Pentingnya Akuntansi Biaya dalam Ekonomi Modern Saat Ini

Pada prinsipnya, akuntansi menurut adalah proses mengubah input menjadi output. Di mana input-nya adalah semua data akuntansi, baik data keuangan maupun data non-keuangan dan output-nya adalah informasi akuntansi yang sudah diolah. Akuntansi biaya adalah pengeluaran yang mencakup sumber daya ekonomi diukur dengan satuan uang untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Di bawah ini akan kita bahas mengenai pentingnya akuntansi biaya dalam lingkungan ekonomi modern saat ini.

 

Sebelum itu, Anda perlu mengetahui definisinya. Akuntansi biaya adalah akuntansi yang membahas tentang masalah penentuan harga pokok dari suatu produk yang akan diproduksi atau dijual di pasaran, baik untuk memenuhi pesanan atau stok barang yang akan di jual kembali.

 

Di Mana Akuntansi Biaya Dibutuhkan?

5 Kesalahan Fatal dalam Memilih Aplikasi Komputer Akuntansi

Akuntansi biaya biasanya digunakan pada perusahaan yang sistem bisnisnya mengolah bahan baku untuk membuat produk, kemudian dijual kembali. Akuntansi di sini memiliki peran penting untuk melakukan pencatatan saat proses produksi sampai menghasilkan suatu produk.

 

Penghitungan biaya bisa juga dianggap sebagai alat penting yang dapat membatu keputusan manajemen untuk melakukan perencanaan, pertimbangan, pengawasan, serta menjadi penilaian terhadap kegiatan yang berlangsung pada perusahaan. Disamping itu, akuntansi diidentikkan dengan proses manajerial dan juga membantu seorang manajer dalam merencanakan, mengontrol, serta mengevaluasi dari awal hingga akhir kegiatan perusahaan.

 

Banyak yang menganggap bahwa akuntansi biaya hanya berlaku untuk pabrikase atau perusahaan manufaktur saja. Namun, di era modern saat ini akuntansi dapat diterapkan pada setiap jenis bisnis dari berbagai ukuran yang bisa mengambil konsep dan manfaat dari penghitungan biaya.

 

Siklus Akuntansi Biaya

8 Kesalahan Dasar-dasar Akuntansi dan Keuangan Bisnis

Setiap perusahaan biasanya memiliki siklus aktivitas akuntansi secara terstruktur, mulai dari awal pengolahan bahan baku hingga penyerahan produk pada gudang untuk dijual. Siklus ini juga bisa Anda adopsi untuk bisnis era modern saat ini, terutama bagi yang memiliki produk fisik. Di bawah ini adalah siklus akuntansi biaya yang bisa Anda terapkan pada bisnis:

a. Pencatatan semua harga bahan baku.

b. Pencatatan semua biaya tenaga kerja tidak langsung.

c. Pencatatan semua biaya tenaga kerja langsung.

d. Biaya overhead pabrik (biaya yang mendukung proses produksi tetapi tidak termasuk biaya bahan baku, tenaga kerja langsung maupun tidak langsung).

e. Penentuan harga pokok dengan melakukan kalkulasi semua biaya yang dibutuhkan untuk membuat suatu produk.

 

Tujuan Akuntansi Biaya

Di bawah ini adalah beberapa tujuan penghitungan biaya di era ekonomi modern saat ini yaitu :

a. Menentukan perhitungan biaya produksi secara tepat, yang tujuannya untuk menentukan besaran harga pokok barang, harga jual barang yang sudah jadi, serta besaran laba yang akan diperoleh untuk perusahaan. Cara ini juga bisa Anda aplikasikan untuk bisnis di era modern saat ini, sehingga Anda bisa menentukan harga dengan pas.

b. Dengan adanya proses akuntansi, perusahaan bisa melakukan pengendalian biaya selama proses produksi berlangsung agar sesuai standar yang ditentukan, karena jika tidak sesuai nantinya margin keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan akan berkurang, sehingga berdampak pada pendapatan yang diterima.

 

Manfaat Akuntansi Biaya

Manfaat akuntansi untuk bisnis modern saat ini adalah bisa menjadi media informasi yang diperlukan untuk mengelola bisnis agar semakin berkembang. Karena dalam akuntansi biaya ada 4 tahapan yaitu perencanaan, pengawasan, pengukuran penghasilan, dan pengambilan keputusan. Jika keempat tahap tersebut dilakukan secara benar, bisa dipastikan Anda tidak akan bersusah payah bersaing dengan bisnis sejenis yang sedang berkembang pada masa ekonomi modern saat ini.

Penerapan akuntansi pada ekonomi modern saat ini sangat berguna sekali. Karena dengan penghitungan biaya, Anda dapat menghitung biaya-biaya dalam proses produksi barang atau jasa secara terperinci sehingga tidak terjadi kerugian dalam bisnis. Jangan lupa jika bisnis Anda sudah mulai berkembang, Anda harus mengelola keuangan dengan baik menggunakan teknologi software akuntansi online seperti Jurnal by Mekari.

Jurnal adalah software akuntansi online yang membantu Anda dalam masalah administrasi keuangan bisnis. Banyak fitur keuangan menarik yang patut Anda coba. Daftar sekarang juga dan nikmati free trial selama 14 hari untuk pengguna baru saat ini. Untuk info lebih lanjut silakan klik di sini.


PUBLISHED15 Apr 2018
Eril Obeit Choiri
Eril Obeit Choiri


Kategori : Panduan Akuntansi