Yoga bukan hanya olahraga biasa namun dipandang sebagai fenomena budaya yang menggabungkan antara keseimbangan fisik, mental, dan spiritual. Yoga berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti “penyatuan”, memaknai penyatuan terhadap alam dan Sang Pencipta. Maka saat melakukan yoga, bukan hanya tentang mengontrol tubuh saja melainkan juga tentang memusatkan fokus dan mengendalikan panca indra.

 

Dalam kehidupan berbisnis yang dipenuhi jadwal padat dan sibuk, sebagai pengusaha Anda mungkin akan mudah merasa lelah atau kehilangan semangat. Yoga memiliki sejumlah manfaat bagi pengusaha yang ingin lebih fokus berbisnis. Berikut beberapa manfaat penting yoga yang patut Anda ketahui.

 

Meningkatkan Fleksibilitas dan Memperbaiki Postur Tubuh

Untuk mengelola bisnis agar tetap stabil, tidak jarang Anda ikut dalam setiap hal mulai dari merencanakan visi perusahaan, mengawasi setiap pekerjaan karyawan, juga memastikan langkah-langkah selanjutnya untuk memperluas bisnis Anda. Jadwal yang padat seperti itu tentu akan mudah membuat tubuh Anda merasa lelah dan secara perlahan membuat postur tubuh Anda menjadi kaku dan tegang. Dengan melakukan yoga, Anda akan mendapat manfaat kesehatan fisik yaitu meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan otot. Gerakan-gerakan yoga akan membantu untuk membuat postur tubuh menjadi lebih lentur juga mengurangi ketegangan otot karena terlalu lama bekerja.

 

Mendorong Kecerdasan dan Kecermatan

Tidak hanya manfaat dari segi fisik, yoga juga dapat membantu mendorong kecerdasan dan kejernihan pikiran, sehingga lebih cermat dan fokus saat memikirkan ide-ide cemerlang terkait bisnis Anda. Dalam satu sesi yoga mencakup praktek pengendalian nafas, relaksasi, dan meditasi yang memusatkan pada fungsi kesejahteraan dan ketenangan pikiran. Tidak hanya itu, kecermatan dan kemampuan dalam melatih daya ingat juga banyak dilatih dalam setiap gerakan yoga.

 

Mengurangi Stres dan Mengelola Emosi

Mengurus bisnis memang tidak semudah bayangan. Terkadang hasil yang Anda inginkan tidak sesuai ekspektasi atau ada saja hal yang mendadak harus dilakukan untuk kesuksesan perusahaan. Dengan banyaknya masalah yang harus diselesaikan, Anda akan lebih mudah tertekan dan merasa stres dengan semua pekerjaan yang menumpuk. Pikiran yang stres juga dapat memicu Anda menjadi lebih mudah emosi dan dipenuhi pikiran yang negatif. Dengan berlatih yoga secara teratur, Anda akan dapat mengelola emosi diri sendiri dan mengembangkan pola pikir yang lebih positif untuk kesuksesan bisnis. Tidak peduli masalah apapun yang terjadi, Anda dapat sabar dan mengendalikannya dengan tenang.

 

Membuat Lebih Disiplin

Yoga memerlukan kedisiplinan dan komitmen. Anda tidak bisa hanya melakukan sekali-kali, melainkan harus terus melakukannya untuk mencapai tujuan keseimbangan fisik dan pikiran. Sama halnya dengan bekerja keras untuk mencapai visi perusahaan, di mana kedisiplinan dan komitmen adalah dua kunci penting yang sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, yoga dapat menjadi latihan yang baik untuk Anda menjadi pribadi yang lebih disiplin.

 

Meningkatkan Kreativitas

Tidak hanya sebagai latihan yang baik untuk menjadi lebih disiplin, kreativitas adalah hal lain yang dapat dikembangkan lewat olahraga yoga. Karena gerakannya berfokus pada pernafasan dan konsentrasi pikiran, yoga dapat menyegarkan pikiran yang merasa suntuk atau kosong untuk kemudian memungkinkan adanya ide-ide kreatif yang muncul dalam berbisnis. Hal ini tentu memudahkan Anda dalam membuat inovasi bisnis yang dapat meningkatkan perkembangan dan kesuksesan bisnis.

 

Selain yoga yang bermanfaat agar Anda lebih fokus dalam mengelola bisnis, diperlukan  juga sistem keuangan yang tepat dan efisien untuk melengkapi kebutuhan bisnis Anda. Jurnal merukan software akuntansi online yang menyediakan berbagai fitur keuangan untuk mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis. Mulai dari membuat laporan keuangan dengan akurat, membuat faktur atau invoice dengan desain profesional, membantu melakukan rekonsiliasi, dan masih banyak lagi fitur Jurnal yang bisa Anda manfaatkan. Jadi tunggu apalagi? Daftarkan bisnis Anda sekarang juga di Jurnal dan nikmati free trial hingga 14 hari.

Author