Sebuah bisnis atau perusahaan yang beroperasi pasti akan mengeluarkan biaya. Maka tidak heran jika dalam suatu bisnis terdapat berbagai macam jenis biaya. Sebagai seorang pengusaha, Anda juga perlu mengetahui berbagai jenis-jenis biaya. Dengan mengetahui klasifikasi biaya, tentu saja Anda dapat mengelola biaya dengan baik, sehingga operasional bisnis akan lebih efisien.

 

Biaya yang berhubungan dengan kegiatan operasional bisnis dikategorikan menjadi dua, yakni biaya variabel dan biaya tetap. Apakah Anda mengerti perbedaan antara biaya variabel dan biaya tetap? Terdapat beberapa cara untuk menentukan suatu biaya dikatakan biaya tetap atau biaya variabel, diantaranya:

 

Cost Behavior / Perilaku Biaya

Untuk menggambarkan apakah suatu biaya masuk dalam biaya variabel atau biaya tetap, Anda dapat melihatnya menggunakan perilaku biaya (cost behavior). Perilaku biaya membedakan biaya sebagai masukan aktivitas termasuk biaya variabel atau biaya tetap berdasarkan perubahan output aktivitasnya. Sehingga biaya tetap dan biaya variabel dapat didefinisikan sebagai berikut.

 

Biaya variabel adalah biaya yang jumlahnya membesar seiring dengan pertambahan volume produksi. Sementara, biaya tetap adalah biaya operasional perusahaan yang jumlahnya tidak berubah dalam kondisi bisnis yang stabil. Dengan kata lain, biaya variabel akan berubah sejalan dengan perubahan aktivitas tetapi biaya tetap ini nilainya konstan, tidak berubah.

 

Periode Waktu

Periode waktu juga dapat Anda gunakan untuk menentukan mana biaya variabel atau biaya tetap. Pada ilmu ekonomi, untuk jangka panjang semua biaya adalah biaya variabel. Sedangkan untuk jangka pendek minimal satu biaya adalah biaya tetap. Perlu Anda ketahui juga, lamanya periode jangka pendek berbeda antara satu biaya dengan biaya lainnya, maka di sini ada judgement. Karena jangka waktu juga dapat dilihat dari proses kegiatan itu sendiri, yang mana mungkin tidak dapat disamakan dengan umumnya yang dilakukan oleh pihak lain.

 

Kapasitas Aktivitas

Kapasitas aktivitas adalah kemampuan dalam beraktivitas di mana kapasitas harus tersedia. Besarnya kapasitas yang dibutuhkan tergantung pada tingkat kinerja yang ada pada setiap aktivitas. Penggunaan aktivitas disamakan dengan penggunaan sumber daya. Penggunaan dan pengeluaran sumber daya dapat digunakan sebagai informasi untuk menentukan mana biaya tetap dan biaya variabel. Terdapat dua cara untuk mendapatkan sumber daya:

a. Pada saat digunakan

Untuk melakukan kegiatan operasionalnya sebuah perusahaan dapat menggunakan sumber daya dari luar perusahaan sesuai dengan yang dibutuhkan, baik waktu maupun jumlahnya sehingga di sini tidak diperlukan komitmen tentang jangka panjang. Ternyata hal ini membuat sumber daya yang disediakan sama dengan kuantitas yang dibutuhkan.

b. Sebelum digunakan

Untuk beberapa kondisi, untuk mendapatkan sumber daya dalam jumlah tertentu sebuah perusahaan biasanya harus membuat kesepakatan atau kontrak tanpa menghiraukan apakah sumber daya ada atau tidak.

 

Kesimpulan

Biaya tetap bersifat statis, biaya ini akan tetap dikeluarkan meskipun tidak melakukan aktivitas apapun ataupun melakukan aktivitas yang sangat banyak sekali. Biaya tetap dan unit produksi berhubungan timbal balik dengan aktivitas yang dilakukan. Jadi semakin banyak unit yang diproduksi atau semakin banyaknya aktivitas yang dilakukan maka biaya tetap per unit atau per aktivitas yang dilakukan akan semakin kecil jumlahnya. Berbeda dengan biaya tetap, biaya variabel bersifat dinamis dan memiliki hubungan searah atau berbanding lurus dengan jumlah unit yang diproduksi atau aktivitas yang dilakukan. Artinya, semakin banyak unit yang diproduksi atau aktivitas yang dilakukan maka biaya variabel yang dikeluarkan akan semakin besar.

Untuk memudahkan Anda menghitung dan mengelola semua biaya yang terjadi, Anda dapat menggunakan bantuan software akuntansi seperti Jurnal. Jurnal memiliki fitur pembiayaan yang memudahkan Anda mengatur semua biaya yang ada pada bisnis Anda, mengelola biaya, melacak bukti pembayaran, menjadwalkan pembayaran berulang, dan melihat kategori biaya menjadi mudah. Selain fitur pembiayaan, Jurnal juga memiliki fitur-fitur lain yang dapat membantu Anda mengelola keuangan perusahaan. Informasi lebih lengkap, klik di sini.