Jurnal Enterpreneur

Jenis-Jenis Transaksi yang Terjadi Pada Perusahaan Dagang

Berikut ini adalah jenis-jenis transaksi yang terjadi pada perusahaan dagang.

Seperti yang kita ketahui, berdasarkan aktivitasnya, perusahaan secara umum dibagi menjadi 3 kategori, yaitu perusahaan jasa, perusahaan dagang, dan perusahaan manufaktur.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai perusahaan dagang.

Perusahaan dagang didefinisikan sebagai perusahaan yang kegiatan bisnisnya membeli barang dagangan dari supplier dan kemudian menjualnya kembali kepada konsumen tanpa mengubah wujud dan sifat barang tersebut.

Adapun karakteristik perusahaan dagang adalah:

  • Kegiatan utamanya adalah membeli barang dan menjual barang dagangan
  • Pemasukan utama dari penjualan
  • Untuk menghitung laba/rugi harus menghitung dahulu harga pokok penjualan (HPP)
  • Beban operasionalnya berupa beban penjualan dan beban administrasi umum

Transaksi merupakan kegiatan yang umum dilakukan oleh semua manusia tidak terkecuali juga dilakukan oleh sebuah bisnis atau perusahaan. Perbedaan karakteristik antar jenis perusahaan juga menyebabkan adanya perbedaan untuk beberapa transaksi yang dilakukannya.

Lalu apa saja transaksi yang terjadi pada perusahaan dagang? Berikut ini merupakan transaksi yang terjadi di perusahaan dagang.

Pembelian Barang Dagangan

Transaksi pembelian ini adalah kegiatan membeli suatu produk. Adapun pihak penyedia barang atau penjual dapat berupa perusahaan, perorangan, maupun toko. Transaksi pembelian dibedakan menjadi dua, yaitu dilakukan secara tunai dan secara kredit.

Retur Pembelian & Pengurangan Harga

Transaksi ini berupa kegiatan pengembalian barang yang sudah dibeli kepada penjual karena terdapat kerusakan, kecacatan produk, atau ketidaksesuaian produk dengan pesanan.

Penjualan Barang Dagangan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, salah satu kegiatan utama perusahaan dagang adalah penjualan. Kegiatan penjualan adalah Anda sebagai pihak penjual menyerahkan barang dagangan kepada konsumen di mana pembayarannya dapat dilakukan secara tunai dan kredit.

Retur Penjualan & Pengurangan harga

Seperti halnya retur pembelian dan pengurangan harga, retur penjualan dan pengurangan harga ini hanya sudut pandangnya saja yang berbeda. Pada transaksi ini maka sudut pandang dari penjual. Jadi di sini perusahaan mengambil kembali barang dagangan yang sudah dibeli atau dipesan oleh konsumen yang mengalami kerusakan, kecacatan, ataupun ketidaksesuaian pesanan.

Potongan Penjualan & Pembelian

Perusahaan atau penjual memberikan potongan harga atau diskon atas penjualannya kepada konsumen yang telah melunasi piutangnya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Sedangkan potongan pembelian adalah potongan atau diskon yang diperoleh pembeli jika pembeli melunasi utang dengan waktu yang lebih cepat dari waktu yang ditetapkan atau waktu sesuai dengan perjanjian atau kontrak dan pembayaran dilakukan secara tunai.

Beban Angkut Pembelian & Penjualan

Transaksi beban angkut pembelian ini berupa biaya beban angkut yang ditanggung pembeli. Beberapa supplier biasanya tidak mau menanggung biaya angkut dari gudang ke tempat pembeli, karenanya timbul biaya angkut pembelian. Sedangkan beban angkut penjualan adalah biaya angkut yang ditanggung oleh pihak penjual pada saat mengirimkan barang dagangannya.

Baca juga: Mengenal pencatatan bisnis perusahaan.

Persediaan Barang Dagangan

Persediaan barang dagangan merupakan bahan atau barang yang akan digunakan oleh perusahaan untuk kegiatan operasionalnya dan penjualan. Persediaan merupakan salah satu jenis aset yang riskan, oleh karena itu perlu dilakukan perhitungan dan pengontrolan yang teratur.

Pembayaran Utang

Untuk mendapatkan modal atau adanya transaksi yang dilakukan secara kredit ini mengakibatkan perusahaan memiliki utang kepada pihak lain. Jika perusahaan mempunyai utang maka Anda atau pembeli wajib melakukan pelunasan utang kepada pihak kreditor. Biasanya utang yang sering dilakukan oleh perusahaan dagang yaitu utang pembelian barang dagangan karena dilakukan secara kredit. Sebaiknya utang dilunasi sesuai dengan kesepakatan yang dibuat bersama bahkan akan lebih baik jika dilunasi sebelum waktu jatuh tempo.

Baca juga bagaimana fitur aplikasi kas masuk dan keluar membantu usaha Anda.

Penerimaan Piutang

Adanya penjualan yang dilakukan secara kredit menimbulkan adanya piutang. Sebab itu, jika perusahaan atau pihak penjual menerima pelunasan piutang maka harus dicatat.

Itulah jenis transaksi dan pencatatan akuntansi yang harus Anda pahami pada perusahaan dagang. Anda dapat mengerjakannya dengan mudah jika melakukannya menggunakan software akuntansi.

Jurnal adalah aplikasi akuntansi online yang dapat membantu Anda menjalankan sistem akuntansi perusahaan Anda dengan cepat. Anda hanya perlu mencatat semua transaksi, dan Jurnal secara otomatis akan mengolahnya menjadi laporan keuangan. Selain itu, Jurnal juga pilihan terbaik dalam kategori invoice online Indonesia, program inventaris barang, dan fitur lainnya. Jadi silahkan gunakan software akuntansi online Jurnal untuk bisnis lebih efisien.

Kategori : BisnisKeuangan

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo