Penghasilan seorang karyawan yang bekerja pada sebuah perusahaan biasanya hanya cukup untuk membiayai kehidupan sehari-hari, sehingga banyak orang yang lebih memilih bekerja sambil merintis sebuah usaha. Namun, pada kenyataannya, mencari sebuah peluang usaha tidaklah semudah yang kita bayangkan. Peluang usaha tidak akan muncul dengan sendirinya jika kita tidak mampu membacanya, oleh karena itu agar terhindar dari  kegagalan, kita harus bisa menemukan peluang usaha terbaik dimulai dari lingkungan sekitar kita. Di bawah ini adalah beberapa tips mencari peluang usaha di sekitar.

 

Pahami Kemampuan Diri

Sebelum memulai pencarian sebuah peluang usaha, sebaiknya kita kenali terlebih dahulu sebenarnya potensi apa yang kita miliki. Apakah kita berbakat dalam suatu bidang tertentu atau tidak. Jika sudah memahaminya, mencari peluang usaha pun bisa lebih mudah karena bisa langsung sesuai dengan kemampuan.

 

Kenali Usaha Paling Berpotensi

Setiap daerah pasti memiliki peluang usaha yang berbeda, begitu juga di sekitar tempat tinggal kita. Nah, jika ingin mencari peluang usaha, sebaiknya kenali terlebih dahulu bisnis apa yang paling berpotensi di daerah tersebut. Cobalah mengamati usaha apa yang dirintis dari kecil hingga menjadi usaha yang besar. Jika sudah mendapatkannya, kita perlu mencari informasi bagaimana usaha tersebut bisa bertahan. Setelah itu, mencobalah membuka usaha yang mirip dengan bisnis tersebut. Misalkan usaha yang paling laris adalah usaha rumah makan, kita bisa mencoba membuka sebuah tempat makan dengan konsep yang berbeda dan dengan menu yang berbeda pula.

 

Amati Kebutuhan Masyarakat

Masyarakat pada setiap daerah memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, contohnya masyarakat di pesisir pantai lebih memerlukan air bersih dibandingkan dengan masyarakat pegunungan. Untuk menciptakan sebuah peluang usaha, kita harus benar-benar memahami apa kebutuhan masyarakat di tempat yang akan dijadikan tempat usaha. Pastikan Anda menjalankan bisnis yang dibutuhkan masyarakat tersebut, bukan asal menjalankan bisnis. Sebagai contoh, kita tinggal di dekat sekolah maka usaha yang cocok dijalankan adalah toko alat tulis atau tempat fotocopy.

 

Menawarkan Kerjasama

Jika Anda tinggal di daerah yang sudah banyak sekali pengusaha, cobalah untuk mengajak kerja sama pengusaha tersebut. Kita bisa saja menjadi supplier dari usaha-usaha yang sudah ada, atau sebagai marketing yang menawarkan produk-produk tersebut. Dengan penawaran tersebut, kita bisa menjalankan bisnis yang tentunya bisa menghasilkan keuntungan yang bisa dinikmati semua anggota keluarga.

 

Itulah beberapa tips mencari peluang usaha yang bisa diterapkan di daerah sekitar tempat tinggal. Meskipun terkadang beberapa peluang usaha terlihat tidak terlalu berpotensi, namun jika dijalankan dengan sungguh-sungguh maka bisa tetap memiliki peluang untuk sukses. Untuk bisa berkembang, selain membutuhkan strategi pemasaran, sebuah perusahaan juga membutuhkan strategi pengelolaan keuangan dengan baik.

Software akuntansi online Jurnal dapat Anda gunakan sebagai mitra tepercaya untuk pengelola keuangan usaha. Melalui Jurnal, dapatkan kesempatan untuk lebih fokus mengelola peluang usaha yang telah Anda temukan, serta kemungkinan mendapatkan investor karena pencatatan keuangan yang baik sejak awal. Untuk mendapatkan kemitraan dan semua informasi menarik tentang Jurnal Anda bias dapatkan di sini.

Author