Dalam membangun sebuah bisnis, pastinya semua orang bercita-cita untuk bisa sukses kedepannya. Tetapi untuk bisa meraih kesuksesan tidaklah mudah, butuh perjuangan mulai dari waktu, tenaga, fikiran, dan modal yang banyak. Salah satu langkah yang paling krusial dari semua itu adalah saat memulai bisnis, apalagi jika tidak memiliki tim yang solid. Jadi, sebelum memulai bisnis, hal terpenting adalah memiliki founding team yang baik.

 

Founding team adalah sekumpulan orang yang mengawali sebuah bisnis dengan kemampuan dari masing-masing orang yang berbeda sehingga saling melengkapi satu sama lainnya. Tim inilah yang nantinya akan mengatur strategi dalam bisnis agar kedepannya bisa sukses. Tidak ada patokan baku berapa jumlah anggota founding team, semua itu tergantung model bisnis yang dijalankan.

 

Hal terpenting dalam memilih founding team adalah mereka harus memiliki tujuan yang sama, komitmen yang sama, semangat yang tinggi, tekad yang kuat, ketahanan, keuletan, saling percaya, dan tidak mudah menyerah.

 

Kesalahan dalam Memilih Founding Team

Dalam pemilihan founding team pastinya ada kesalahan-kesalahan yang harus dihindari, agar bisnis Anda terhindar dari kegagalan. Berikut daftar kesalahannya:

a. Jangan terlalu banyak dalam mencari founding team, karena dengan banyak founding team nantinya akan lebih sulit dalam mengaturnya, 2 orang adalah yang paling tepat untuk membangun sebuah bisnis.

b. Hindari memilih teman dekat, karena alasan teman dekat lalu jangan asal diajak untuk menjadi founding team dalam bisnis, Anda juga harus mengetahui skill yang dimilikinya, jangan sampai nanti saat bisnis sudah jalan malah memberatkan Anda dan bisnis yang Anda bangun.

c. Memilih founding team yang pernah bekerja sama sebelumnya, keuntungannya adalah Anda sudah mengetahui tentang skill dan rekam jejaknya , sehingga Anda tidak menebak-nebak apakah  bagus atau tidak untuk menjadi bagian dari founding team.

 

Aspek Penting Founding Team

Menurt Steve Blank, ada tiga aspek penting dalam membangun founding team yang bagus agar bisa menjadi mengantarkan bisnis Anda kepada kesuksesan, berikut daftarnya:

a. Founder

Founder adalah orang pertama yang menemukan bisnis yang akan dibangun. Founder menjadi elemen penting dalam bisnis, namun yang perlu dipahami bahwa founder belum tentu menjadi orang nomor 1 dalam bisnis tersebut nantinya, bisa jadi founder mengajak orang-orang pilihan untuk menjadi founding team dalam bisnis bahkan bisa jadi founder hanya menyumbangkan ide saja, tanpa ikut campur dalam perkembangan bisnis.

b. Tim Kerja

Setelah adanya ide yang ditemukan oleh founder, aspek kedua dalam membangun founding team adalah tim kerja. Jumlah tim kerja yang paling ideal menurut Steve Black adalah 4-5 orang saja sudah cukup untuk memulainya. Tetapi untuk jumlah tim kerja akan tergantung dari bisnis yang akan dijalankan, mungkin akan ada perbedaan jumlah disetiap bisnisnya.

c. CEO

Setelah terbentuk tim kerja yang baik, selanjutnya Anda membutuhkan seorang CEO yang tugasnya memimpin dan mengatur segala hal tentang bisnis Anda agar berjalan dengan baik. Tetapi kebanyakan pada bisnis rintisan, founding team tidak bekerja di bawah CEO, melainkan bekerja sesuai dengan job desk masing-masing founding team. Namun

jika ingin membangun bisnis yang bagus, peran CEO dalam sebuah bisnis sangat diperlukan adanya.

Demikianlah pembahasan mengenai pentingnya founding team dalam membangun bisnis agar sukses. Perlu diketahui bila founding team sudah kuat, bisnis Anda sudah memiliki pondasi yang kuat, bahkan jika ditinggal pergi salah satu dari founding team tersebut, bisnis Anda tetap bisa berjalan dengan baik. Jangan lupa jika bisnis Anda sudah sukses untuk mengatur pada manajemen keuangan dan administrasi keuangan bisnis Anda secara baik dan benar. Jurnal adalah software akuntansi online yang membantu anda dalam manajemen keuangan dan administrasi keuangan bisnis Anda, terdapat banyak fitur menarik yang bisa Anda gunakan. Daftarkan bisnis Anda sekarang juga dan nikmati free trial selama 14 hari untuk pengguna baru. Untuk info lebih lanjut silakan klik di sini.