Mekari Jurnal
Daftar Isi
5 min read

Tips Sukses Memiliki Bisnis Pulsa dengan Omzet Tinggi

Tayang 09 Jan 2020
Diperbarui 13 Oktober 2023

Setiap orang pasti menginginkan kesuksesan dalam hidupnya. Salah satu cara sukses dalam hidup adalah dengan membangun bisnis atau berdagang. Bisnis yang tidak memerlukan modal besar dan memiliki stok tanpa masa kadaluwarsa adalah bisnis pulsa. Meskipun terlihat sepele, bisnis ini sebenarnya menguntungkan karena penjual tidak perlu repot menyimpan stok dan tidak perlu membawanya ketika promosi. Modal utama yang diperlukan dalam bisnis ini hanyalah handphone yang siap online selama 24 jam. Bisnis pulsa juga dapat memberikan omzet yang tinggi jika mengetahui tips suksesnya. Ingin tahu apa saja tips sukses memiliki bisnis pulsa? Di bawah ini beberapa tips sukses menjalankan bisnis pulsa yang bisa Anda ikuti.

Cari Distributor Berkualitas

Tips pertama yang perlu Anda lakukan dalam menjalankan bisnis pulsa adalah mencari distributor berkualitas baik. Sebelum Anda memastikan memilih menjadi agen, survei terlebih dahulu bagaimana kualitas pelayanan distributor tersebut. Pilihlah distributor yang dapat mengirim pulsa dalam waktu singkat dan tidak sering terjadi gangguan. Anda juga perlu mempertimbangkan apa saja jenis pulsa yang mereka tawarkan, apakah hanya untuk mengisi pulsa reguler atau bisa juga mengisi paket data, dan token listrik. Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan bagaimana cara komplain, respon, dan bagaimana penyelesaiannya. Hal yang paling akhir adalah harga pulsa dari distributor tersebut bisa Anda jual lagi atau tidak.

Tetapkan Harga

Setelah Anda mendapatkan distributor pulsa yang terbaik, tips selanjutnya adalah menetapkan harga jual. Penentuan harga jual dapat didasarkan pada harga beli, biaya yang diperlukan, untung yang Anda inginkan dan perbandingan harga dipasaran. Tidak masalah jika harga yang Anda tetapkan lebih murah dari harga pesaing asalkan mendapatkan untung yang sesuai. Anda juga dapat memilih harga yang lebih mahal asalkan mampu memberikan pelayanan prima pada pelanggan.

Fokus pada Penjualan

Masih berhubungan dengan penetapan harga, jumlah transaksi pun menentukan jumlah keuntungan Anda. Misalnya Anda menetapkan margin sebesar Rp500 setiap satu transaksi, lalu Anda berhasil melakukan 100 transaksi per hari. Maka penghasilan per bulannya adalah Rp500 x 100 x 30. Hasilnya Rp1.500.000. Jadi, memang lebih baik Anda menjual pulsa dengan nominal kecil tapi transaksinya banyak, daripada nominal besar tapi transaksinya sedikit. Agar dapat menarik perhatian pelanggan dengan mengadakan promosi melalui berbagai media seperti media sosial.

Jangan Mau di-Bon

Walaupun terkesan biasa, hal ini merupakan hal yang paling sering membuat bisnis pulsa tidak mengalami kemajuan. Banyaknya pembeli yang berutang, membuat para penjual tidak bisa memutar modal. Saat deposit habis, maka tidak bisa melakukan pengisian deposit dengan maksimal karena sebagian modalnya belum kembali.

Jangan Sampai Kehabisan

Meskipun dalam bisnis pulsa tidak perlu repot untuk menghitung stok barang, namun tetap harus memperhatikan saldo yang Anda miliki. Jangan sampai kehabisan. Perkirakan saldo minimal yang harus Anda miliki untuk melakukan deposit selanjutnya. Jangan sampai mengecewakan pelanggan karena harus menunggu. Selalu cek sisa saldo deposit dan gunakan mobile banking untuk penambahan deposit secara mudah tanpa harus datang ke distributor agar bisnis berjalan secara efisien.

Gunakan Lebih dari Satu Server

Memiliki satu server pulsa saja memang sudah cukup, tetapi Anda juga perlu mencari server lain untuk mengatasi jika terjadi suatu gangguan pada server tersebut. Dengan menggunakan server lebih dari satu, Anda dapat selalu siap ketika akan ada pembeli yang membutuhkan pulsa. Selain itu, Anda juga dapat mengontrol saldo yang Anda miliki dan tentunya memudahkan proses transaksi. Ketika memiliki server pulsa yang berbeda, diperlukan ketelitian ketika menulis pembukuan transaksi penjualan agar tidak terjadi kekeliruan.

Handphone Selalu Online

Banyak orang yang membutuhkan pulsa pada malam hari. Oleh karena itu, Anda harus memiliki handphone yang selalu siap online kapan pun dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Jika Anda tidak dapat melayani pada malam hari, usahakan memiliki karyawan atau partner yang siap untuk berjaga malam. Untuk melayani pembeli pada malam hari, Anda perlu berhati-hati jika pembelian tidak dilakukan secara langsung melalui konter karena pembelian pulsa tidak bisa langsung dibayar. Anda hanya dapat menjualnya pada pelanggan yang tepercaya dan jelas sehingga tidak akan mengalami kerugian.

Berikan Pelayanan Terbaik

Pelayanan dalam bisnis pulsa memang bervariasi. Mulai dari sikap Anda saat menerima pembeli hingga layanan apablia terjadi gangguan seperti pulsa terlambat atau gagal masuk. Selalu layani pembeli mereka dengan nada yang bersahabat dan bersikaplah sabar di setiap pelayanan Anda. Meskipun Anda harus memberikan pelayanan yang terbaik, tetapi Anda juga harus bersikap hati-hati.

Pengelolaan Keuangan

Tips dalam bisnis pulsa yang utama adalah masalah pengelolaan keuangan. Setiap kali Anda melakukan transaksi, catat transaksi tersebut dengan jelas. Setiap catatan haruslah terdapat rincian tanggal transaksi, nomor transaksi, nama pembeli, sisa saldo yang dimiliki dan keterangan sudah bayar atau belum. Jika belum terbayar maka nantinya harus jelas pula kapan pembayarannya. Dengan demikian Anda dapat dengan mudah melihat seberapa besar saldo yang masih ada.

Baca juga : 10 Ide Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil

Jika bisnis pulsa Anda sudah besar dan menjadi konter pulsa yang juga menjual berbagai aksesoris Anda perlu membuat pembukuan secara terperinci. Pembukuan tersebut harus bisa menunjukkan jumlah stok masing-masing barang yang Anda miliki. Selain itu, Anda juga harus memiliki catatan seberapa besar modal, aktiva lancar dan tidak, seberapa besar utang dan piutang. Pembukuan ini memang sedikit rumit, tetapi keuangan Anda dapat terkelola dengan baik dan rapi.

Jika Anda memerlukan sistem pembukuan mudah yang bisa diandalkan untuk bisnis pulsa Anda, Anda bisa percayakan pada Jurnal. Jurnal merupakan software akuntansi online yang dapat Anda gunakan untuk mencatat transaksi keuangan dan juga memberikan laporan keuangan secara terperinci sesuai kebutuhan. Dengan menggunakan Jurnal, dapatkan kemudahan untuk melakukan pengecekan stok, integrasi dengan sistem kasir dan menghitung pembiayaan selama masa bisnis berjalan. Dapatkan semua informasi penting tentang Jurnal di sini.

Kategori : Other
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal