Pemanfaatan teknologi informasi memiliki manfaat yang luar biasa besar, terutama bagi perusahaan. Dengan menggunakan teknologi informasi, perusahaan dapat menyediakan, mengelola, dan melaporkan keuangan dengan mudah, cepat, dan akurat. Selain itu, sistem informasi bagi manajemen memiliki manfaat untuk membantu terutama saat proses pengambilan keputusan.

 

Dalam akuntansi, Anda pasti mengenal Sistem Informasi Akuntansi (SIA) atau sistem informasi yang berhubungan dengan masalah akuntansi. Di bawah ini, kita akan bahas peran penting sistem informasi akuntansi dalam perusahaan.

 

Tujuan Sistem Informasi Akuntansi

Sistem informasi akuntansi yang dibuat pastinya memiliki tujuan, terutama bagi perusahaan. Berikut tujuan SIA:

a. Mengumpulkan dan menyimpan segala data aktivitas dan transaksi yang telah terjadi.

b. Melakukan proses semua data yang terkumpul menjadi sebuah informasi yang bisa mendukung dalam proses pengambilan keputusan dalam perusahaan.

c. Melakukan kontrol terhadap semua aset perusahaan.

 

Komponen Sistem Informasi Akuntansi

Komponen Sistem Informasi Akuntansi merupakan gabungan dari beberapa komponen menjadi satu kesatuan yang saling terhubung dan terbentuklah SIA perusahaan. Diawali dari data yang diinputkan oleh manusia kemudian dilakukan pemrosesan data sesuai prosedur yang berlaku sehingga hasilnya akan berupa informasi akuntansi. Agar hasil dari informasi akuntansi bisa akurat, aktual, dan berguna untuk user, maka seluruh komponen SIA harus terintegrasi dengan baik dan benar. Berikut komponen-komponen dalam SIA:

a. Manusia, menjadi operator dari sistem.

b. Transaksi, menjadi objek yang akan diinputkan kemudian dilakukan pemrosesan sehingga menghasilkan informasi.

c. Prosedur, menjadi aturan tentang langkah-langkah yang harus dilakukan dalam melaksanakan kegiatan perusahaan.

d. Dokumen, sebagai formulir yang berfungsi untuk sarana pencatatan saat transaksi terjadi.

e. Peralatan, menjadi alat atau sarana yang digunakan untuk pencatatan pada sistem informasi.

 

Manfaat Sistem Informasi Akuntansi Bagi Perusahaan

Ada beberapa poin yang menjadi manfaat dari sistem informasi akuntansi bagi perusahaan yang harus Anda ketahui, berikut manfaatnya:

a. Menyediakan informasi yang akurat dan tepat sehingga berdampak pada kemajuan perusahaan.

b. Meningkatnya efisiensi pada perusahaan sehingga berdampak pada meningkatnya pendapatan.

c. Meningkatnya kemampuan perusahaan dalam mengambil suatu keputusan secara bijak.

d. Menambah sharing knowledge perusahaan.

e. Meningkatkan efisiensi kerja pada bagian keuangan perusahaan karena adanya sistem informasi akuntansi.

f. Meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.

g. Mengurangi biaya produksi dan jasa dalam proses pembuatan produk perusahaan.

 

Dari penjelasan di atas, sistem informasi akuntansi memiliki peran yang penting untuk kemajuan suatu perusahaan. Dengan adanya SIA, perusahaan bisa melakukan semua kegiatannya dengan lebih efektif dan efisien. Selain itu output dari SIA juga dapat di pertanggungjawabkan dalam pengambilan sebuah keputusan.

 

Dapat dibayangkan jika SIA dalam perusahaan tidak berjalan dengan baik, maka semua akan terhambat termasuk kegiatan bisnis perusahaan menjadi berhenti. Tidak hanya itu, dalam menjalankan perusahaan Anda juga perlu melakukan administrasi keuangan yang baik, SIA di kombinasikan dengan administrasi keuangan yang baik pastinya akan menghasilkan hasil yang lebih baik.

Jurnal adalah software akuntansi online yang membantu Anda dalam melakukan administrasi keuangan perusahaan Anda. Terdapat banyak fitur-fitur akuntansi yang dibutuhkan oleh perusahaan Anda. Daftarkan sekarang juga dan nikmati free trial selama 14 hari untuk pengguna baru. Untuk info lebih lanjut silahkan Anda klik di sini.