Pakaian adalah sebuah kebutuhan pokok manusia. Dari hari ke hari, permintaan pasar akan ketersediaan pakaian semakin tinggi dan dinamis seiring dengan banyaknya jenis pakaian yang bermunculan. Kenyataan ini tentunya memicu peluang yang besar pada bisnis konveksi dan membuatnya menjadi salah satu bisnis yang diminati pengusaha. Jika Anda termasuk salah satu calon pengusaha yang tertarik dengan bisnis konveksi dan ingin memulainya dari rumah dengan modal yang sedikit terbatas, maka Anda bisa memperhatikan beberapa hal penting di bawah ini, agar bisnis konveksi yang Anda inginkan bisa berjalan lancar dan terhindar dari kegagalan.

 

Menentukan Tempat Bisnis

Bisnis konveksi memerlukan tempat yang cukup besar sebagai ruang produksi. Saat ini harga tanah cukup tinggi, jadi jika Anda memiliki lahan tanah yang kosong maupun ruangan yang tidak terpakai di rumah manfaatkan tanah atau ruang tersebut untuk membangun tempat bisnis. Dengan memanfaatkan tanah atau ruang tidak terpakai di rumah, maka Anda sudah menghemat sebagian pengeluaran sewa tempat sekaligus dapat beraktifitas tanpa harus merasa jauh dari keluarga.

 

Persiapkan Modal

Setiap bisnis pasti membutuhkan modal, begitu juga bisnis konveksi. Modal awal yang Anda perlukan untuk memulai bisnis ini adalah pembelian mesin jahit, mesin pemotong kain, dan meja kerja. Sebelum Anda menerima pesanan, sebaiknya Anda menghitung terlebih dahulu modal awal tersebut untuk menentukan besarnya harga setiap pesanan. Setelah mengetahuinya, baru Anda mempersiapkan kain dan benang sesuai dengan kebutuhan pesanan.

 

Tentukan Jenis Produk

Persiapan awal dalam bisnis konveksi adalah menentukan jenis produk yang Anda buat. Anda akan memproduksi pakaian untuk pria atau wanita, anak-anak atau orang dewasa, jenis kemeja atau kaos. Semua itu harus Anda tentukan di awal agar Anda bisa menyaring pesanan yang datang. Kalau pun Anda siap menerima semua jenis pakaian, maka karyawan juga harus siap mengerjakannya. Sehingga Anda perlu mencari karyawan yang mampu membuat semua jenis pakaian dengan baik.

 

Cari Partner Kerja

Partner kerja bisa Anda dapatkan dengan cara bekerja sama dengan pengusaha lain. Kerja sama bisa dalam bentuk material penyedia bahan untuk bisnis konveksi Anda maupun pengguna dari produk konveksi tersebut. Jika Anda mendapatkan kerja sama dalam penyediaan bahan, berarti Anda akan mendapatkan harga khusus maupun kondisi yang memudahkan untuk memperoleh bahan tersebut. Dan jika Anda mendapatkan partner yang menggunakan atau membutuhkan produk konveksi Anda, maka secara otomatis hasil produksi usaha konveksi tersebut akan tersalurkan dan terhindar dari risiko kerugian.

 

Tentukan Harga

Banyak perusahaan yang tidak cepat berkembang karena salah dalam menentukan harga. Oleh karena itu, sejak memulai bisnis konveksi sebaiknya Anda menentukan harga dengan tepat. Cari tahu berapa pesaing mematok harga sebagai referensi dalam menentukan harga. Meskipun demikian, jangan terlalu terpaku dengan harga pesaing tersebut. Hitunglah dengan benar berapa jumlah biaya produksi yang Anda keluarkan untuk sebuah pakaian dan berapa laba yang diinginkan. Dengan memiliki perhitungan yang baik maka Anda bisa menentukan harga yang tepat dan siap bersaing di pasaran.

 

Manajemen Keuangan

Keuangan adalah hal yang sangat penting dalam sebuah bisnis, termasuk bisnis konveksi rumahan. Keuangan harus selalu dikelola dengan baik dan benar dari awal perjalanan bisnis Anda. Catatlah semua transaksi secara detail untuk bisa membuat laporan keuangan yang dibutuhkan. Biasakan untuk selalu melihat dan merapikan catatan keuangan tersebut secara teratur meskipun hal ini mungkin akan sangat memerlukan ketelitian dan waktu yang panjang.

Jurnal merupakan software akuntansi online kini hadir untuk membantu Anda dalam proses pencatatan keuangan menjadi lebih mudah. Anda cukup memasukkan semua transaksi ke dalam sistem, maka secara otomatis software ini akan mengolahnya dan menampilkan laporan keuangan yang dibutuhkan. Segera daftarkan bisnis Anda di Jurnal agar pengelolaan keuangan bisnis konveksi Anda bisa berjalan dengan baik. Untuk semua informasi penting tentang Jurnal, bisa Anda dapatkan di sini.

Author