3 Fungsi Program Akuntansi bagi Bisnis

Program akuntansi adalah salah satu rancangan sistem pada komputer yang digunakan untuk mengelola aktivitas akuntansi secara cepat dan akurat. Pada dasarnya program ini tidak bisa menggantikan fungsi manajer akuntansi, melainkan memudahkan pekerjaan manajer akuntansi dalam mengelola keuangan perusahaan secara produktif. 

Tanpa adanya program software akuntansi, pemilik bisnis akan menghabiskan waktu untuk membuat laporan keuangan. Dengan adanya informasi keuangan yang akurat pada perusahaan, keputusan bisnis yang diambil akan lebih tepat sasaran. Secara umum terdapat 3 fungsi program ini bagi kelangsungan sebuah bisnis:

Sebagai Sebuah Tools

Fungsi software program akuntansi yang pertama adalah sebagai tools atau alat. Artinya, perangkat ini merupakan alat yang digunakan perusahaan untuk mempermudah pekerjaan yang berhubungan dengan ilmu akuntansi. 

Untuk meningkatkan transparansi keuangan perusahaan, perhitungan akuntansi dilakukan secara manual dengan bantuan tenaga akuntan. Tugas dari akuntan adalah mengerjakan seluruh laporan keuangan mulai dari laba rugi, neraca, hingga laporan arus kas. Biasanya, berbagai laporan keuangan maupun transaksi penjualan dan pembelian dicatat secara manual menggunakan Microsoft Excel.

Jika ditinjau dari waktu pengerjaannya, tentu saja kondisi seperti itu kurang efisien. Seiring dengan perkembangan teknologi, perangkat lunak akuntansi hadir sebagai alat untuk mempersingkat waktu pengerjaan laporan keuangan. Saat ini banyak tersedia software program akuntansi dan fitur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Baca Juga: Apa Itu Software Akuntansi?

Sebagai Perangkat Sistem 

Laporan keuangan adalah aspek vital sebuah perusahaan. Kesalahan perhitungan yang diakibatkan human error akan menyebabkan kerugian yang cukup besar. Oleh karena itu, penting sekali bagi perusahaan memiliki perangkat sistem yang membantu pembuatan laporan secara otomatis yakni berupa program akuntansi.

Di dalam software akuntansi terdapat program perhitungan keuangan otomatis sehingga pengguna cukup hanya memasukkan data yang dibutuhkan saja. Semua perhitungan dan format laporan telah disusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan pekerjaan akuntansi yang teratur dan terstruktur. 

Dengan menggunakan program atau software akuntansi, Anda dapat melakukan perhitungan keuangan dengan cepat, tepat, dan akurat. Perhitungan menggunakan program ini dapat meminimalisir kesalahan yang berakibat fatal bagi perusahaan.

Profesionalitas

Banyak yang mempertanyakan apa hubungan sebuah program pada akuntansi dengan layanan pelanggan? Terlepas dari fungsi utama software akuntansi, saat ini sistem yang dibuat pada sebuah program mampu menangani penagihan faktur secara efektif. Bahkan lebih efektif dibandingkan penagihan secara manual.

Tidak hanya itu, fungsi dari sistem ini adalah mencegah terjadinya penundaan penagihan yang diakibatkan kecerobohan manusia. Selain itu juga risiko salah berkomunikasi dapat terhindar karena semua pekerjaan telah dipantau oleh sistem.

Perangkat ini juga bisa  dipersonalisasikan atas nama bisnis. Kondisi inilah yang membuat kinerja perusahaan yang menggunakan program ini  menjadi lebih profesional dan kredibel.

Baca Juga: Software Akuntansi bagi Kontraktor: Perhatikan 5 Hal Ini

Apa Program Akuntansi Pilihan Anda?

Dengan memahami fungsi akuntansi dengan baik serta cara penggunaannya, maka akan semakin mudah bagi Anda untuk mengendalikan bisnis. Bahkan ketika diminta untuk menunjukkan laporan keuangan, Anda tidak perlu bingung lagi karena sudah memiliki perangkat lunak ini. 

Program  akuntansi bisa digunakan oleh siapa saja, bahkan jika Anda tidak memiliki keahlian dalam bidang akuntansi sekalipun. Fitur pengelolaan keuangan yang lengkap serta aplikasinya yang user friendly menjadi perhatian utama saat Anda memilih software mana yang terbaik. 

Sebelum mengambil langkah terakhir untuk memutuskan program akuntansi pilihan Anda, tak ada salahnya mempertimbangkan uji coba gratis software akuntansi online Jurnal by Mekari.

Sebagai software akuntansi yang terpercaya di Indonesia, Jurnal telah digunakan oleh berbagai macam perusahaan. Bukan tanpa alasan, perusahaan menggunakan Jurnal karena meyakini bahwa software akuntansi ini mampu mendukung pengelolaan keuangan.

Jurnal dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung seperti, fitur laporan keuangan, pengelolaan inventori, tersedianya faktur penagihan dan pembayaran hingga rekonsiliasi perbankan.

Bagi Anda yang berlangganan Jurnal pada periode Agustus 2020 ini, Anda akan mendapat gratis berlangganan maksimal 2 bulan dan diskon hingga 25%. Tak hanya itu, dilengkapi juga dengan 4 kali free training dan free 8 users login.

Cari tahu selengkapnya mengenai produk ini di website Jurnal atau coba demo gratis Jurnal selama 14 hari dengan mengetuk banner di bawah ini.

CTA promo agustus 2020

 


PUBLISHED07 Aug 2020
Risna
Risna

SHARE THIS ARTICLE: