Tips Belajar Akuntansi dengan Cepat dan Mudah

Kata akuntansi memang sudah tidak asing di telinga kita. Penggunaan kata akuntansi banyak kita jumpai di beberapa media, seperti nama jurusan sekolah/kuliah, buku, terlebih dalam bidang keuangan atau pembukuan. Ya, akuntansi merupakan ilmu yang dapat aplikasikan langsung pada kehidupan sehari-hari. Selain itu ilmu akuntansi juga memiliki harapan yang sangat bagus untuk masa depan. Hampir semua entitas atau perusahaan, baik yang profit oriented maupun non-profit oriented dalam skala besar maupun kecil membutuhkan ilmu akuntansi untuk membantu mereka dalam membuat laporan keuangan. Karena itu, kesempatan untuk berkarir di dunia akuntansi juga sangat diminati. Dengan belajar akuntansi, Anda dapat bersaing di dunia industri.

 

Terlebih di era digital seperti sekarang ini, perusahaan akan mencari kandidat terbaik untuk bekerja di perusahaan mereka. Karyawan yang dicari bukan hanya mereka yang memiliki keunggulan, tetapi juga mereka yang tanggap, peka terhadap perubahan yang dinamis. Ada banyak tantangan besar yang harus dihadapi. Mulai dari konsep pemahaman umum, perubahan standar ataupun peraturan, dan juga penggunaan teknologi. Namun itu bukan masalah yang besar, jika Anda menguasai akuntansi dan beberapa aplikasi internet yang berhubungan akuntansi. Untuk membantu Anda, berikut ini kami berikan tips belajar akuntansi dengan cepat dan mudah di era digital:

 

Pahami Pengertian & Konsep Dasar Akuntansi

Sebelum menyiapkan dalam membuat laporan akuntansi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami pengertian akuntansi dan konsep dasarnya. Ada beberapa definisi akuntansi menurut para ahli tetapi jika simpulkan intinya sama. Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah, dan menyajikan data transaksi, serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh stakeholder atau orang yang berkepentingan dalam pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya. Konsep dasar dari akuntansi sendiri itu simpel. Ada debit di sisi kiri dan kredit di sisi kanan. Saldo antara debit dan kredit ini harus sama atau seimbang. Namun, perlu diingat, saldo yang seimbang belum tentu saldo yang benar, tapi saldo yang benar pasti seimbang. Selanjutnya, rumus persamaan akuntansi:

 

HARTA (Aset) = UTANG + MODAL

 

HARTA (ASET) + BEBAN = UTANG + MODAL + PENDAPATAN

Setelah itu, pahami proses akuntansi mulai dari membuat jurnal, posting ke buku besar, membuat neraca saldo sebelum penyesuaian, membuat jurnal penyesuaian, membuat neraca lajur setelah penyesuaian, membuat laporan keuangan, membuat jurnal penutup, dan jurnal pembalik.

 

baca juga: Memahami Akuntansi Dasar untuk Pemula

Temukan Aplikasi atau Software Akuntansi Online

Jika Anda sudah memahami pengertian akuntansi, konsep, persamaan dasar, dan proses dari akuntansi, maka saatnya mencoba menjalankan proses akuntansi dengan menggunakan aplikasi atau software. Ada berbagai macam aplikasi atau software akuntansi online yang bisa digunakan, salah satunya adalah Jurnal. Jurnal merupakan software akuntansi online yang memberikan kemudahan dalam mengelola laporan keuangan secara instan dan realtime. Jurnal juga dapat diakses di mana pun dan kapan pun dengan menggunakan koneksi Internet. Oleh karena itu, Jurnal dapat menjadi solusi bagi Anda yang ingin melakukan proses akuntansi perusahaan dengan mudah, cepat, aman dan nyaman.

 

Untuk menggunakan Jurnal, Anda dapat mendaftarkan perusahaan atau bisnis Anda sekarang juga di sini dan dapatkan free trial selama 14 hari. Manfaatkan kesempatan yang ada sekarang ini, demi majunya bisnis yang sedang Anda bangun. Dan sebagai karyawan maupun calon karyawan, Anda dapat mencobanya untuk meningkatkan skill yang akan menjadi nilai tambah untuk diri Anda.

[adrotate banner=”3″]

Perbanyak Latihan

Satu hal lagi yang perlu diingat, akuntansi adalah sebuah proses. Sehingga diperlukan banyak latihan, terlebih akuntansi merupakan praktik bukan hanya teori. Sering membaca kasus-kasus akuntansi juga akan membuat Anda semakin paham tentang akuntansi. Dengan begitu Anda akan terbiasa menyelesaikan masalah akuntansi. Jangan pernah menyerah untuk belajar akuntansi, akuntansi merupakan hal yang mudah dan menyenangkan.


PUBLISHED01 Jan 2020
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami

SHARE THIS ARTICLE: