Jurnal Enterpreneur

Tips Cerdas Mengelola Utang Usaha Agar Keuangan Tetap Terjaga

Dalam mengelola perusahaan, adakalanya utang dapat menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan operasional perusahaan atau menambah modal perusahaan.

Utang dibutuhkan sebagai alat untuk mempercepat dan membantu perusahaan agar dapat berjalan dengan efektif dan efisien tanpa terganggu dengan masalah kurangnya modal.

Utang sangat membantu perusahaan dalam mengelola keuangan agar tetap stabil dan seluruh kebutuhan perusahaan dapat terpenuhi.

Namun, meskipun utang sangat berperan penting untuk kelangsungan hidup suatu perusahaan, adakalanya memiliki utang dalam jumlah yang sangat besar juga memberikan risiko yang besar pula bagi perusahaan jika tidak dikelola dengan baik. Lihat bagaimana software pembukuan sederhana bisa membantu bisnis Anda.

Sebelum membahas mengenai tips mengelola utang yang baik dengan bantuan laporan keuangan, Anda harus memahami beberapa jenis utang perusahaaan, seperti:

a. Utang jangka pendek, biasanya dilakukan pada pihak yang memiliki tanggal jatuh tempo di bawah satu tahun. Di mana perusahaan dan pemodal akan membuat suatu kesepakatan utang jangka pendek agar tidak menimbulkan kerugian.

b. Utang jangka menengah, memiliki jangka waktu lebih dari satu tahun dan kurang dari sepuluh tahun.

c. Utang jangka panjang, utang yang dibayarkan secara periodik yang dilengkapi dengan bunga pinjaman serta sebuah kesepakatan dari pihak terkait. Biasanya dalam jangka waktu lebih dari sepuluh tahun.

Tips Cerdas Mengelola Utang Usaha Agar Keuangan Tetap Terjaga

Setelah mengetahui jenis-jenisnya. Di bawah ini akan kami bahas mengenai tips mengelola utang perusahaan agar kebutuhan dana tidak menjadi beban yang bisa menimbulkan kerugian bagi perusahaan.

Tentukan Tingkat Prioritas Hutang

Untuk Anda yang mulai merasa kesulitan dalam transaksi pembayaran utang setiap bulannya, maka saatnya Anda membuat daftar prioritas utang yang harus dibayar.

Jenis utang yang memiliki prioritas paling penting bukanlah semata-mata dilihat dari jumlah pembayaran yang harus Anda bayar setiap bulannya, namun dari dampak yang akan Anda rasakan bila Anda tidak membayarnya.

Buat Anggaran

Periksalah pendapatan, biaya bulanan dan aset Anda. Tuliskan atau gunakan Lembar Kerja Anggaran yang mudah digunakan. Perhatikan dengan seksama apa yang sedang terjadi.

Jika Anda memiliki kemungkinan telah menghabiskan lebih dari yang dapat dihasilkan dan disimpan, maka mulai sekarang siapkan rencana pengeluaran yang berskala lebih kecil dan gunakan sebagian kelebihan dana untuk mulai mengurangi utang usaha.

Negosiasi

Hubungi pemodal Anda untuk bernegosiasi, agar mereka mau menurunkan suku bunga pinjaman Anda. Katakan kepada pemodal situasi keuangan Anda dan kesulitan yang ditanggung usaha ini. Kemudian, tanyakan apakah mereka memiliki rencana yang bisa memberikan persyaratan pembayaran yang lebih baik.

Rencana Cadangan

ide-bisnis

Dengan menyiapkan rencana cadangan akan membantu perusahaan Anda menghadapi kemungkinan terburuk yang akan terjadi pada perusahaan setelah mengajukan utang. Hal tersebut akan berguna bagi perusahaan untuk lebih berhati-hati dalam melakukan sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan dana pinjaman.

Selain itu, Anda juga perlu memprediksi kebutuhan jumlah dana yang akan dikeluarkan, apa yang dibutuhkan dan kapan membutuhkannya agar dana pinjaman dapat digunakan semaksimal mungkin pada

Penggabungan Utang

Penggabungan utang yang dimaksudkan di sini ditujukan untuk perusahaan yang memiliki banyak utang atau pinjaman yang harus dibayar setiap bulannya dari berbagai sumber. Seperti yang kita tahu,  melakukan manajemen utang terhadap beberapa sumber sekaligus bisa sangat membingungkan.

Untuk mengatasinya, Anda bisa memilih menggabungkan utang tersebut di satu tempat saja untuk memudahkan proses pembayaran dan monitoring kedepannya. Penggabungan utang ini bisa dilakukan dengan cara mengambil pinjaman dari satu tempat untuk melunasi utang yang ada di beberapa sumber yang lain.

Bila hal ini berhasil dilakukan, maka Anda hanya memiliki pinjaman pada satu kreditor saja, sehingga akan lebih mudah bagi Anda untuk mengatur proses pembayaran setiap bulannya tanpa perlu takut ada pembayaran yang terlewatkan.

Menggunakan Bantuan Profesional dan Teknologi

 

Ada kalanya utang menjadi masalah yang tidak bisa lagi diselesaikan sendirian. Saat hal ini terjadi, maka ada baiknya Anda mencari bantuan secara profesional dari berbagai lembaga yang menawarkan jasa manajemen keuangan atau penggunaan teknologi pengelola keuangan.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal dengan klik pada tombol atau banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Jurnal merupakan software akuntansi online, sebagai aplikasi keuangan perusahaan dengan fitur lengkap dan varian harga terjangkau, bisa menjadi solusi bagi pengelolaan utang perusahaan sekaligus tempat untuk memperoleh analisis biaya, laporan, dan konsultasi masalah keuangan usaha.

Nikmati free trial selama 14 hari dari kami.

Kategori : Keuangan

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo