4 Cara Menyusun Anggaran Keuangan Perusahaan Manufaktur

 

Agar perusahaan dapat berjalan dengan baik kedepannya, maka sebuah perusahaan juga harus membuat perencanaan anggaran belanja yang nyata. Anggaran belanja dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengetahui pertumbuhannya. Selain itu, dengan melihat anggaran, kita juga dapat mengetahui apakah pengeluaran untuk belanja sejalan dengan pendapatan yang masuk dalam tahun berjalan. Karenanya, membuat perencanaan anggaran sebaiknya dibuat oleh pelaku usaha bahkan rumah tangga pun perlu membuat perencanaan anggarannya.

 

Anggaran belanja perusahaan adalah rencana yang disusun secara sistematis dan terukur dalam bentuk angka yang terdiri dari keseluruhan kegiatan perusahaan untuk suatu periode waktu tertentu. Anggaran belanja sering juga disebut dengan rencana keuangan, hal ini karena bentuk anggaran belanja dibuat dalam bentuk angka atau satuan moneter.

 

Untuk membuat anggaran belanja, Anda memerlukan kecermatan dan ketelitian. Semenatara data atau informasi yang digunakan yakni dapat diambil dari catatan neraca kas yang ada di perusahaan.

 

Pada umumnya, proses penyusunan anggaran keuangan bisnis satu dengan bisnis lainnya sama. Hanya akan ada sedikit penyesuaian saja untuk kegiatannya. Lalu bagaimana menyusun anggaran belanja untuk perusahaan manufaktur? Berikut langkah menyusun anggaran yang baik dan benar:

 

Penentuan Pedoman Anggaran

Langkah pertama yaitu menentukan pedoman anggaran, pedoman ini dapat Anda buat berdasarkan anggaran belanja selama satu tahun sebelumnya dengan penyesuain kegiatan tahun anggaran berikutnya. Anggaran belanja sebaiknya dibuat dan di siapkan beberapa bulan sebelum tahun anggaran baru dimulai. Pada tahap ini, peran manajemen puncak akan sangat berpengaruh. Manajemen puncak dapat menetapkan rencana perusahaan sebagai dasar untuk menyusun anggaran belanja. Adapun rencana tersebut sebaiknya juga meliputi tujuan, asumsi, dan manfaat dari anggaran yang akan dibuat. Selain itu, manajemen puncak juga harus membentuk panitia untuk menyusun anggaran belanja sehingga tugas dan tanggung jawab akan jelas.

 

Persiapan Anggaran

Persiapan anggaran tidak hanya dilakukan oleh manajemen puncak dan staf bagian akuntansi saja tetapi semua divisi yang ada di perusahaan juga harus berperan. Pada tahap ini kerjasama yang solid dari semua pihak akan sangat membantu untuk berjalannya kegiatan.

 

Penentuan Anggaran

Langkah berikutnya setelah langkah satu dan dua adalah menentukan anggaran. Untuk menentukan anggaran, ada tiga kegiatan yang perlu dilakukan. Pertama, setiap karyawan dalam setiap divisi merundingkan hasil persiapan yang sudah dilakukan. Anggaran yang dibuat sebaiknya mengakomodasi semua kebutuhan. Kedua, melakukan koordinasi dan penelaahan komponen anggaran belanja yang sudah dibuat. Ketiga, mengesahkan dan mendistribusikan anggaran secara merata keseluruhan divisi. Namun, sebelum disahkan, direksi dan manajemen harus melakukan uji kelayakan dan mengkaji anggaran belanja yang telah dibuat apakah wajar dan sesuai dengan kebutuhan divisi.

 

Pelaksanaan Anggaran

Tahap terakhir dalam menyusun anggaran yaitu melaksanakan anggaran tersebut. Tahap ini merupakan keputusan akhir yang harus dibuat. Setelah rencana sudah di acc atau di-aproved oleh dewan direksi, maka artinya setiap divisi mulai melaksanakan anggaran belanja yang sudah dibuat. Sementara, manajer akan mengawasi dan melaporkan kepada direksi apakah sesuai dengan perencanaan atau tidak.

Itulah keempat langkah yang harus Anda buat untuk menyusun anggaran belanja perusahaan. Untuk menyusun anggaran belanja perusahaan, Anda kini dapat menggunakan Jurnal. Dengan fitur Manajemen Anggaran, Anda dapat membuat rencana keuangan secara sistematis yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan yang berlaku dalam jangka waktu tertentu dan untuk masa yang akan datang. Anda juga dapat membandingkan anggaran yang telah Anda buat dengan transaksi rill pada laporan Anggaran Laba Rugi. Jurnal juga menyediakan fitur lainnya yang memudahkan Anda dalam mengelola keuangan bisnis, seperti pembuatan faktur secara otomatis, pelacakan ketersediaan barang, manajemen stok, cashlink, membuat laporan keuangan dengan instan, dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang Jurnal, bisa Anda dapatkan di sini.


PUBLISHED14 Nov 2018
Witdya Pangestika
Witdya Pangestika

SHARE THIS ARTICLE: