Cara Menganalisis Bukti Transaksi Akuntansi Secara Valid

Analisa bukti transaksi merupakan salah satu cara yang penting dalam rangkaian siklus terjadinya proses akuntansi. Dalam proses akuntansi, semua dituntut untuk bekerja dengan tepat, benar, dan harus dicatat sesuai dengan posisinya, apakah pada bagian debit atau kredit. Setiap terjadinya transaksi harus didukung dengan bukti yang kuat, sehingga tidak ada proses transaksi yang tidak memiliki bukti yang jelas sehingga menyebabkan transaksi akuntansi tidak tepercaya.

 

Dalam rangka melakukan proses analisis terhadap kegiatan akuntansi, ada beberapa macam tahapan yang harus dilakukan agar bukti transaksi akuntansi bisa dikatalan valid. Berikut tahapannya:

 

a. Identifikasi Keabsahan Fisik

Langkah pertama adalah melakukan identifikasi keabsahan fisik bukti transaksi. Setiap transaksi yang terjadi pasti memiliki bukti yang diterima oleh kedua pihak. Untuk bentuk buktinya sendiri, saat ini bisa dalam bentuk digital atau fisik (cetak). Jika perlu, lakukan cek antara kedua belah pihak intern dan pihak ekstern, karena saat ini zaman sudah canggih banyak bukti-bukti yang bisa dipalsukan oleh siapa saja.

 

b. Identifikasi Prosedur Transaksi

Langkah yang kedua adalah mengidentifikasi prosedur transaksi yang sudah ditetapkan apakah sudah sesuai atau belum. Biasanya dalam setiap prosedur transaksi ada bukti stempel atau tanda tangan seseorang jika sudah melewati setiap tahap. Jika tidak memenuhi prosedur yang telah ditetapkan Anda bisa memintanya mengulangi sampai benar sesuai dengan prosedur yang telah dibuat sebelumnya.

 

c. Menentukan Kebenaran Nilai Transaksi

Langkah yang terakhir setelah melakukan identifikasi bukti fisik dan prosedur adalah melakukan perhitungan nilai transaksi. Caranya dengan mengecek detail satu per satu dan melakukan penjumlahan ulang apakah ada kesalahan dalam penjumlahan atau tidak.

Demikianlah pembahasan mengenai cara melakukan analisis terhadap bukti transaksi akuntansi secara valid. Agar transaksi Anda aman, mulai sekarang Anda bisa berpindah dari yang manual menjadi sistem online dengan Jurnal. Selain sebagai software akuntansi online yang membantu Anda dalam masalah akuntansi, Jurnal juga memiliki Add-Ons atau aplikasi Jurnal Snap. Dengan Jurnal Snap, Anda dapat dengan mudah menyimpan seluruh bukti transaksi dengan mudah dan cepat. Daftarkan bisnis Anda sekarang dan nikmati free trial selama 14 hari.


PUBLISHED15 Apr 2018
Eril Obeit Choiri
Eril Obeit Choiri

SHARE THIS ARTICLE: