Prinsip psikologi yang dikenal sebagai efek isolasi menyatakan bahwa barang yang menonjol dan menarik akan lebih mungkin untuk diingat. Beberapa penelitian tentang warna juga menunjukkan bahwa peserta mampu mengenali dan mengingat barang dengan jauh lebih baik (berupa teks atau gambar) ketika warna yang digunakan terlihat lebih menonjol dari sekelilingnya. Karena adanya hal ini, maka dunia marketing dan branding dalam usaha juga tidak ketinggalan untuk memanfaatkannya.

 

Di dalam dunia marketing sebuah study mengenai “dampak warna pada marketing,” menemukan bahwa 90% orang akan mengambil keputusan secara cepat untuk mengambil sebuah produk atau tidak karena berdasarkan warna. Selain itu, untuk sebuah product branding, warna juga memengaruhi bagaimana customer melihat “kepribadian” dari merek yang bersangkutan. Misalnya, sebuah produk motor pria, akan cenderung memilih warna-warna gelap dan maskulin ketimbang warna-warna lembut dan terang. Di bawah ini akan dibahas mengenai psikologi warna dalam dunia marketing dan branding.

 

Kuning

Warna matahari ini sangat mudah dipahami dan mampu membangkitkan perasaan optimisme, kejelasan, dan kehangatan. Kuning juga merupakan warna yang kaya, seperti warna yang ada pada emas dan harta karun. Warna terang seperti kuning dapat menonjol, bahkan ketika ia digunakan di lingkungan yang ramai.

 

Oranye

Warna oranye adalah warna yang selalu menarik perhatian. Warna oranye mengirimkan pesan yang mengatakan, “Saya tidak takut untuk menjadi pusat perhatian.” Oranye melambangkan antusias, percaya diri, dan gembira.

 

Merah

Warna ini dapat benar-benar menaikkan denyut nadi orang ketika mereka melihat warna merah. Ini adalah warna kuat yang hangat, menarik, seksi, dan mendesak. Ini adalah warna darah dan asmara, simbol stop dan mawar klasik.

 

Ungu

Warna ini adalah warna kerajaan yang bisa memberikan gambaran keagungan, kemewahan, dan mistisisme. Ini akan mengaktifkan imajinasi dan memikat mata. Ungu juga banyak dikaitkan dengan kebijaksanaan.

 

Biru

Warna ini dapat menyampaikan perasaan kekuatan, kehandalan, dan ketenangan seperti sifat air. Dengan warna biru pada desain Anda, maka akan mendorong audience untuk melihat perusahaan dengan keseriusan dan kepercayaan.

 

Hijau

Warna hijau dapat menyampaikan perasaan tenang, damai, dan menyampaikan gagasan pertumbuhan. Produk yang menggunakan desain warna hijau akan terkesan menawarkan kesegaran dan bersifat natural dari alam.

 

Hitam

Secara teknis, warna hitam merupakan ketiadaan warna. Hitam melambangkan ketegasan, profesional, dan kredibilitas sebuah produk. Makin besar Anda ingin memberikan kesan kuat pada perusahaan, maka makin banyak warna hitam yang bisa Anda tambahkan.

 

Coklat

Warna ini akan memberikan kesan kesederhanaan dan klasik. Jika Anda memiliki sebuah produk yang ingin Anda tampilkan dengan kesan sederhana, maka coklat adalah sebuah pilihan yang tepat. Beberapa produk yang bersifat retro atau kebahagiaan dalam bernostalgia juga cocok menggunakan warna coklat.

 

Putih

Warna ini dapat menyiratkan sesuatu yang bersifat suci, bersih, murni. Pemakaian warna putih dalam logo branding perusahaan juga akan memberi kesan santun. Warna putih akan terlihat kontras dan tegas jika dipadukann dengan warna hitam.

 

Ketika ingin menentukan warna yang akan digunakan dalam logo maupun merek perusahaan, maka ada baiknya jika Anda melakukan riset terlebih dahulu. Riset psikologi warna bisa dimulai dari penggunaan warna oleh pesaing bisnis Anda, cobalah memilih warna yang berbeda agar konsumen tidak salah dalam mengenali produk Anda. Setelah itu, piihlah warna sesuai karakter produk yang Anda miliki dan perhatikan juga siapa target pemasarannya. Jika target pemasarannya adalah kaum perempuan maka gunakan warna-warna lembut yang berkesan feminine.

Untuk memenuhi kebutuhan riset dan penerapan psikologi warna sebagai karakter produk, pastinya perusahaan harus menyisihkan anggaran keuangan tersendiri. Gunakan software akuntansi handal semacam Jurnal untuk membantu perusahaan memperoleh perhitungan dan pelaporan biaya yang dibutuhkan dalam  waktu cepat dan mudah. Dapatkan semua informasi tentang Jurnal di sini.