Sistem Informasi Akuntansi atau biasa disebut SIA merupakan topik yang penting untuk dipahami oleh Anda. Memiliki SIA yang efektif merupakan hal yang penting bagi organisasi atau entitas untuk keberhasilan jangka panjang. Tidak akan ada cara untuk memutuskan seberapa baik kinerja perusahaan tanpa menggunakan perangkat untuk mengawasi aktivitas-aktivitas yang terjadi. SIA merupakan salah satu alat yang dapat membantu Anda menilai kinerja perusahaan. Oleh karena itu penting bagi Anda memahami mengenai SIA.

 

Apa Itu SIA?

Sistem adalah rangkaian dari dua atau lebih komponen-komponen yang saling berhubungan, yang berinteraksi untuk mencapai tujuan. Sistem Informasi Akuntansi (SIA) merupakan organisasi formulir, catatan, dan laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan (Mulyadi,2001). SIA terdiri dari lima komponen, yaitu:

a. Orang-orang yang mengoperasikan sistem tersebut dan melaksanakan berbagai fungsi.

b. Prosedur-prosedur, baik manual maupun otomatis yang dilibatkan dalam mengumpulkan, memproses, dan menyimpan data tentang aktivitas-aktivitas organisasi.

c. Data tentang proses-proses bisnis organisasi.

d. Software yang dipakai untuk memproses data organisasi.

e. Infrastruktur teknologi informasi, seperti komputer, peralatan untuk komunikasi jaringan, dan peralatan pendukung lainnya

 

Fungsi SIA

Kelima komponen diatas memungkinkan SIA memenuhi tiga fungsi pentingnya didalam perusahaan/organisasi.

a. Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas-aktivitas yang dilaksanakan oleh organisasi, termasuk mengenai sumber daya yang dipengaruhi dan pelaku yang terlibat.

b. Mengubah data menjadi informasi yang berguna bagi pihak manajemen untuk membuat keputusan dalam aktivitas perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan.

c. Menyediakan pengendalian yang memadai untuk menjaga aset-aset organisasi, termasuk data organisasi, untuk memastikan bahwa data tersebut tersedia saat dibutuhkan, akurat, dan andal.

 

Manfaat SIA

Adapun manfaat sistem informasi akuntansi dalam dunia usaha sebagai berikut:

a. Memberikan informasi yang tepat.

b. Meningkatkan kualitas dan biaya produksi.

c. Meningkatkan efisiensi.

d. Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan.

e. Meningkatkan pengetahuan

 

Perusahaan membutuhkan SIA yang didesain dengan baik untuk memberikan informasi yang mereka butuhkan seperti untuk perencanaan, pengelolaan, pengendalian yang efektif untuk bisnis Anda. Selain itu SIA juga akan memberikan informasi yang dibutuhkan untuk mempersiapkan laporan keuangan.

Untungnya banyak sekali software akuntansi berbasis komputer yang tersedia sekarang yang dapat mendukung sistem informasi keuangan untuk bisnis Anda. Jurnal merupakan salah satu software akuntansi online yang dapat membantu Anda. Dengan menggunakan Jurnal data keuangan akuntansi tercatat dengan rapi, cepat, mudah, dan realtime. Sehingga secara tidak langsung perusahaan Anda memiliki sistem informasi akuntansi yang baik, rapi, dan kredibel. Dapatkan informasi tentang Jurnal lebih banyak di sini.