Jurnal Enterpreneur

Kelebihan Sistem Ekonomi Komando Serta Dampaknya Terhadap Masyarakat dan Negara

Sistem ekonomi komando adalah sistem ekonomi dimana negara atau pemerintah memegang kendali penuh terhadap semua aktivitas ekonomi yang berlangsung di pasar dalam suatu negara.

Jadi pada sistem ekonomi komando, sumber daya, baik produksi dan modal dikuasai oleh pemerintah. Sistem ekonomi komando biasanya juga disebut sistem ekonomi terpusat atau terpimpin atau sosialis.

Setiap negara memiliki sistem ekonomi yang berbeda. Hal tersebut dipengaruhi oleh banyak hal seperti faktor budaya, luas wilayah, demografis, jumlah penduduk, dan sistem yang dianut oleh masyarakat. Adapun negara yang konsisten menggunakan sistem ekonomi komando yaitu Korea Utara, Kuba, Cina, dan Vietnam.

Sistem ekonomi komando juga memiliki kelebihan dibandingkan dengan sistem ekonomi lain. Agar lebih mudah memahaminya, berikut ulasan mengenai kelebihan sistem ekonomi komando dan dampaknya bagi masyarakat serta negara.

Baca juga : Pengertian, Fungsi, dan Macam-Macam Sistem Ekonomi

Mengurangi Pengangguran


Dengan menganut sistem ekonomi komando, pengangguran dalam suatu negara juga dapat diminimalisasi. Hal ini karena pemerintah yang memegang kendali dari semua faktor produksi dan sumber daya. Sebagai contoh, di Korea Utara, karyawan BUMN merupakan warga negara sendiri.

Dengan demikian masyarakat tidak perlu khawatir untuk memperoleh pekerjaan, karena pemerintahnya akan membuka kesempatan untuk bekerja di perusahaan-perusahaan milik pemerintah.

Tanggung Jawab Perekonomian Pada Pemerintah

Bantu UKM Hadapi Krisis, Pemerintah RIlis Stimulus KUR dan UMi
Seperti pengertian yang sudah disebutkan di atas, pemerintah memiliki kendali penuh atas ekonominya, sehingga pemerintah sangat bertanggung jawab atas apa yang ada dalam perekonomian negara tersebut.

Pemerintah yang mampu berinovasi dengan kebijakannya dapat menjaga stabilitas dan memajukan perekonomian negaranya. Dalam sistem ini, pemerintah juga memiliki tujuan untuk mengendalikan perekonomian untuk mencapai kesejahteraan warganya.

Baca juga : Sistem Ekonomi Campuran: Komponen, Keuntungan dan Kerugian

Jaminan Kepada Masyarakat

bisnis francise
Kemakmuran masyarakat pada negara yang menganut sistem ini akan terjamin. Seperti yang diketahui, sumber daya dan faktor produksi dikuasai oleh pemerintah, sehingga pemerintah dapat membuat produk dan jasa yang dibutuhkan oleh warga negara.

Kemudahan Pemerataan & Pengendalian Harga

Mengenal Lebih Dekat Tentang Penentuan Harga Pokok Produksi
Karena sistem ekonomi dikendalikan pemerintah, maka harga produk dan jasa akan dikendalikan dengan mudah. Pengusaha atau pihak lain tidak dapat menaikkan harga dengan sembarangan, hanya untuk mendapatkan keuntungan. Maka dari itu, harga akan stabil dan permintaan ekonomi juga dapat dicapai dengan mudah.

Inflasi Mudah Dikendalikan

faktor inflasi
Inflasi pada negara yang menganut sistem ekonomi komando akan relatif stabil dan mudah untuk dikendalikan. Hal ini dikarenakan, dengan sistem ini, negara akan jarang mengalami krisis. Selain itu adanya produksi dan distribusi yang berjalan lancar juga akan memengaruhi nilai mata uang negara tersebut di mata negara lain.

Pasar Dalam Negeri Akan Berjalan Lancar

Adanya wewenang yang penuh kepada pemerintah memungkinkan pemerintah membuat aturan pasar dalam negeri secara leluasa. Tentu saja, pemerintah yang menganut sistem ini akan memproduksi barang untuk dijual dalam negeri dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat, namun tetap mendapatkan keuntungan.

Negara-negara yang menggunakan sistem ini akan jarang melakukan impor, sehingga pasar barang dalam negeri akan berjalan dengan lancar.

Baca juga : Dampak Kesalahan Pencatatan Akuntansi Persediaan Terhadap Laporan Keuangan

Beberapa kelebihan sistem ekonomi komando tersebut diharapkan dapat menambah pengetahuan Anda mengenai sistem ekonomi. Kelebihan yang ada tentu memiliki pengaruh yang baik untuk meningkatkan kesejahteraan warga negara dan negaranya.

Namun, jangan lupa sistem ekonomi komando juga mempunyai kelemahan yang perlu Anda perhatikan juga.

Selain dampak pada warga negara, sistem ekonomi pasti juga berdampak pada perusahaan swasta di negara tersebut. apapun sistemnya perusahaan harus beradaptasi dengan regulasi ekonomi negara, salah satunya dengan cara memanfaatkan teknologi untuk mengelola bisnis lebih efektif.

Kesimpulan

Aplikasi keuangan adalah salah satu yang memiliki pengaruh besar atas efektifitas kinerja perusahaan, contohnya adalah Jurnal by Mekari.

Manfaat aplikasi akuntansi seperti Jurnal adalah untuk memudahkan dalam mengelola laporan keuangan bisnis secara cepat, aman dan otomatis dengan beragam fitur yang disediakan, seperti aplikasi stok barang sederhana.

Jurnal by Mekari sebagai program akuntansi online yang mengutamakan kemudahan dan efisiensi juga dapat diakses kapan saja dan di mana saja dengan praktis di berbagai platform dan gadget. Menarik bukan? Nikmati kesempatan free trial selama 14 hari sekarang!

 

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo