3 Hal Utama yang Harus Diperhatikan UKM saat Terapkan WFH

Wabah Corona mengubah kebiasaan masyarakat dunia, termasuk juga Indonesia. Masyarakat diimbau untuk menerapkan social distancing hingga penerapan aturan work from home (WFH). Apa itu WFH? Akhir-akhir ini work from home atau bekerja dari rumah cukup banyak menjadi perbincangan. Hal ini karena pertama kalinya banyak perusahaan di Indonesia serentak menerapkan aturan tersebut. 

Perlu diketahui bahwa aturan WFH tidak bisa diterapkan di semua sektor bisnis. Ada beberapa bisnis yang masih harus tetap berjalan di tengah gempuran wabah Corona karena alasan tertentu. Misalnya saja bisnis yang berkaitan dengan kesehatan, bisnis layanan masyarakat dan juga perbankan. Lalu, bagaimana dengan pemilik UKM saat ada imbauan penerapan WFH bagi karyawan? 

Arti WFH bagi Pemilik UKM

Aturan WFH menjadi pukulan bagi banyak sektor usaha, termasuk juga pemilik bisnis UKM. Penurunan omzet harian menjadi risiko yang tidak terhindarkan di tengah kondisi ekonomi global yang juga sedang menurun. Pemerintah juga menyarankan agar pemilik bisnis memperbolehkan karyawan untuk bekerja dari rumah. Artinya, akan ada penurunan produktivitas pada sektor bisnis kecil yang menyebabkan penurunan omzet harian. Untuk menghindari penurunan omzet drastis, pemerintah menyiapkan sudah stimulus dengan tujuan menunda pembayaran utang UKM pada bank.

Baca Juga: 4 Stimulus Non Fiskal Sektor Ekspor-Impor dari Pemerintah Akibat Corona

Sebagai pemilik bisnis, tentu ada rasa khawatir akan kestabilan bisnis. Imbauan bekerja dari rumah, sementara operasional bisnis harus tetap berjalan karena ada pegawai yang harus dibayar. Kekhawatiran bahwa WFH akan menyebabkan penurunan produktivitas semakin nyata adanya, namun sebenarnya WFH dapat dijalankan secara efektif. Bagaimana caranya?

Persiapan Pemilik UKM Saat Terapkan WFH

Bisnis UKM Memburuk Karena Pandemi Corona? Perhatikan Hal Berikut Ini!

Memang tidak semua UKM bisa menerapkan WFH bagi karyawannya. Namun, jika bisnis Anda terpaksa menerapkan sistem WFH, berikut ini adalah tips agar berjalan efektif:

1. Mempersiapkan Metode Komunikasi Paling Efektif

Komunikasi adalah kunci penting bagi para pemilik usaha untuk memahami apa yang diinginkan oleh karyawannya. Beruntungnya saat ini ada kemudahan teknologi dan bantuan internet untuk membuat komunikasi jarak jauh semakin efektif. Gunakan aplikasi messenger dengan fitur video call sehingga komunikasi berjalan tanpa kehilangan momen bertatap muka. Salah satunya adalah dengan kehadiran aplikasi whatsapp dan juga zoom. 

Anda tetap dapat mengadakan meeting secara online dengan aplikasi tersebut untuk update dari staf dan membuat perencanaan. Tidak hanya berkomunikasi dengan karyawan saja, menjaga hubungan dengan pelanggan tetap diperlukan walaupun tanpa bertatap muka. 

2. Memanfaatkan Media Sosial

Sebagian besar dari pelanggan Anda mungkin saja sedang melakukan pekerjaan dari rumah. Dengan adanya imbauan WFH membuat orang cenderung memiliki waktu luang untuk membuka media sosial. Artinya, sekarang adalah saat yang tepat untuk memasarkan produk Anda melalui media sosial agar tetap dilihat oleh pelanggan dan calon pelanggan. 

Anda dapat membuat konten semenarik mungkin sehingga mencakup pasar yang lebih luas. Dengan begitu, walaupun sedang bekerja dari rumah, pemasaran bisnis Anda tetap berjalan.

3. Digitalisasi Bisnis

Kemajuan teknologi akan membantu Anda mengelola bisnis menjadi lebih mudah. Digitalisasi bisnis menjadi sangat penting dan dibutuhkan di saat kondisi seperti ini. Contohnya, Anda dapat meminta bagian finance untuk membuat laporan keuangan online. Seluruh laporan kerja karyawan yang bersifat digital dapat dipantau dan membantu dalam pembuatan keputusan. 

Dengan digitalisasi bisnis, Anda dapat membuat dan mengirimkan invoice lebih cepat. Melacak tagihan klien maupun tagihan kantor dapat dilakukan dengan mudah. Anda tidak perlu mencari secara manual karena semua sudah di-update oleh sistem.

Salah satu software yang dapat membantu mengelola bisnis Anda di tengah pandemi Corona ini adalah Jurnal. Melalui fitur-fitur yang ada di Jurnal akan memudahkan Anda memantau perkembangan bisnis dari jarak jauh. 

Baca juga : Tips agar Bisnis UKM Mampu Bertahan di Masa Pandemi Corona

Cari tahu selengkapnya mengenai produk Jurnal di website Jurnal atau isi formulir berikut ini untuk mencoba demo gratis Jurnal secara langsung. Cukup ketuk banner di bawah ini untuk mendapatkan promo kesempatan bonus berlangganan Jurnal selama 60 hari dan diskon 35% (Min subscribe 12 bulan). Salam sehat dan produktif selalu!apa itu social distancing dan strategi bisnis

 


PUBLISHED14 Apr 2020
Risna
Risna

SHARE THIS ARTICLE: