Pengaruh Transaksi Bisnis Terhadap Perubahan Pencatatan Akuntansi

Transaksi keuangan atau bisnis adalah kegiatan bisnis yang dilakukan perusahaan secara langsung dan dapat memengaruhi kondisi keuangan atau hasil operasional perusahaan tersebut. Dalam akuntansi, perusahaan hanya akan mencatat transaksi bisnis yang memengaruhi saldo masing-masing akun menjadi bertambah atau berkurang. Dengan kata lain, transaksi bisnis akan menyebabkan perubahan pada persamaan akuntansi yang kemudian harus dicatat dan dilaporkan.

 

Kelompok Transaksi Bisnis Perusahaan

Jenis transaksi bisnis perusahaan dikelompokan menjadi 2 (dua), yaitu:

a. Transaksi internal

Aktivitas ekonomis yang terjadi dalam perusahaan itu sendiri, seperti penggunaan perlengkapan, pemanfaatan gedung beberapa waktu, penggunaan mesin, dan lain-lain.

b. Transaksi eksternal

Merupakan kejadian dengan pihak luar perusahaan seperti pembelian perlengkapan kepada pemasok, pembayaran uang muka sewa gedung, pembelian mesin, dan lain sebagainya.

 

Pencatatan Akuntansi

Semua transaksi bisnis perusahaan akan senantiasa berpengaruh pada perubahan pada ketiga unsur persamaan dasar akuntansi, yaitu aset/aktiva (harta), kewajiban (utang), dan ekuitas(modal). Sebagai contoh:

a. Jika dalam perusahaan terdapat kenaikan aset

  • akan terjadi penurunan aset yang lain

  • akan terjadi kenaikan kewajiban

  • akan terjadi kenaikan ekuitas

b. Jika perusahaan membuat transaksi pembelian secara tunai

  • perlengkapan bertambah

  • kas berkurang

c. Jika perusahaan membuat transaksi pembelian secara kredit

  • perlengkapan bertambah

  • utang usaha bertambah.

 

Banyaknya pengaruh sebuah transaksi pada perubahan pencatatan akuntansi, maka akan berdampak pada berbagai macam laporan keuangan yang dihasilkan. Sedikit kesalahan pencatatan akan berpengaruh banyak terhadap hasil laporan keuangan. Untuk menghindari kesalahan pencatatan transaksi bisnis berulang, maka ada baiknya mulai menggunakan software akuntansi online seperti Jurnal.

 

Jurnal, software akuntansi online menyediakan berbagai laporan keuangan yang dibutuhkan dari satu kali input data transaksi bisnis Anda. Jurnal akan mengklasifikasikan semua transaksi bisnis ke dalam jenis akun yang sesuai. Selain berbagai laporan keuangan, Jurnal juga menyediakan laporan dalam bentuk grafik, sehingga surut atau berkembangnya sebuah usaha, dapat terindikasi dengan mudah.

Saat ini Jurnal memiliki program free trial 14 hari yang bisa Anda manfaatkan. Selain itu, Jurnal juga memiliki penawaran menarik berupa varian harga yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan perusahaan. Dapatkan semua informasi tentang Jurnal, di sini.

PUBLISHED20 Jan 2018
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami