Di era kemajuan teknologi sekarang ini, sudah banyak perusahaan baik yang berukuran kecil maupun besar menggunakan Software Akuntansi sebagai penunjang kebutuhan akuntansi mereka. Salah satu alasannya adalah mempercepat alur kerja segala pencatatan transaksi bisnis. Namun tahukah Anda? Bahwa dengan menggunakan Software Akuntansi, Anda bisa meningkatkan profit bisnis restoran Anda.

 

Secara ringkas, penggunaan Software Akuntansi memungkinkan akuntan untuk mengotomatisasi proses seperti faktur dan penggajian, melacak pengeluaran dan melihat laporan keuangan secara realtime sehingga membuat kualitas keputusan bisnis jauh lebih baik.

 

Tetapi yang tidak disadari dan dimanfaatkan oleh banyak pemilik bisnis adalah “kunci” referensi dari penggunaan Software Akuntansi yang dapat meningkatkan pelayanan restoran terhadap pelanggan dan tentunya profit bisnis. Berikut ini beberapa cara untuk memanfaatkan Software Akuntansi untuk membantu meningkatkan profit bisnis restoran Anda.

 

Maksimalkan Fitur-Fitur Lain dari Software Akuntansi Itu Sendiri

Salah satu fitur yang terdapat dalam paket Software Akuntansi adalah menyediakan laporan analisa untuk lebih memahami pelanggan restoran Anda. Dan jika Anda tidak memanfaatkan fitur tersebut, Anda bisa kehilangan peluang besar untuk meningkatkan profit bisnis. Software Akuntansi dapat menyoroti produk makanan atau minuman yang paling laku dari penjualan Anda dan tren pembelian dari aktivitas pengunjung restoran Anda. Ini kemudian memungkinkan Anda untuk mengetahui siapa pengunjung yang sering berada di restoran Anda, melalui database pelanggan, produk penjualan terbesar Anda, dan seberapa banyak kontribusi yang diberikan setiap pelanggan terhadap keputusan pemasaran Anda yang kemudian akan menyempurnakan strategi penjualan Anda.

Ketika Anda mengetahui produk mana yang tidak laku secara detail, Anda dapat membuat keputusan apakah produk tersebut akan ditiadakan atau diganti dengan yang baru. Ini tentunya akan berdampak positif terhadap profitabilitas bisnis Anda. Peninjauan persediaan juga menjadi fitur yang sangat berguna dari Software Akuntansi, sehingga membantu Anda memutuskan produk apa yang harus tetap Anda pertahankan, dan produk mana yang layak untuk dijual dengan harga diskon.

 

Meningkatkan Kedekatan Personal dengan Pelanggan Sama dengan Meningkatkan Profit

Software Akuntansi memastikan bahwa semua informasi keuangan selalu ter-update dan akurat. Tetapi keuntungan utama lainnya adalah berapa banyak waktu yang Anda hemat dengan mengotomatisasi proses seperti faktur dan penggajian memberi Anda lebih banyak waktu untuk menangani urusan lain yang lebih mendatangkan profit seperti memaksimalkan hubungan Anda dengan pengunjung restoran.

 

Anda juga dapat menggunakan data pelanggan seperti informasi ulang tahun, data capaian pelanggan, seberapa banyak pembelian yang dilakukan pelanggan Anda, dan lamanya waktu mereka sebagai pengunjung atau pelanggan reguler restoran Anda untuk kemudian Anda beri ucapan selamat kepada mereka. Mungkin hal ini terkesan remeh. Namun ingat, hal kecil yang bersifat personal seperti itu akan meningkatkan kenyamanan pelanggan yang nantinya juga berdampak kepada kenaikan profit bisnis Anda.

 

Ketika pemilik bisnis restoran tidak hanya memikirkan penggunaan Software Akuntansi hanya sebagai solusi manajemen keuangan dan mulai memikirkannya sebagai alat yang komprehensif untuk pertumbuhan bisnis, ini berarti Anda sedang mengambil langkah pertama untuk meningkatkan profitabilitas bisnis yang lebih baik.

Anda hanya perlu memilih Software Akuntansi yang tepat. Untuk masalah pemilihan Software Akuntansi, Jurnal tentunya bisa menjadi pilihan yang tepat. Jurnal merupakan Software Akuntansi Online yang menyediakan berbagai paket fitur yang sesuai dengan kebutuhan bisnis yang berbeda-beda. Dengan Jurnal, segala manfaat yang sudah disebutkan di atas tersedia secara lengkap dan akan membantu menumbuhkan profit bagi bisnis Anda. Untuk informasi lebih lengkap mengenai Jurnal klik di sini.