Website merupakan salah satu alat pemasaran secara online yang masih memegang peranan penting saat ini. Sebuah website layaknya sebuah toko yang dapat menampilkan semua produk dalam satu tempat dengan deskripsi yang lebih banyak ketimbang alat penjualan online lainnya. Biasanya keberadaan sebuah website akan lebih memuaskan rasa ingin tahu pengunjung terhadap sebuah produk. Namun, pengunjung sebuah website tidak akan tiba-tiba datang tanpa dipromosikan sebelumnya. Artinya, mempromosikan website merupakan bagian yang tidak boleh di lewatkan ketika ingin melakukan pemasaran secara online. Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mempromosikan website secara mudah dan cepat. Di bawah ini ada beberapa trik cerdas yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan website dalam 10 menit.

 

Email Broadcast

Apakah Anda memiliki database alamat email customer? Jika jawabannya adalah iya, maka hal ini bisa menjadi salah satu keuntungan yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan atau broadcast pesan ke semua email costumer tentang website bisnis. Memberikan pengumuman melalui email, selain tekesan lebih pribadi biasanya juga dianggap lebih mampu mendatangkan traffic atau kunjungan ke website. Hal ini, karena costumer tersebut sudah pernah membeli atau mengetahui barang atau produk yang Anda miliki. Selain pemberitahuan tentang website bisnis, Anda juga bisa menyisipkan informasi penting mengenai promo spesial maupun diskon khusus yang bisa didapat costumer melalui website, sehingga mendorong costumer untuk membukanya.

 

Promosi Menggunakan Marketplace

Marketplace adalah salah satu tempat penjualan yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat umum untuk melakukan pembelian. Mempromosikan website melalui marketplace adalah sebuah langkah tepat yang dapat mendatangkan konsumen yang sudah mengetahui produk usaha Anda. Cantumkan alamat website ketika melakukan promosi di sebuah marketplace, sehingga pengunjung yang datang, selain membeli produk, juga mengunjungi website Anda.

 

Sisipkan Brosur atau Flyer Saat Mengirim Barang

Jika Anda memiliki bisnis dengan produk fisik yang Anda jual di toko ritel atau mengirimkannya untuk customer, ada taktik marketing yang masih (bahkan) sangat kurang dimanfaatkan oleh pebisnis lain yang dapat Anda ambil keuntungannya. Saat meluncurkan situs web baru, Anda dapat menyisipkan flyer maupun brosur pada barang yang Anda kirimkan. Di mana, Anda bisa menambahkan alamat website pada brosur atau flyer yang akan Anda kirim. Anda juga bisa memberikan pengumuman kecil di bagian flyer atau brosur, bahwa bisnis Anda kini telah memiliki situs website yang dapat media bagi mereka untuk mencari informasi mengenai produk Anda secara cepat.

 

Promosikan Melalui Social Media

Siapa yang tidak menggunakan social media saat ini? Hampir semua orang terhubung melalui social media, tidak terkecuali perusahaan. Saat ini, jika sebuah perusahaan ingin melakukan promosi sebuah website, maka menyebarkan pesan melalui social media dinilai sangat tepat dan efisien mengingat tingginya interaksi masyarakat didalamnya. Gunakan social media sebagai media berpikir praktis, di mana gambaran produk yang menarik dan caption yang singkat, akan menarik rasa ingin tahu costumer untuk mendatangi website perusahaan Anda.

 

Gunakan Facebook Ads

Facebook ads memiliki fitur yang disebut custom audiences yang memungkinkan Anda untuk meng-upload daftar email Anda ke Facebook dan di sana email tersebut akan dicocokkan dengan akun Facebook Anda. Anda bisa memanfaatkan custom audiences untuk mengumumkan peluncuran situs web baru Anda kepada orang-orang yang sudah mengetahui brand tersebut. Selain memberitahukan kepada para custumer setia tentang peluncuran website, Facebook Ads juga bisa memberi pengaruh dan menarik perhatian costumer dari competitor usaha, karena iklan maupun pemberitahuan melalui Facebook ads dapat ditampilkan secara umum melalui kategori yang sama.

Untuk menerapkan beberapa trik cerdas di atas, tentunya Anda perlu menyisihkan waktu, tenaga maupun keuangan sebagai sebuah  kompensasi atas kemudahan yang Anda dapatkan dalam mempromosikan website usaha. Jurnal sebagai salah satu platform pengelola akuntansi keuangan perusahaan, akan membantu Anda untuk memiliki waktu yang efisien dan pengelolaan keuangan yang cerdas dalam mendukung pembiayaan untuk promosi website usaha. Dengan Jurnal, miliki sistem pelaporan, analisa dan dukungan pengelolaan keuangan secara instant dan realtime. Untuk informasi lengkap tentang Jurnal, bisa Anda dapatkan di sini.

Author