Melakukan Analisis SWOT perusahaan tidak serumit yang Anda bayangkan. Justru dengan melakukan hal tersebut, Anda ditantang untuk memikirkan strategi baru untuk bisnis Anda dan tentunya akan mengasah skill dan intuisi Anda dalam berbisnis.

 

Definisi Analisis SWOT Perusahaan

SWOT merupakan akronim dari Strength, Weakness, Opportunity, dan Threats. Jika diartikan, Analisis SWOT adalah kegiatan mengorganisir dan menganalisa kekuatan (Strength), kelemahan (Weakness), kesempatan (Opportunity), dan ancaman (Threats) yang dialami oleh bisnis Anda.

 

Jika dipecah, unsur kekuatan dan kelemahan bersifat internal bagi perusahaan (seperti: reputasi bisnis, hak paten, lokasi pabrik). Anda masih dapat mengaturnya dari waktu ke waktu. Namun, peluang dan ancaman bersifat eksternal (seperti: pemasok, kompetitor, harga pasar), suka atau tidak, faktor eksternal seperti hal tersbebut sangat sulit untuk Anda atur karena sifatnya yang fleksibel dan berfluktuatif dari waktu ke waktu.

 

Bisnis apapun dapat menggunakan analisis SWOT kapan saja untuk menilai kondisi lingkungan yang berubah-ubah dan meresponnnya secara proaktif. Bahkan, disarankan melakukan pertemuan peninjauan strategi perusahaan setidaknya sekali setahun yang dimulai dengan analisis SWOT perusahaan.

 

Bagaimana Cara Menggunakan Analisis SWOT Perusahaan?

Bisnis yang baru dibangun harus menggunakan analisis SWOT sebagai bagian dari proses perencanaan mereka. Tidak ada istilah "satu ukuran cocok untuk semua”. Dengan mengimplementasikan analisis SWOT, Anda dapat menempatkan bisnis Anda di jalur yang benar dan menyelamatkan bisnis Anda dari berbagai permasalahan di kemudian hari.

 

Untuk mendapatkan hasil yang komprehensif dan obyektif, analisis SWOT paling baik dilakukan oleh sekelompok orang dengan perspektif yang berbeda di perusahaan Anda. Jajaran Manajemen, Bagian Penjualan, Customer Service, dan bahkan pelanggan pun dapat berkontribusi untuk menyumbangkan ide. Selain itu, proses analisis SWOT adalah peluang untuk menyatukan tim Anda dan mendorong partisipasi serta kepatuhan mereka terhadap strategi yang direncanakan perusahaan Anda.

 

Analisis SWOT biasanya dilakukan dengan menggunakan Four-Square SWOT Analysis Template. Tetapi Anda juga bisa membuat daftar sendiri untuk setiap kategori. Gunakan personalisasi metode Analisis SWOT Anda sendiri untuk mempermudah Anda memahami dan mengimplementasikannya.

 

Pertanyaan yang Muncul Ketika Melakukan Analisis SWOT Perusahaan

Dalam menggunakan Analisis SWOT Perusahaan, Anda bisa membuat daftar pertanyaan dari tiap keempat unsur SWOT. Berikut contoh daftar pertanyaan yang bisa Anda buat dari tiap penjelasan masing-masing unsur Analisis SWOT:

a. Strength (Bersifat internal, faktor positif)

Strength atau Kekuatan menjelaskan atribut positif baik yang berwujud dan atau tidak berwujud di dalam lingkungan internal perusahaan Anda. Unsur ini masih berada dalam kendali Anda. Pertanyaan-pertanyaannya adalah sebagai berikut:

– Sumber internal apa saja yang perusahaan Anda miliki? Jika pemaknaannya kepada Sumber Daya Manusia (SDM), Anda bisa mempertimbangkan hal-hal terkait berikut ini: Atribut positif dari tiap SDM, seperti pengetahuan, latar belakang, jaringan, reputasi, dan skill yang dimiliki.

