Tidak dapat dipungkiri perkembangan internet kini sangat berpengaruh pada aspek-aspek kehidupan. Tidak terkecuali juga pada dunia ekonomi dan bisnis. Selain bisnis online, investasi online juga sangat diminati. Merujuk pengertiannya, investasi online merupakan suatu kegiatan penanaman modal yang diharapkan memperoleh keuntungan di masa depan dengan menggunakan jaringan internet (online). Caranya yang mudah, pendapatan yang cukup menjanjikan, modal yang sedikit, dan menjadikan Anda seorang investor merupakan beberapa alasan untuk memilih jenis investasi online.  



Belakangan muncul masalah jika ‘investasi online tidaklah aman’. Beredarnya berita-berita tentang kesuksesan investasi online juga tidak menutup fakta lain bahwa ada orang yang kehilangan modal dan berakhir dengan harapan palsu. Padahal seperti yang kita ketahui bersama, investasi online juga dilindungi oleh sistem keamanan dan pengelolaan yang profesional. Lalu, mengapa bisa terjadi? Apa penyebabnya?



Ternyata terdapat beberapa hal yang menyebabkan orang menjadi rugi. Adanya persepsi investor yang beranggapan bahwa investasi online merupakan cara cepat mendapatkan keuntungan yang besar, menyebabkan mereka terpikat pada iming-iming pada oknum-oknum nakal dan investasi bodong. Alih-laih mendapatkan untung yang besar malah mereka dibohongi dan merugi. Namun, tidak ada salahnya Anda mencoba melakukan investasi online. Berikut tips agar Anda tetap aman dalam berinvestasi online.

 

Pastikan Aspek Legalitasnya

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika akan berinvestasi adalah memastikan lembaga atau tempat investasi online memiliki legalitas yang baik. Selain lembaganya, jenis produk investasi yang diminati juga harus diperiksa terlebih dahulu. Lembaga yang legal biasanya akan mendapatkan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan berbadan hukum. Untuk produk investasi juga sama, produk akan mendapatkan keterangan persetujuan dari OJK dan biasanya akan dicantumkan pada situs lembaga atau perusahaan.

 

Untuk melihat perusahaan atau lembaga apa saja yang terdaftar dan diawasi oleh OJK Anda dapat mengeceknya di website OJK. Anda juga dapat melaporkan lembaga atau perusahaan investasi bodong kepada OJK. Sehingga Anda dapat mencegah korban penipuan investasi bodong.

 

Keuntungan yang Wajar

Salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam berinvestasi adalah keuntungan yang ditawarkan. Salah satu ciri-ciri lembaga investasi yang aman adalah penawaran keuntungan yang wajar. Jika Anda diberikan janji keuntungan yang tinggi dalam waktu yang singkat, sebaiknya Anda berhati-hati.

 

Keuntungan wajar yang biasanya ditawarkan oleh beberapa produk investasi seperti reksa dana, obligasi, atau saham biasanya berkisar antara 10% – 20% setiap tahunnya. Investasi  bodong biasanya akan menawarkan lebih tinggi dari angka tersebut, misal 50% per tahun. Jika di logika saja sudah tidak masuk akal bukan? Investasi bukanlah sebuah sulap yang langsung jadi seketika, dia membutuhkan waktu dan proses. Oleh karena itu, jangan pernah terburu-buru dalam memutuskan investasi dengan melihat keuntungan.

 

Memahami Produk dan Skema Investasi

Lembaga legal pasti memahami  produk-produk yang mereka tawarkan. Mereka akan menjelaskan secara rinci produk yang mereka miliki kepada calon investornya. Informasi yang biasanya diberikan seperti jumlah atau besarnya dana, aliran dana dan keuntungan yang akan diberikan.



Anda sebagai calon investor juga sebaiknya memahami jenis-jenis produk investasi. Jangan hanya bergantung pada penjelasan perusahaan, jika Anda tidak memahami sedikit saja Anda akan mudah untuk dibohongi. Dan jangan lupa untuk menanyakan semua hal terkait investasi Anda sampai sejelas-jelasnya.

 

Struktur Organisasi Perusahaan Jelas

Perusahaan investasi yang kredibel memiliki struktur organisasi yang jelas. Sebaiknya sebelum memutuskan investasi, cari tahu informasi rekam jejak perusahaan tersebut di internet. Jika perusahaan atau lembaga memiliki reputasi yang baik maka akan banyak informasi, review dan testimoni dari orang-orang. Di samping struktur organisasi, informasi seperti alamat, informasi lain seperti kantor dan lainnya juga Anda cek di web. Ataupun jika perlu Anda melakukan survei lokasinya.



Begitulah tips yang dapat Anda terapkan untuk memilih investasi online yang aman. Bersikap cerdas dan teliti sebelum berinvestasi! Selain berinvestasi secara online, Anda juga bisa berinvestasi melalui software akuntansi Jurnal. Dengan Jurnal, Anda dapat mengelola keuangan bisnis Anda dengan mudah. Karena itulah, mulai rencanakan untuk berinvestasi melalui software akuntansi. Temukan informasi lengkap mengenai Jurnal di sini.