Jurnal Enterpreneur

Membuat Strategi Pemasaran yang Tepat dengan Marketing Mix

Apa itu yang dimaksud dengan strategi marketing mix dan pengertian marketing mix? Blog Jurnal By Mekari akan mengulasnya disini. Baca sampai selesai ya!

Marketing atau pemasaran merupakan salah satu unsur penting yang harus diperhatikan oleh suatu perusahaan.

Proses pemasaran inilah yang memastikan bahwa setiap produk dari perusahaan bisa sampai kepada konsumen.

Oleh karena itu, diperlukan strategi pemasaran khusus untuk memastikan bahwa perusahaan mendapatkan laba sesuai dengan yang diharapkan.

Menentukan strategi pemasaran sebenarnya mudah. Namun, Anda tidak boleh menggampangkan begitu saja.

Ingat, dalam dunia bisnis juga terdapat persaingan. Jika Anda tidak jitu dalam menentukan strategi pemasaran, para kompetitor mungkin akan diuntungkan oleh keputusan Anda.

Di tengah upaya melakukan pemasaran, Anda dapat menggunakan software akuntansi online Jurnal by Mekari yang bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal pada banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Apa itu yang dimaksud dengan strategi marketing mix dan pengertian marketing mix? Blog Jurnal By Mekari akan mengulasnya disini. Baca sampai selesai ya!

Untuk itu, diperlukan pertimbangan yang matang dan tepat saat membuat strategi pemasaran.

Salah satu  strategi marketing yang banyak digunakan adalah strategi marketing mix.

Strategi marketing mix dinilai membantu perusahaan memperoleh keuntungan yang maksimal.

Apa Itu Yang Dimaksud Dengan Pengertian Strategi Marketing Mix?

Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan tentang pengertian strategi marketing mix berikut ini.

Strategi Pemasaran dengan Marketing Mix

Menurut Kotler dan Amstrong, pengertian marketing mix adalah sekumpulan variabel pemasaran yang bisa digunakan oleh perusahaan untuk mengejar tingkat penjualan mereka.

Dengan kata lain, marketing mix merupakan strategi pemasaran yang menggabungkan elemen-elemen di dalam mix marketing itu sendiri dan dijalankan secara terpadu.

Marketing mix memiliki beberapa elemen, yang dikenal dengan sebutan 4P.

Bagi Anda yang bergerak di bidang pemasaran pasti tidak asing bukan? Ya, 4P adalah Product, Price, Promotion, Place.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman strategi mix marketing 4P ini sudah bertambah menjadi 7P.

Kelola bisnis trading dan distribusi secara efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Unsur 7P dalam Strategi Pemasaran

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, 7P merupakan tambahan dari 4P.

Adapun elemen dari marketing mix yaitu berikut :

  • Product (Produk)

Elemen pertama dari strategi pemasaran mix marketing adalah produk.

Anda harus menentukan produk atau jasa apa yang akan ditawarkan kepada konsumen di pasar.

Produk memiliki dua unsur yang perlu diperhatikan yaitu kualitas dan visual.

Anda harus memastikan kualitas dari produk Anda dengan baik, selain itu konsumen juga harus merasa membutuhkan untuk membeli produk atau jasa Anda tidak hanya sekedar tertarik.

Cara mudah yang dapat Anda lakukan yaitu dengan melakukan riset kecil ke target pasar.

Riset yang dilakukan pada strategi marketing mix dapat mencakup informasi respon pasar, keinginan konsumen, dan lain sebagainya.

Melalui informasi yang kita dapat dari riset, kita dapat membandingkan produk/jasa Anda dengan kompetitor, mengetahui kelebihan dan kekurangan produk Anda.

Setelah itu, Anda dapat melakukan evaluasi untuk meningkatkan mutu produk dan jasa Anda, mencocokan produk dengan keinginan dan kebutuhan konsumen, dan memberikan gambaran prospek produk dimasa yang akan datang.

Kendali ketersediaan stok barang ada di tangan Anda! Kelola dengan software produk dan inventory Jurnal

  • Price (Harga)

Terkait dengan harga, Anda perlu mempertimbangkan jumlah biaya yang telah dikeluarkan untuk mendapatkan kombinasi antara barang dan pelayanan yang akan diberikan kepada konsumen.

Dalam menentukan harga dari produk, Anda harus menghitungnya berdasarkan dengan biaya produksi, modal, dan tambahkan keuntungan beberapa persen.

Harga jual harus sesuai dengan harga pasar, tidak terlalu tinggi dan tidak juga terlalu rendah.

Hal ini untuk mencegah terjadinya kebangkrutan tentunya.

Jika Anda ingin menjual dengan harga yang lebih tinggi, berikan perbedaan yang mencolok dibandingkan kompetitor Anda, seperti kualitas, varian.

Sehingga konsumen merasa “worth it” dengan harga dari produk.

Baca Juga : 10 Jenis Strategi Pemasaran Efektif di Era Digital

  • Promotion (Promosi)

Bagaimana agar produk atau jasa dikenal di pasaran dan mempunyai banyak konsumen?

Ya, Anda harus melakukan promosi produk dalam strategi marketing mix ini.

Pada dasarnya, promosi merupakan aktivitas penyebaran informasi yang bersifat membujuk, mempengaruhi dan mengingatkan pasar bahwa produk Anda sudah siap dijual dan dibeli oleh mereka.

Salah satu yang dapat Anda lakukan adalah dengan memasang iklan.

Iklan dapat dilakukan melalui media-media seperti surat kabar, elektronik, brosur, spanduk, social media.

Pada zaman digital seperti sekarang, strategi pemasaran dengan promosi sangatlah mudah karena banyak media sosial yang akan sangat membantu Anda.

Coba Fitur Laporan Keuangan dan Bisnis untuk keputusan bisnis lebih tepat dan cepat

  • Place (Tempat)

Tempat atau lokasi merupakan salah satu strategi pemasaran secara langsung.

Tentu saja Anda ingin produk atau jasa Anda laku keras bukan?

Oleh karena itu, tempat atau lokasi penjualan juga sangat penting untuk dipertimbangkan.

Bagaimana cara menentukan lokasi yang tepat?

Hal yang dapat Anda lakukan adalah mencari dan menentukan lokasi penjualan yang sesuai dengan target pasar Anda, apakah itu untuk kalangan bottom, middle, atau up.

Baca Juga : Strategi Pemasaran yang Efektif untuk UKM

  • Participant (partisipan)

Partisipan merupakan salah satu elemen tambahan dari strategi pemasaran marketing mix.

Partisipan yang dimaksud adalah setiap orang yang masuk dan berpartisipasi dalam memasarkan produk atau jasa.

Sebagai contoh, dalam bisnis  kuliner partisipan nya dapat berupa rumah makan, restoran, cafe. Secara umum, pelayan, petugas,reseller juga termasuk menjadi partisipan.

Oleh karena itu, jangan menganggap remeh mereka, karena mereka mempunyai andil yang cukup besar dalam menentukan keberhasilan strategi pemasaran.

Proses Akuntansi Otomatis Minim Risiko Human Error dengan Jurnal. Pelajari selengkapnya!

  • Process (Proses)

Proses yang dimaksud dalam unsur strategi pemasaran di sini yaitu proses manajemen.

Strategi manajemen sangat penting untuk diperhatikan.

Hal ini karena keputusannya menentukan keberhasilan dari marketing.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan proses pelayanan terhadap konsumen.

Pelayanan yang baik kepada konsumen memiliki pengaruh yang besar terhadap hasil strategi pemasaran bisnis.

Baca Juga : Maksimalkan Strategi Pemasaran untuk Menyasar Pasar Lebih Luas

  • Physical Evidence (bukti/lingkungan fisik)

Physical evidence ini berupa bukti atau lingkungan fisik. Lingkungan fisik yang dimaksud yaitu berkaitan dengan kondisi atau suasana.

Sebagai contoh agar tidak bingung, physical evidence ini seperti fasilitas, visi misi perusahaan, simbol perusahaan, brand, kekayaan perusahaan, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan kegiatan pemasaran produk.

Jadi seperti itulah strategi pemasaran dengan marketing mix yang harus Anda pahami jika ingin mengembangkan bisnis dan memenangkan persaingan pasar.

Baca Juga : 6 Strategi Pemasaran Tepat Sasaran Yang Harus Dicoba

Lakukan Perencanaan Dan Pengelolaan Keuangan Yang Baik Dengan Aplikasi Jurnal By Mekari Untuk Mendukung Strategi Marketing Mix Anda

Lakukan Perencanaan Dan Pengelolaan Keuangan Yang Baik Dengan Aplikasi Jurnal By Mekari Untuk Mendukung Strategi Marketing Mix Anda

Untuk mendukung konsep marketing mix, Anda juga perlu melakukan perencanaan dan pengelolaan keuangan dengan baik dan benar.

Untuk melakukannya dengan efektif dan optimal, Anda bisa menggunakan bantuan Jurnal, program akuntansi online berbasis cloud.

Jurnal merupakan software akuntansi yang dapat membantu Anda melakukan perencanaan, perhitungan, dan pengelolaan keuangan dengan cepat, mudah, dan aman dengan fitur-fitur akuntansinya.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Dapatkan manfaat program akuntansi Jurnal sekarang, coba gratis selama 14 hari dan dapatkan kemudahan mengelola bisnis Anda!

Sekarang Anda paham dengan apa itu yang dimaksud dengan strategi marketing mix dan pengertian marketing mix seperti yang telah diulas oleh blog Jurnal By Mekari diatas.

Semoga informasi ini bisa berguna, dan jangan lupa untuk membagikannya di sosial media.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo