anda juga dapat bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan research seperti AC Nielsen untuk mendapatkan data yang diinginkan.

4. Permudah hidup orang lain

Jadilah pemimpin yang berdampak bagi orang di sekeliling Anda. Jangan takut untuk mengotori tangan Anda atau turun langsung ke lapangan jika ada yang membutuhkan bantuan Anda.Ingatlah bahwa Anda menjalankan bisnis sambil membangun relasi dengan orang lain, baik para pegawai maupun klien Anda. Anda dapat membangun kenyamanan dan kesetiaan mereka melalui penghargaan atau reward bagi kerja keras mereka.

Perlakukanlah pegawai dan klien Anda dengan baik. Posisikan diri Anda sebagai mentor, sahabat, saudara, atau keluarga mereka. Jangan memberi tugas yang tidak berarti dan tidak realistis kepada pegawai Anda. Bimbinglah mereka menjadi pribadi yang berkualitas.

Read more: Kembangkan Entrepreneurial Leader Anda!

Sekarang Anda telah mengetahui 4 strategi kepemimpinan berupa tips praktis yang mudah diterapkan bagi bisnis Anda. Sesuaikanlah 4 strategi tersebut dengan kondisi serta lingkungan bisnis Anda dan jadilah pemimpin teladan!

Sumber:

leadershipfreak.com

Author