Jurnal Enterpreneur

Manfaat Stock Opname Bagi Bisnis dan Perusahaan

Bagi Anda yang bekerja di perusahaan manufaktur tentu tidak asing dengan istilah stock opname bukan? Apakah Anda memahami manfaat stock opname? Sebelum mengetahui manfaatnya, Anda sebaiknya memahami apa itu stock opname.

Stock opname adalah salah satu bentuk kegiatan perhitungan persediaan stok barang di gudang sebelum dijual.

Kegiatan ini memang cukup menyita waktu karena Anda akan memeriksa dan melakukan perhitungan barang yang ada di dalam gudang secara langsung.

Selain itu, dalam melakukan perhitungan juga tidak boleh ada kesalahan atau ada yang terlewat, karena nantinya akan berpengaruh pada stok barang yang dijualnya.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal pada banner di bawah ini.


Manfaat stock opname dapat dirasakan oleh setiap perusahaan, tidak hanya untuk perusahaan manufaktur atau dagang, hanya saja setiap perusahaan memiliki sistem dan prosedur yang berbeda tergantung pada kebutuhan dan jenis usahanya.

Sekarang ini dengan perkembangan teknologi sudah ada barcode. Dengan menggunakan barcode, proses stock opname bisa dilakukan lebih cepat dan efisien. Selain itu dengan menggunakan barcode, kesalahan dalam pencatatan dan perhitungan barang bisa lebih diminimalisir.

Baca juga: Semua Tentang Stock Opname yang Harus Anda Ketahui

Pengertian Stock Opname

Stock opname merupakan kegiatan penghitungan fisik persediaan yang ada di gudang. Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui tentang kebenaran dan keakuratan catatan pembukuan perusahaan.

Stock opname merupakan kegiatan yang penting dilakukan karena salah satu fungsi dari pengendalian internal.

Pada dasarnya, stock opname tidak hanya digunakan untuk menghitung persediaan saja, tetapi juga dapat digunakan untuk menghitung barang atau benda yang berkaitan dengan kegiatan operasional perusahaan.

Baca juga: Contoh Berita Acara Stock Opname Persediaan Barang

Periode Opnam Stok

Setiap perusahaan memiliki waktu pelaksanaan stock opname yang berbeda-beda. Secara umum periode melakukan stock opname yaitu akhir tahun. Namun, itu semua tergantung dari kebijakan dan kebutuhan perusahaan.

Perusahaan dengan skala yang besar memiliki persediaan yang banyak sehingga stock opname akan dilakukan selama beberapa kali dalam setahun, misalnya setiap akhir bulan, 3 bulan sekali, 4 bulan sekali, ataupun setahun sekali.

Tentu saja akan berbeda dengan perusahaan yang jumlah persediaannya kecil, mungkin melakukan stock opname pada akhir tahun saja.

Atau jenis usaha yang dilakukan juga dapat membuat perbedaan periode stock opname. Perbedaan banyak atau sedikitnya bukanlah suatu masalah. Intinya tetap sama yaitu menghitung persediaan secara fisik.

Kendali ketersediaan barang ada di tangan Anda! Kelola dengan software inventory terbaik dari Jurnal

Tujuan Opnam Stok

Di atas telah dibahas bahwa stock opname sebenarnya tidak hanya dilakukan oleh perusahaan manufaktur. Stock opname juga dapat dilakukan untuk akun-akun seperti kas, piutang, utang dan aktiva lainnya. Beberapa tujuan dilakukannya stock opname yaitu sebagai berikut.

  1. Mencegah kerugian perusahaan karena kelalaian perhitungan.
  2. Mengetahui jumlah yang sebenarnya ada.
  3. Mengatur mutasi barang dari dan keluar perusahaan.
  4. Pengendalian internal.

Stock opname dilakukan oleh auditor bukan petugas pencatat persediaan. Sehingga hasil yang penghitungan akurat karena dilakukan oleh pihak independen.

Coba Fitur Laporan Keuangan dan Bisnis untuk keputusan bisnis lebih tepat dan cepat

Manfaat Stock Opname

Stock Opname perlu dilakukan oleh perusahaan secara teratur. Hal ini dikarenakan banyak manfaat yang akan didapatkan oleh perusahaan. Manfaat yang dapat diperoleh di antaranya:

  1. Mengetahui keakuratan perhitungan dengan cara mencocokan catatan pembukuan dengan stock barang yang ada.
  2. Membantu mencari harga pokok penjualan (HPP).
  3. Sebagai pembanding dengan data tahun sebelumnya atau dengan data perusahaan sejenis.
  4. Mengetahui keberadaan persediaan yang sebenarnya dimiliki.
  5. Mengidentifikasi kecurangan atau kelalaian yang terjadi perusahaan.
  6. Membantu dalam hal pengambilan kebijakan perusahaan.

Untuk membantu melakukan stock opname, Anda dapat menggunakan bantuan aplikasi gudang yang dibesut oleh Jurnal. Jurnal merupakan aplikasi stok gudang secara online berbasis Cloud yang dapat membantu Anda melakukan pencatatan persediaan dengan mudah, cepat, dan aman.

Dengan menggunakan fitur Manajemen Stok dari Jurnal, pengelolaan persediaan seperti menghitung jumlah persediaan, mutasi barang masuk dan keluar dapat dilihat kapan pun dan di mana pun.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo