Kiat pemasaran dalam bisnis jasa terkadang bisa lebih menantang daripada pemasaran dalam bisnis produk atau ritel. Anda tidak menjual sesuatu yang terlihat “nyata” (tangible). Anda sebenarnya menjual sesuatu yang bersifat intangible. Maka dari itu, penting dan tidak bisa diremehkan dalam membangun suatu strategi pemasaran bisnis jasa.

 

Membangun User Experience Lewat Pemasaran

Ketika melakukan pemasaran dalam bisnis jasa secara efektif diharapkan akan menciptakan pengalaman pelanggan (User Experience) yang baik dan sangat penting untuk menarik banyak pelanggan. Pengalaman berbisnis Anda jelas memiliki dampak pada nilai layanan yang Anda berikan dan meminimalisasi risiko yang terjadi.

 

Tujuan Anda adalah untuk mengidentifikasi masalah atau penyakit yang berada dalam tubuh bisnis jasa Anda dan secara efektif menunjukkan kepada mereka bagaimana pelayanan Anda memecahkan masalah atau titik penyakit tersebut. Tantangan dan tugas Anda adalah untuk mensimulasikan dan menciptakan User Experience melalui kampanye pemasaran Anda untuk menangkap perhatian mereka.

 

Pertanyaan besarnya adalah User Experience seperti apa yang membuat pelanggan Anda merasa nyaman? Hal ini harus dipertimbangkan secara masak dan tentunya terhubung dengan sebuah relasi dan nilai. Jika Anda dapat menggunakan upaya pemasaran Anda untuk menunjukkan tidak hanya pengalaman itu, tetapi mengapa layanan yang Anda tawarkan lebih baik daripada yang lain di pasar, Anda dapat melihat banyak keberhasilan dalam upaya pemasaran Anda.

 

Pentingnya Peran Pemasaran & Customer Service

Bisnis jasa cenderung memiliki reputasi yang dibangun oleh pihak pemasaran dan customer service Anda. Pihak-pihak tersebut memiliki kemampuan untuk membuat atau bahkan menghancurkan reputasi bisnis Anda. Lebih sulit untuk mengontrol kerugian bisnis jasa, yang berarti Anda harus selalu siap siaga terhadap jasa yang Anda berikan dan sebisa mungkin pertahankan reputasi bisnis Anda agar tetap tidak tercemar. Karena bisa jadi satu ulasan buruk dari pelanggan bisa membuat bisnis Anda tidak berjalan lancar.

 

Karakteristik Sederhana dari Bisnis Jasa

Konsumen sering merasa lebih sulit untuk membandingkan bisnis Anda dengan kompetitor lain karena mereka tidak dapat menyentuh atau merasakan bentuk produk seperti pada bisnis penjualan produk pada umumnya. Tetapi poin pentingnya adalah Anda harus membuat mereka percaya bahwa jasa yang Anda berikan sesuai seperti yang Anda janjikan, sesuai dengan slogan atau pesan yang Anda komunikasikan lewat usaha promosi Anda.

 

Jasa tidak dapat diretur. Jika suatu jasa dibeli tetapi tidak memenuhi harapan konsumen, mereka tidak dapat mengembalikan atau menukarnya seperti yang bisa dilakukan oleh bisnis produk. Kegagalan layanan yang disebabkan oleh tidak memberikan kepuasan pelanggan akan mengorbankan waktu dan kepercayaan konsumen.

 

Penuhi 7 Kondisi dalam Memasarkan Bisnis Jasa

Perlu diingat bahwa di dalam pemasaran konvensional terdapat empat kondisi yang harus dipenuhi, yaitu: Produk, Harga, Tempat, dan Promosi. Namun, ketika berada di dalam kondisi pemasaran bisnis jasa, terdapat tiga kondisi tambahan yang harus dipenuhi, yaitu:

a. SDM (Sumber Daya Manusia)

SDM yang Anda miliki dan terlibat langsung di bagian pemasaran atau Customer Service menjadi unsur yang penting karena unsur tersebut dapat menambahkan nilai yang signifikan pada penawaran jasa Anda. SDM mengomunikasikan dan menjual jasa dan bisa membuat atau menghancurkan usaha pemasaran jasa yang Anda tawarkan. Kesimpulannya, SDM yang berurusan dengan penjualan dan pemasaran menjadi “wajah” bagi bisnis jasa Anda

b. Bukti Fisik

Jasa yang Anda tawarkan harus dikomunikasikan dan ditindaklanjuti secara baik dan benar. Anda menciptakan suatu User Experience, kepuasan atau kenyamanan yang Anda berikan kepada pelanggan tidak berwujud sehingga komunikasi dan dokumentasi bisa berupa ulasan pelanggan terhadap bisnis Anda adalah satu-satunya bukti fisik yang harus Anda bagikan untuk membangun citra positif bagi bisnis jasa Anda.

c. Alur Jasa

Prosedur dan alur kegiatan tentang bagaimana jasa Anda dikonsumsi merupakan elemen penting dari strategi pemasaran bisnis jasa Anda. Semuanya harus berjalan dengan lancar tanpa kendala untuk menjaga kepercayaan pelanggan Anda.

 

Dengan mengembangkan empat kondisi pemasaran konvensional dan meningkatkannya dengan menggunakan ketiga strategi pemasaran bisnis jasa di atas, bisa dikatakan Anda sukses dalam memasarkan bisnis jasa. Jika Anda menemukan bahwa Anda semakin terjebak dalam hal pemasaran layanan Anda, cobalah untuk menganggapnya sebagai produk. Hal ini sering kali dapat menempatkan kerangka kerja di sekitar pemasaran Anda dan membantu menerobos jalur pemasaran.

Jika strategi pemasaran bisnis jasa Anda sudah matang, maka berikutnya Anda harus membuat perencanaan dan pencatatan keuangan yang matang juga. Jangan sampai pencatatan transaksi jasa Anda terlihat berantakan dan tidak teroganisir dengan baik. Dengan Jurnal, segala masalah terkait akuntansi dan keuangan perusahaan Anda bisa teratasi. Jurnal adalah software akuntansi online yang memberikan fitur-fitur akuntansi secara lengkap dan komprehensif. Untuk melihat informasi lebih lanjut mengenai Jurnal, silahkan klik di sini.

Author