Aset berwujud perusahaan yang dimiliki? Seperti modal, obligasi, pelanggan reguler, dan aset berwujud lainnya.

Keunggulan (Competitive Advantage) apa yang perusahaan Anda miliki dibandingkan dengan kompetitor lain?

– Apakah perusahaan Anda memiliki fasilitas pabrik dan lini R&D (Research and Development) yang mumpuni?

– Apa aspek positif internal lainnya yang sekiranya bisa menambah nilai dan keunggulan perusahaan Anda?

b. Weakness (Bersifat internal, faktor negatif)

Kelemahan adalah unsur yang mengurangi nilai yang Anda tawarkan atau mengurangi kerugian kompetitif (Competitive disadvantage). Anda perlu meninjau baik-baik area ini agar dapat bersaing dengan kompetitor-kompetitor Anda.

– Faktor apa saja yang menyebabkan perusahaan Anda terhambat untuk mendapatkan atau mempertahankan keunggulan kompetitif?

– Bidang atau bagian organisasi apa yang perlu ditingkatkan untuk mencapai tujuan Anda dan bersaing dengan kompetitor-kompetitor Anda?

– Apa kekurangan bisnis Anda? (misalnya, skill, keterampilan, atau teknologi).

– Apakah bisnis Anda memiliki sumber daya yang terbatas?

– Apakah bisnis Anda berada di lokasi yang kurang strategis?

c. Opportunity (Bersifat eksternal, faktor positif)

Peluang adalah faktor-faktor eksternal yang bisa menjadi penentu kesuksesan bisnis Anda.

– Peluang apa saja yang ada di target pasar Anda atau seperti apa lingkungan yang dapat Anda manfaatkan?

– Apakah persepsi pelanggan terhadap bisnis Anda positif?

– Apakah dalam waktu dekat ada potensi pertumbuhan pasar atau apakah ada perubahan-perubahan kondisi pasar yang menciptakan peluang?

– Seberapa besar sinyal peluang Anda muncul? Atau dengan kata lain, seberapa kritis timing peluang Anda muncul?

d. Threats (Bersifat eksternal, faktor negatif)

Ancaman mencakup faktor eksternal di luar kendali Anda yang dapat menempatkan kondisi bisnis Anda berada dalam bahaya. Anda tidak memiliki kendali atas hal ini, tetapi Anda dapat mengambil manfaat dengan memiliki rencana cadangan untuk mengatasinya.

– Siapa saja kompetitor Anda?

– Faktor apa yang berada di luar kendali Anda dan dapat menempatkan bisnis Anda dalam bahaya?

– Adakah tantangan yang disebabkan oleh kecenderungan atau perkembangan tren pasar yang tidak menguntungkan dan dapat menyebabkan menurunnya pendapatan atau laba?

– Situasi seperti apa yang mungkin mengancam usaha pemasaran Anda?

– Apakah ada perubahan signifikan dalam harga yang ditawarkan pemasok atau ketersediaan bahan baku?

– Bagaimana dengan perubahan perilaku konsumen, ekonomi, atau peraturan pemerintah yang dapat mengurangi tingkat penjualan Anda?

– Apakah teknologi yang memroduksi barang, peralatan, atau jasa telah usang atau kedaluwarsa?

Melalui daftar pertanyaan dari tiap unsur Analisis SWOT perusahaan, diharapkan Anda bisa merangkum dan mengevaluasi kebutuhan perusahaan Anda agar bisa bertahan dan terus berkembang. Selain faktor internal yang bisa dikendalikan dari Analisis SWOT, Strength dan Weakness, Anda tidak boleh melupakan langkah untuk mengoptimalkan kondisi keuangan Anda. Dengan Jurnal, Anda bisa melakukan Analisis Laporan Keuangan sebagai bahan dasar pembuat keputusan berdampingan dengan Analisis SWOT. Jurnal adalah software akuntansi online yang menawarkan fitur-fitur pelaporan keuangan berdasarkan standar akuntansi yang berlaku. Informasi lengkap mengenai Jurnal, silakan klik di sini.

Author