Hampir seluruh Software Akuntansi sudah memakai fitur cloud melalui jalur internet, bahkan bagi bisnis kecil pun. Fitur cloud membuat seluruh aktivitas bisnis Anda dilakukan dan diproses secara online kapan pun dan di mana pun. Sementara Anda masih menggunakan Software Akuntansi konvensional, fitur cloud membuat segala lebih hemat dari segi waktu dan uang.

Apa itu Fitur Cloud dalam Software Akuntansi?

Kerangka kerja Software Akuntansi berbasis cloud kurang lebih sama seperti Mobile/Internet Banking. Anda mengakses data dari tempat penyimpanan data secara online dan Anda tidak perlu menyimpan dan lalu mengunduhnya secara manual. Semua pekerjaan akan disimpan dan diperbarui secara otomatis dan realtime dan dapat diakses melalui gadget atau smartphone, laptop, atau komputer hanya dengan syarat terhubung dengan internet. Anda tidak perlu lagi menyimpan data akuntansi secara manual di hard drive komputer.

Software Akuntansi Berbasis Cloud Menawarkan Harga yang Terjangkau

Dalam banyak kondisi, Software Akuntansi berbasis cloud terbilang lebih murah dan terjangkau dalam segi harga. Walaupun Tentu saja ada berbagai paket produk Software Akuntansi yang menawarkan dengan harga mahal, tetapi di antara paket-paket yang ditawarkan Anda masih bisa memilih paket yang murah dengan fitur yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Dengan sistem yang berbasis cloud, Anda tidak perlu khawatir untuk membeli lagi beberapa lisensi atau membuat jaringan perusahaan Anda agar semua karyawan khususnya bagian keuangan dapat mengakses Software Akuntansi yang Anda gunakan.

Menunjang Aksesibilitas dan Mobilitas

Sebagian besar paket Software Akuntansi berbasis cloud hadir dengan akses pengguna tak terbatas, walaupun ada beberapa vendor yang mengharuskan Anda untuk membayar pembaruan agar bisa diakses oleh jumlah pengguna yang tak terbatas. Namun vendor yang menawarkan akses yang terbatas itu pun rata-rata tetap memberikan akses kepada tiga sampai lima pengguna dan cukup bagi kebutuhan bisnis kecil atau menengah.

Dan dengan Software Akuntansi yang sudah terintegrasi dengan aplikasi di Gadget atau Smartphone Anda, ini akan sangat mempermudah mobilitas Anda. Sebagai contoh, Anda bisa membuat faktur dan menyimpan bukti pembayaran lewat kamera Smartphone Anda kapanpun dan di mana pun.

Bayangkan ketika Anda tidak memakai Software Akuntansi berbasis cloud? Anda memakai Software Akuntansi konvensional yang memerlukan backup data sesekali secara manual di Hard Drive komputer atau aplikasi cloud terpisah. Ketika terjadi bencana seperti server Internet tiba-tiba mati dan Anda lupa untuk melakukan backup data-data Anda,tentunya itu akan sangat merepotkan dan menghancurkan alur kerja akuntansi bisnis Anda.

Software Akuntansi berbasis cloud menghilangkan risiko-risiko yang terjadi seperti disebutkan di atas karena semua proses kerja akuntansi Anda di-backup secara otomatis. Walaupun Anda menemui permasalahan seperti tiba-tiba komputer kerja Anda rusak, Anda tidak perlu khawatir kehilangan data. Tingkat keamanan yang ditawarkan Software akuntansi berbasis cloud terbilang tinggi.

Intinya, menggunakan Software Akuntansi berbasis cloud memberikan manfaat yang signifikan bagi kebutuhan dan aktivitas bisnis Anda. Anda juga bisa melihat manfaat lain dari penggunaan Software Akuntansi di artikel ini. Salah satu vendor atau perusahaan Software Akuntansi yang sudah berbasis cloud dan menjadi rekomendasi bagi bisnis Anda adalah Jurnal. Dengan Jurnal, segala aktivitas pencatatan akuntansi Anda disimpan secara otomatis ke cloud dan secara realtime. Untuk penjelasan lebih detail mengenai produk Jurnal, silahkan klik di sini.