Joint venture adalah bentuk gabungan dari beberapa perusahaan yang berkerja sama dan menjadi satu perusahaan untuk mencapai konsentrasi kekuatan ekonomi tanpa melihat besar atau kecilnya modal. Kepengurusan joint venture dipimpin oleh Dewan Direktur yang dipilih oleh para pemegang saham, dan pendiriannya harus mempunyai bentuk hukum PT (Perseroan Terbatas).

Menurut pasal 8 ayat (1) SK Menteri Negara Penggerak Dana Investasi/Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal Nomor: 15/SK/1994 tentang Ketentuan Pelaksanaan Pemilikan Saham dalam Perusahaan yang Didirikan dalam Rangka Penanaman Modal Asing, yang wajib mendirikan perusahaan Joint Venture adalah bidang-bidang usaha seperti pelabuhan, produksi, transmisi dan distribusi tenaga listrik untuk umum, telekomunikasi, pelayanan, penerbangan, air minum, kereta api umum, pembangkit tenaga atom, dan juga media masa.

 

Ciri-Ciri  Perusahaan Joint Venture

Ciri-ciri dari gabungan perusahaan atau joint venture ini diantaranya meliputi:

  1. Perusahaan baru yang didirikan oleh beberapa perusahaan lain secara bersama-sama.

  2. Di Indonesia, joint venture merupakan kerjasama antara perusahaan domestik dan asing.

  3. Modalnya berupa saham yang diperoleh atau disediakan oleh perusahaan pendiri dengan perbandingan tertentu dari setiap perusahaannya.

  4. Kekuasaan dan hak suara didasarkan pada banyak saham masing-masing perusahaan pendiri.

  5. Kekuasaan dan hak suara didasarkan pada banyak saham masing-masing perusahaan pendiri.

  6. Perusahaan pendiri joint venture tetap memiliki eksistensi dan kebebasan masing-masing.

  7. Risiko ditanggung secara bersama-sama antara masing-masing partner melalui perusahaan yang berlainan.

 

Kelebihan Joint Venture

Kelebihan dari Joint Venture diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Perusahaan rekanan lokal lebih memahami tentang keadaan lingkungan di mana perusahaan joint venture didirikan seperti adat istiadat, kebiasaan, dan lembaga kemasyarakatan dilingkungan setempat.

  2. Perusahaan rekanan lokal mungkin memilki teknologi yang cocok untuk lingkungan setempat.

  3. Akses ke pasar modal negara tuan rumah dapat dipertinggi oleh hubungan dan reputasi rekanan perusahaan lokal.

 

Metode Akuntansi Untuk Joint Venture

Pada prinsipnya ada dua metode akuntansi yang digunakan pada perusahaan joint venture, yaitu pembukuan keuangan terpisah dan tidak terpisah pada masing-masing anggotanya:

a. Pembukuan terpisah dari keuangan masing-masing anggota.

Rekening-rekening untuk setiap transaksi dalam metode akuntansi pembukuan terpisah ini akan dicatat dan diselenggarakan pembukuan secara terpisah terhadap aktiva joint venture. Adapun transaksi keuangan yang tercatat di dalam metode akuntansi joint venture ini meliputi aktiva, utang, pendapatan, biaya-biaya, dan modal yang diselenggarakan untuk tiap anggota.

b. Pembukuan bersama dari keuangan masing-masing anggota.

Rekening-rekening untuk setiap transaksi dalam metode akuntansi joint venture ini akan dicatat di dalam buku keuangan yang sama dari masing-masing anggota atau digabung. Dalam metode ini, joint venture tidak menyelenggarakan akuntansi secara tersendiri.

 

Proses pembukuan maupun laporan keuangan dalam sebuah perusahaan joint venture sangatlah penting, mengingat adanya beberapa perusahaan yang terlibat didalamnya. Menyediakan sebuah laporan keuangan secara baik dan akurat menjadi sebuah kebutuhan utama mengingat laporan tersebut adalah sebuah bentuk pertanggungjawaban bersama.

 

Untuk mempermudah pencatatan keuangan maupun laporan keuangan dalam sebuah perusahaan joint venture, maka ada baiknya menggunakan Jurnal sebagai software akuntansi online. Jurnal menggunakan sistem penyimpanan berbasis Cloud sehingga semua data keuangan akan tersimpan secara aman tanpa takut kehilangan.

 

Di samping itu, semua data yang tersimpan dalam Jurnal, otomotis akan ter-update secara instan jika ada pencatatan transaksi baru . Anda bahkan bisa berbagi secara langsung dengan rekanan bisnis joint venture yang Anda kehendaki untuk selalu memantau laporan keuangan bersama.

Saat ini Jurnal memberikan penawaran menarik berupa free trial selama 14 hari serta varian harga yang dapat disesuaikan kebutuhan usaha Anda jika masa trial telah habis. Dapatkan informasi lengkap tentang Jurnal, di sini.