Berbicara mengenai dunia bisnis tentu tidak terlepas dari sebuah target penjualan. Target penjualan biasanya ditetapkan oleh perusahaan dan ditentukan pada awal tahun dengan dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik dari eksternal maupun internal. Menentukan target penjualan sangatlah penting, dan sebuah perusahaan yang menentukan target tanpa dasar kalkulasi yang benar maka implikasinya bisa bermacam-macam. Penetapan target yang tepat tidak hanya menentukan dasar angka target tersebut, melainkan juga harus berhubungan erat dengan faktor-faktor penting lainnya.

 

Faktor Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Menentukan Target Penjualan

a. Target yang baik adalah target yang bisa dicapai dengan realistis. Dalam hal ini penting artinya mengetahui besaran angka dari target, terukur dan bisa dicapai.

b. Target yang baik harus sejalan dengan prediksi pertumbuhan pasar dan rencana pengembangan bisnis ke depan. Berapa prediksi pertumbuhan pasar di tahun depan? Kemungkinan tren apa yang akan terjadi dan berpengaruh terhadap bisnis kita di tahun depan? Hal-hal seperti ini harus menjadi acuan dasar kita dalam menentukan target penjualan di masa yang akan datang.

c. Target yang baik harus berdasar pada unsur pertimbangan yang realistis. Penting bagi kita untuk mencapai target yang ditentukan, tetapi tidak kalah penting pula bahwasanya kita harus realistis dalam melihat keadaan yang ada.

 

Metode untuk Menentukan Target Penjualan dengan Tepat

a. Mengenali Target

Ketahui terlebih dahulu identitas yang akan menjadi target Anda. Misalnya berapa usia target rata-rata, jenis kelamin, status ekonomi yang nantinya akan berpengaruh pada daya belinya, dan juga latar belakang sosial budaya. Hal ini berkaitan dengan barang dan jasa apa yang akan Anda jual. Semisal jika Anda menjual perlengkapan aksesoris remaja, tentu akan kurang efektif jika melakukan pemasaran di kalangan para ibu-ibu. Begitu pun jika Anda menjual produk memasak, tentunya Anda tidak mungkin melakukan pemasaran di kalangan remaja.

b. Mengenali Tren di Kalangan Konsumen

Cari tahu apa yang sedang menjadi tren di kalangan para pelanggan. Hal ini bisa Anda lakukan dengan ikut bergabung di forum-forum yang ada di social media atau situs tertentu. Ketahui barang dan jasa seperti apa yang dibutuhkan oleh pelanggan namun belum bisa dipenuhi oleh produsen atau penjual lain yang merupakan kompetitor Anda, sehingga pada saat melakukan pemasaran, Anda sudah yakin dengan kelebihan Anda dan siap membidik para konsumen-konsumen tersebut.

c. Memahami Perilaku Target

Memahami perilaku konsumen bisa meliputi tentang bagaimana cara konsumen tersebut berbelanja, kecenderungan barang apa saja yang dibelinya, serta apa passion mereka ketika berbelanja. Tipe konsumen juga perlu Anda ketahui, apakah mereka tipe konsumen yang lebih suka membeli secara online atau datang langsung ke toko. Dengan mengetahui perilaku konsumen, Anda tak hanya bisa menentukan target pasar tapi juga mampu melakukan upaya peningkatan untuk memberikan layanan yang maksimal.

d. Menentukan Produk & Jasa yang Akan Dijual

Setelah mengetahui kekurangan-kekurangan kompetitor Anda, kini saatnya Anda muncul ke permukaan dengan menawarkan produk baru yang siap menjawab kebutuhan pasar.  Produk ini harus jelas spesifikasinya dan diperuntukkan bagi siapa. Hal ini akan membantu Anda lebih fokus dalam membidik konsumen.

e. Buat Rencana Penjualan yang Jelas

Ke mana produk tersebut akan dipasarkan, siapa saja yang menjadi target penjualan dan pola penjualan seperti apa yang akan digunakan. Untuk mengetahui jawaban tersebut Anda harus menggunakan database penjualan yang selama ini Anda miliki. Dengan database penjualan yang telah dimiliki, Anda bisa menentukan rencana penjualan yang jelas.

f. Fokus dan Disiplin

Ketika Anda fokus pada target penjualan, maka Anda akan konsisten menjalani rencana untuk mencapai target penjualan tersebut. Jangan lupa untuk disiplin dan teratur membuat laporan pencapaian setiap minggu dan menuliskan hal-hal penting selama proses penjualan berlangsung. Jika hal ini serius dilakukan, maka Anda akan sangat terbantu pada proses penjualan berikutnya jika Anda menemui hal yang sama.

 

Tentunya, selain menjalankan metode untuk menentukan target penjualan dengan tepat, setiap perusahaan membutuhkan pengelolaan keuangan yang baik untuk mendukung berjalannya semua proses usaha. Jurnal merupakan software akuntansi online yang menjadi salah satu solusi pengelola masalah keuangan secara cepat dan tepat. Melalui Jurnal, dapatkan kemudahan untuk mendapatkan semua jenis laporan keuangan yang Anda butuhkan dengan nyaman, tanpa rasa khawatir, sehingga Anda bisa fokus pada target penjualan Anda. Dapatkan semua informasi tentang Jurnal, di sini.

Author