Tips Jitu Strategi Marketing untuk Bisnis Rumahan

Sudah memiliki bisnis rumahan, tetapi masih bingung dan belum maksimal dalam marketingnya? Bisnis rumahan merupakan salah satu pilihan yang banyak diambil oleh pemula dan ibu rumah tangga yang ingin membuka usaha dengan modal yang kecil. Bisnis rumahan dapat membantu Anda meningkatkan pendapatan keluarga, selain itu bisnis ini juga dapat dijalankan dengan fleksibel dan tentu saja tanpa perlu meninggalkan kewajiban untuk mengurus keluarga.

 

Namun, merintis bisnis rumahan juga tidak semudah yang dipikirkan, beberapa tantangan dan masalah tentu saja ada. Salah satu masalah bisnis rumahan biasanya adalah pendapatan yang diperoleh kecil. Secara konsep sebenarnya membuat bisnis kecil atau besar, proses dan kegiatan yang dilakukan sama dari produksi sampai dengan pemasaran. Jika demikian bagaimana cara membuat bisnis rumahan menghasilkan pendapatan yang besar?

 

Salah satu kunci penting untuk mencapai kesuksesan bisnis yaitu pemasaran. Sebaik apapun ide, pelayanan, produk yang Anda buat jika tidak dipasarkan maka produk Anda juga tidak akan dibeli oleh konsumen. Selain itu, umumnya bisnis rumahan tidak memiliki toko di pinggir jalan yang tidak dapat dikenal dan diketahui oleh orang-orang. Oleh karena itu, pemasaran menjadi hal yang sangat penting pada bisnis rumahan bahkan bisnis rumahan cenderung membutuhkan upaya yang sangat besar dalam hal pemasarannya.

 

Inti dari kegiatan pemasaran adalah menyebarluaskan informasi tentang bisnis Anda dan menemukan konsumen yang potensial. Untuk itu, ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk memasarkan bisnis rumahan. Berikut beberapa strategi marketing yang dapat Anda terapkan untuk bisnis Anda.

 

Brosur dan Pamflet

Membuat brosur atau pamflet kemudian menyebarkannya merupakan salah satu strategi pemasaran. Selain menyebarkan, Anda juga dapat menempel atau memasang di tempat-tempat strategis di mana banyak orang bisa melihatnya. Semakin banyak yang melihat brosur dan pamflet Anda maka akan banyak peluang bisnis Anda menjadi dikenal. Strategi ini cukup efektif untuk diterapkan pada bisnis rumahan.

 

Social Media

Anda dapat memanfaatkan social media untuk memasarkan dan mengenalkan bisnis Anda. Di era digital seperti sekarang, social media mempunyai pengaruh yang sangat besar untuk memasarkan sebuah produk/jasa. Penyebarannya pun sangat cepat dapat dihitung dengan hitungan detik setelah Anda mem-post-nya. Selain itu, social media juga gratis, sehingga ini akan membantu Anda mengurangi biaya pemasaran/marketing. Facebook, Twitter, Instagram, Linkedin merupakan contoh social media yang menyediakan berbagai fitur yang membantu Anda mempromosikan bisnis Anda. Hal yang perlu Anda lakukan untuk memasarkan produk melalui media sosial adalah membuat content yang menarik dan bagus.

 

Bergabung Forum-Forum Pengusaha

Anda dapat bergabung dengan forum-forum online pengusaha. Sekarang banyak sekali forum dan grup yang dibuat oleh para pengusaha. Di sana Anda dapat melakukan sharing, ataupun kerja sama bisnis. Sehingga Anda akan memiliki banyak relasi dan pengetahuan. Ini merupakan hal yang baik bagi pemula bisnis.

 

Mengikuti Bazar

Salah satu strategi marketing yang dapat dilakukan untuk mengenalkan produk Anda adalah dengan mengikuti bazar. Tidak dapat dipungkiri, dengan mengikuti bazar atau pameran kesempatan Anda memamerkan produk sangat besar. Karena bisnis rumahan tidak mungkin akan berkembang dan maju jika Anda hanya diam saja menunggu di rumah.

 

Pasarkan ke Toko

Menitipkan produk ke toko-toko sebenarnya merupakan strategi pemasaran zaman dulu. Namun, tidak masalah dengan kegiatan tersebut, karena ini juga membantu Anda memasarkan produk Anda. Jika bisa, cobalah titipkan ke toko yang jauh dari tempat tinggal Anda, tetapi lingkungannya masih sesuai dengan pangsa pasar Anda.

 

Testimoni

Testimoni dari pelanggan merupakan salah satu bentuk strategi marketing. Berikan pelayanan yang baik dan memuaskan sehingga pelanggan dan konsumen dapat mendorong teman-temannya maupun keluarganya untuk juga menggunakan produk Anda.

 

Kartu Nama

Kartu nama juga dapat Anda gunakan untuk memasarkan bisnis Anda. Jangan menganggap sepele kartu nama, karena dengan kartu nama orang akan mudah menghubungi Anda maupun perusahaan Anda. Jadi usahakan untuk memiliki kartu nama dan berikan kepada calon pelanggan potensial Anda.

 

Buat Website atau Blog

Membuat website atau blog juga dapat Anda lakukan. Website dan blog dapat menjadi toko Anda. Sajikan informasi secara jelas, rinci, dan semenarik mungkin. Dan jangan lupa kelola website dengan baik dan teroganisir.

 

Mempunyai bisnis rumahan yang sukses tentu saja impian banyak orang. Untuk mendukung kesuksesan bisnis, Anda juga perlu melakukan perencanaan dan pengelolaan keuangan dengan baik dan benar. Jurnal merupakan software akuntansi yang dapat membantu Anda melakukan perencanaan, perhitungan, dan pengelolaan keuangan dengan cepat, mudah, dan aman. Dapatkan informasi lebih banyak di sini.


PUBLISHED03 Sep 2018
Witdya Pangestika
Witdya Pangestika

SHARE THIS ARTICLE: