Kebutuhan dana sebagai penambah modal dalam suatu usaha, terkadang tidak bisa dihindari. Bank sebagai jasa penyedia dana yang bisa dirujuk, seringkali menjadi tujuan utama saat sebuah perusahaan membutuhkan tambahan modal usaha. Untuk memudahkan perusahaan  melakukan  peminjaman uang di Bank, ada beberapa syarat wajib yang harus diketahui. Di bawah ini akan kita diskusikan tentang apa saja syarat dan langkah-langkah peminjaman uang di Bank, agar permohonan kredit yang kita ajukan dapat diterima dan diproses secara cepat.

 

Syarat Meminjam Uang di Bank

Sebelum Anda mengajukan pinjam uang di bank, ketahui terlebih dahulu persyaratannya. Setiap bank biasanya memiliki persyaratan masing-masing. Secara umum, ini persyaratan pinjam uang di bank:

1. Usaha debitur sudah berjalan 3 tahun.

2. Usaha debitur tidak termasuk dalam jenis industri yang tidak dapat dibiayai berdasarkan kebijakan bank atau termasuk dalam target industri yang tidak dapat dibiayai berdasarkan kebijakan bank tersebut.

3. Debitur tidak termasuk dalam kategori debitur yang memiliki kredit bermasalah berdasarkan hasil pengecekan ke Bank Indonesia atau Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

4. Debitur tidak termasuk dalam daftar hitam Bank Indonesia atau Otoritas Jasa Keuangan.

5. Debitur tidak pernah mendapat pinjaman uang di bank yang bersangkutan yang tergolong bermasalah.

6. Debitur menyerahkan jaminan sesuai ketentuan jaminan yang dapat diterima di bank tersebut seperti tanah dan bangunan, tanah kosong, kendaraan, mesin, persediaan baranga dagangan, dan piutang dagang.

7. Debitur lolos dalam proses analisa kredit sesuai dengan kebijakan yang berlaku di bank tersebut.

8. Debitur biasanya diminta membuka rekening tabungan atau giro bisnis di bank yang meminjamkan uang.

 

Tahapan Peminjaman Uang  di Bank

Setelah mengetahui persyaratan umumnya, ikuti langkah-langkah cara meminjam uang di bank di bawah ini:

1. Isi form pengajuan pinjaman.

2. Siapkan dokumen-dokumen yang disyaratkan seperti di bawah ini:

3. Tunggu validasi data dari pihak Bank, di mana Anda akan dihubungi untuk melakukan cross check data dan analisa kredit.

4. Bila permohonan Anda telah berhasil divalidasi dan disetujui, dapatkan dana pinjaman di rekening Anda.

 

Untuk kredit modal kerja atau pinjaman modal usaha berjumlah besar, biasanya bank mensyaratkan jaminan tertentu. Berikut ini adalah dokumen-dokumen yang perlu Anda sediakan untuk jaminan tersebut.

Karena  salah satu syarat peminjaman adalah dengan menyertakan laporan keuangan usaha selama 3 tahun terakhir, maka ada baiknya sebuah perusahaan selalu mempersiapkan diri dengan memiliki laporan keuangan yang baik.

 

Jurnal software akuntansi online, adalah sebuah perusahaan digital yang bergerak di bidang akuntansi secara online, sehingga memudahkan usaha Anda untuk memiliki sebuah laporan keuangan di mana saja, kapan saja secara realtime dan instan. Dapatkan semua informasi tentang Jurnal dengan klik di sini, dan dapatkan kesempatan untuk memperoleh gratis coba layanan Jurnal selama 14 hari.

Jurnal juga bekerja sama dengan Bank BTPN untuk membantu Anda mendapatkan tambahan modal usaha dengan mudah, cepat, dan aman. Dengan mengajukan pinjaman modal usaha BTPN melalui Jurnal, Anda bisa mendapatkan tambahan modal hingga 5 miliar dengan bunga mulai dari 1%. Baca selengkapnya di sini.

Author