Jurnal Enterpreneur

Perbedaan Fundamental antara Pasar Bisnis dengan Pasar Konsumen

 

Salah satu kesalahan paling umum yang terjadi terkait dunia transaksi komersial adalah berpikir bahwa pasar bisnis sama dengan pasar konsumen. Sangat disayangkan karena meskipun keduanya mirip dari segi konsep, jelas tetap ada perbedaan.

 

Fakta yang harus Anda ingat tentang pasar bisnis adalah transaksi pertukaran barang yang terjadi antara satu perusahaan dengan perusahaan lain untuk dijual kembali atau untuk dijadikan bahan baku produk.  Sedangkan, pasar konsumen adalah transaksi pertukaran barang antara produsen dengan konsumen rumah tangga.

 

Istilah lain dari penyebutan pasar bisnis adalah business-to-business (B2B). Sedangkan untuk penyebutan pasar konsumen adalah business-to-consumer (B2C). Berikut lima perbedaan mendasar antara kedua istilah tersebut:

 

Kebutuhan Bisnis vs Keinginan Konsumen

Kebanyakan barang atau produk yang konsumen inginkan adalah produk yang beredar di pasar bebas, yang bahkan mungkin tidak benar-benar menjadi kebutuhan konsumen. Seperti layanan entertainment, barang-barang elektronik, atau paket perjalanan liburan. Perilaku konsumen biasanya didasarkan pada karakteristik seperti style, mode. atau hal lain yang bersifat “gengsi”. Faktor emosional memainkan peran besar dalam keputusan pembelian konsumen. Jadi, pemasaran konsumen berfokus pada bagaimana merangsang perilaku pembelian konsumen melalui pesan persuasif dan investasi media (promosi) untuk menghasilkan permintaan konsumen.

 

Sebaliknya, perusahaan sebagai produsen biasanya siap untuk membeli solusi untuk kebutuhan bahan baku yang diperlukan untuk operasi sehari-hari atau untuk memecahkan masalah bisnis tertentu terkait efisiensi biaya. Kebutuhan mereka benar-benar terukur dan terorientasi sesuai perencanaan. Karakteristik seperti kinerja produk jauh lebih penting daripada citra produk yang berlaku di pasar konsumen. Pembeli pada pasar bisnis kurang berlaku emosional dan lebih berorientasi pada target operasional perusahaan. Mereka hanya memikirkan masalah bagaimana menemukan pemasok yang paling dapat memenuhi kebutuhan perusahaan.

 

Kuantitas Pelanggan

Cakupan area pasar bisnis cenderung lebih kecil daripada pasar konsumen. Mungkin pelaku pasar di Pasar Bisnis hanya dapat menargetkan ratusan pelanggan, tetapi dalam pasar konsumen dapat berjumlah sampai jutaan pelanggan. Karena ukurannya yang lebih kecil, sering kali dimungkinkan untuk mengidentifikasi dan memetakan profil semua jenis prospek dari tiap pelaku pasar bisnis serta memberikan pendekatan dengan komunikasi pemasaran khusus.

 

Tingkat Kedekatan dengan Pelanggan

Dalam lingkungan pasar konsumen, komunikasi sering berakhir dengan transaksi jarak jauh yang dilakukan melalui toko ritel. Perusahaan sebagai produsen jarang melakukan kontak pribadi dengan konsumen. Sebaliknya dalam pasar bisnis, relasi antara pembeli dan penjual sangat dekat. Dalam banyak kasus, penjual atau pemasok mengunjungi pelanggan atau perusahaan secara langsung dan menjalin hubungan bisnis dalam jangka waktu yang panjang.

 

Proses Transaksi

Pembeli pada pasar konsumen biasanya mengambil keputusan terkait proses transaksi yang tidak rumit. Sedangkan pembeli pada pasar bisnis sering melakukan proses transaksi multi-step, lebih rumit dibandingkan dengan proses transaksi pada pasar konsumen yang dilakukan secara profesional selama periode waktu tertentu.

 

Bentuk Produk

Banyak produk dalam pasar bisnis yang memerlukan tingkat penyesuaian teknis, dari segi spesifikasi dan requirement yang tinggi untuk keperluan perusahaan. Bahkan produk sehari-hari, seperti mesin untuk faktor produksi, cenderung terlihat rumit dibandingkan produk-produk dalam pasar konsumen karena kebutuhan perusahaan yang mengharuskan memakai produk atau barang seperti itu. Kebutuhan pelanggan dalam pasar bisnis yang sangat beragam menentukan bentuk pemasaran yang bersifat intim dan juga termasuk jenis produk, pelayanan, dan harga yang disesuaikan. Bahkan proses transaksi dalam pasar bisnis, biasanya memerlukan beberapa tingkat penyesuaian terhadap kuantitas logistik, jasa pengiriman, dan cara pembayaran.

Berikut lima perbedaan mendasar antara pasar bisnis dengan pasar konsumen. Ditinjau dari keduanya, sangat jelas kebutuhan akuntansi begitu diperlukan. Untuk memenuhi kebutuhan akuntansi bisnis Anda, Jurnal bisa menjadi solusinya. Jurnal adalah software akuntansi online yang menawarkan fitur-fitur terkait pencatatan dan pelaporan keuangan. Dengan aplikasi keuangan perusahaan dari Jurnal, Anda bisa memantau data pelanggan dan faktur-faktur transaksi bisnis. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Jurnal, silahkan klik di sini.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo