Jurnal Enterpreneur

Hindari 5 Kesalahan Berikut Ini Agar Bebas dari Kegagalan Bisnis Properti

 

Bisnis properti adalah salah satu bidang bisnis yang sangat menarik banyak orang karena menjanjikan keuntungan yang besar. Namun, di balik keuntungan besar yang menjanjikan tersebut,  pada kenyataannya menjalankan bisnis properti bisa dibilang susah-susah gampang dan memiliki risiko keuangan yang tinggi. Banyak pengusaha properti yang pada akhirnya terpaksa gulung tikar dengan menanggung beban utang ratusan juta karena melakukan kesalahan dalam menjalankan bisnis tersebut. Berikut 5 kesalahan dalam bisnis properti yang sering dilakukan dan menyebabkan kebangkrutan.

 

Pemilihan Lokasi yang Kurang Tepat

Posisi memengaruhi prestasi. Lokasi bisnis akan berpengaruh pada sukses atau tidaknya sebuah bisnis, tak terkecuali bisnis properti. Banyak sekali pengembang properti yang mengalami rugi besar karena salah dalam menentukan lokasi pembangunan properti. Agar tidak terjerat dalam kesalahan fatal ini, cobalah cari tahu apa saja fasilitas-fasilitas umum yang dekat dengan area properti yang ingin Anda dirikan, serta kenali beberapa rencana pembangunan fasilitas umum ke depan yang akan membantu nilai properti Anda meningkat. Jangan hanya terpengaruh dengan harga tanah yang murah namun tidak memiliki nilai komersial yang tinggi.

 

Kredit Over Time

Kredit over time merupakan situasi di mana seorang pengembang gagal melakukan pembayaran kredit atau utang. Akibat terburuk dari adanya kredit over time ini, Anda terpaksa harus mengalihkan properti yang tengah dikembangkan tersebut ke pihak bank. Jika hal ini sampai terjadi, Anda adalah pihak yang sangat dirugikan. Maka dari itu, perhatikanlah kondisi keuangan Anda apabila ingin memulai bisnis properti. Karena bisnis properti membutuhkan modal yang cukup besar maka lakukan perencanaan keuangan dengan baik dan tepat.

 

Waktu Pembangunan Tidak Sesuai Rencana

Waktu perencanaan pembangunan sebuah properti yang tidak sesuai rencana atau lebih lama dari estimasi perkiraan akan memberi kerugian dari dua sisi, yaitu sisi konsumen maupun sisi pemilik bisnis properti itu sendiri. Dari sisi konsumen, adanya keterlambatan pembangunan akan membuat mereka kehilangan kesempatan untuk lebih cepat menempati hunian yang sudah mereka inginkan. Sedangkan dari sisi pengembang, keterlambatan ini dapat menghabiskan lebih banyak biaya, juga akan menghilangkan kredibilitas atau kepercayaan dari seorang konsumen kepada bisnis propertinya. Selain itu, timbulnya promosi negatif dari seorang konsumen yang kecewa akan membuat bisnis properti tersebut akan masuk dalam daftar hitam calon konsumen yang lain.

 

Tidak Mengutamakan Kualitas

Kesalahan lain yang sering terjadi dalam dunia properti adalah kualitas bangunan yang rendah akibat dari target keuntungan yang tinggi. Kualitas bangunan yang rendah ini adalah masalah serius, karena sebuah rumah atau properti adalah investasi jangka panjang yang seharusnya diiringi dengan kualitas yang baik. Tanpa adanya kualitas yang baik, maka sebuah bangunan akan rentan untuk mengalami kerusakan secara cepat yang berdampak pada kekecewaan konsumen dan tingkat kepercayaan yang rendah.

 

Kurang promosi

Dalam bisnis properti, promosi menjadi hal yang sangat berpengaruh dalam penjualan. Mulai dari promosi lewat spanduk, baliho, hingga online menjadi cara terbaik dalam meningkatkan penjualan properti. Oleh karen itu, kurang melakukan promosi yang menarik pelanggan, dapat membuat bisnis properti menjadi gagal dan hancur berantakan. Jadi, cobalah buat berbagai macam promosi menarik seperti cashback puluhan juta rupiah hingga bunga cicilan rendah demi menarik minat pembeli.

 

Agar terhindar dari 5 kesalahan di atas terutama pada poin no 2 tentang kredit over time, maka ada baiknya selama menjalankan bisnis properti, setiap pengusaha memiliki pengelolaan keuangan yang baik dan terencana. Jurnal software akuntansi online membantu Anda untuk selalu memiliki perhitungan dan perencanaan yang baik dalam keuangan bisnis. Dengan sistem akuntansi tepercaya dan fasilitas konsultan keuangan yang dimiliki software akunting Jurnal, semua masalah keuangan bisa Anda rencanakan dengan baik tanpa harus kehilangan banyak biaya. Dapatkan semua informasi tentang Jurnal di sini, dan dapatkan kesuksesan dalam bisnis properti Anda.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo