Segmentasi pasar ini merupakan salah satu instrumen penting yang perlu dibahas dan dipahami dalam ilmu ekonomi, terutama dalam hal pemasaran. Sebab, melalui segmentasi pasar inilah, strategi pemasaran bisa lebih sukses. Pada akhirnya, penjualan dan laba yang diraih oleh perusahaan pun bisa lebih maksimal. Di bawah ini, kita akan pelajari lebih jauh mengenai segmentasi pasar.

 

Manfaat Segmentasi Pasar

Terbentuknya segmentasi pasar tentu bukan tanpa alasan. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan jalannya pemasaran. Beberapa manfaat yang timbul akibat segmentasi pasar adalah sebagai berikut.

a. Dapat merencanakan produk dengan lebih baik sehingga dapat memenuhi permintaan pasar.

b. Menentukan cara promosi yang paling tepat.

c. Menyalurkan modal ataupun usaha ke pasar potensial yang dapat menguntungkan bisnis.

d. Penjual akan berada pada posisi yang cukup baik, guna mengarahkan dan membandingkan kesempatan atau harapan dalam pemasaran sehingga mampu mempelajari setiap segmen.

e. Penjual dapat memakasi wawasannya untuk menanggapi usaha pemasaran yang berbeda-beda sehingga dapat mengalokasikan anggaran dengan tepat.

f. Dapat memilih media iklan yang baik dan menemukan bagaimana cara mengalokasikan dengan baik.

 

Kriteria Segmentasi Pasar

Setiap perusahaan yang menjalankan segementasi pasar tentu melakukan identifikasi terhadap berbagai segmen atau kriteria yang paling menarik agar dapat melayani konsumen dengan lebih efektif. Beberapa kriteria dari segmentasi pasar adalah sebagai berikut.

a. Pemasaran massal

Pemasaran massal ditandai dengan melakukan produksi, mendistribusi, dan mempromosikan secara massal pada seluruh konsumen. Produk yang dipasarkan adalah produk tunggal dengan harapan dapat memenuhi seluruh keinginan konsumen serta dapat menghemat biaya baik dalam hal produksi dan pemasaran. Pemasaran massal sekarang ini tidak lagi banyak diterapkan oleh perusahaan kecuali oleh perusahaan yang memiliki konsumen terbatas.

b. Pemasaran produk yang terdiferensiasi

Strategi pemasaran ini banyak diterapkan oleh berbagai perusahaan. Dalam pemasaran ini perusahaan akan mencoba untuk mengidentifikasi berbagai macam kelompok pembeli tertentu dengan membagi pasar ke dalam dua kelompok segmen atau lebih dan pada masing-masing segmen ditawarkan jenis produk yang berbeda dengan kelompok yang lainnya.

c. Pemasaran Sasaran

Dalam pemasaran sasaran perusahaan hanya memusatkan usaha pemasarannya pada satu atau beberapa kelompok segmen pasar tertentu saja. Strategi pemasaran sasaran ini dilakukan dengan mengembangkan produk dan pembedanya serta melakukan bauran produk (marketing mix) untuk kelompok tertentu saja. Strategi ini banyak diterapkan karena adanya tingkat persaingan yang sangat tinggi.

 

Syarat Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar sebagai strategi pemasaran memang dapat ditentukan sendiri oleh perusahaan. Akan tetapi, dalam proses penentuannya tidak bisa sembarangan. Agar segmentasi pasar yang dilakukan dapat berjalan efektif, ada syarat segmentasi pasar yang harus dipenuhi, yaitu :

a. Harus dapat diukur, baik dalam besarnya maupun luasnya serta daya beli segmen pasar tersebut.

b. Harus dapat dilaksanakan, artinya semua program pemasaran yang telah disusun dapat terlaksana secara efektif dan efisien.

c. Harus dapat dicapai dengan baik, sehingga dapat dijadikan sebagai pasar sasaran.

d. Pasar yang homogen tetap harus cukup luas sehingga dapat menguntungkan perusahaan ketika kelompok pasar dilayani oleh perusahaan.

 

Segmentasi pasar sangat penting dipahami untuk menjalankan pemasaran dengan baik. Selain itu, mengelola keuangan juga perlu dilakukan dengan baik untuk menunjang pemasaran yang sukses. Dengan pengelolaan keuangan yang baik maka anggaran untuk pemasaran dapat dikembangkan. Jurnal adalah software akuntansi online yang dapat membantu Anda melakukan pengelolaan keuangan dengan lebih mudah, nyaman, dan seluruh data akan disajikan secara realtime.  Daftarkan bisnis Anda sekarang juga dengan Jurnal dan nikmati free trial 14 hari. Info lebih lanjut, klik di sini.

Author