Setiap tahun perusahaan akan selalu kedatangan musim pembayaran pajak yang sangat menguras tenaga dan pikiran, terutama jika selama ini masalah pencatatan keuangan tidak diatasi dengan benar. Jika Anda seperti kebanyakan pembayar pajak yang mengalami musim pajak dengan sedikit menegangkan dan penuh perjuangan, maka melalui artikel kali ini, Anda bisa menyiapkan rencana untuk musim pajak tahun depan tanpa stres melalui perencanaan yang baik yang bisa Anda mulai hari ini.

 

Melihat Pengalaman untuk Rencana ke Depan

Pengalaman adalah guru terbaik. Tinjau ulang keuangan Anda sesering mungkin dan pastikan Anda mulai menyisihkan sebagian dari penghasilan Anda untuk pembayaran pajak tahun depan. Belajar dari pengalaman langsung Anda dalam pembayaran pajak tahun lalu untuk dapat membantu mengoptimalkan pendekatan Anda terhadap musim pajak pada tahun-tahun berikutnya. Evaluasi setiap pemasukan yang Anda terima  dalam 6 bulan terakhir dan bandingkan kondisi tersebut dengan tahun tahun sebelumnya. Pelajari kesulitan apa saja yang Anda hadapi pada pembayaran pajak tahun sebelumnya agar dapat diantisipasi.

 

Tetap Up-to-Date dengan Pembukuan

Jika ingin pengajuan pajak Anda menjadi sempurna tahun depan, penting untuk mulai menilai arus kas Anda dan biasakan mengelola pembukuan Anda secara teratur. Pembukuan kadang terlihat seperti sebuah tugas yang mudah untuk ditunda, tetapi jika tidak segera dikerjakan, akan banyak detil yang terlupa dan itu akan menjadi penghalang yang jauh lebih sulit untuk diatasi jika Anda meninggalkannya pada menit terakhir. Melakukan pembukuan secara mingguan atau bulanan membutuhkan usaha jauh lebih sedikit daripada mengerjakan semuanya mendekati waktu pembayaran pajak berikutnya. Ada banyak alasan untuk menjaga pembukuan Anda saat ini dan akurat.

 

Jangan Pernah Melewatkan Potongan Pajak

Potongan pajak tentunya sangat berarti untuk mengurangi beban biaya yang harus ditanggung perusahaan. Untuk mendapatkan pemotongan pajak, ingat semua biaya yang telah Anda tanggung selama 16 bulan terakhir, catat semua pengeluaran Anda sampai waktu pembayaran pajak berikutnya, simpan semua bukti transaksi terutama terhadap pembelian yang sudah dikenai pajak, sehingga Anda bisa mendapatkan potongan saat waktu pembayaran pajak tiba. Jika Anda mengalami kesulitan untuk selalu menyimpan bukti transaksi, Anda bisa mencoba aplikasi Jurnal Snap, yang akan membantu penyimpanan bukti transaksi secara digital dan menyimpannya secara aman di cloud tanpa khawatir kehilangan semua bukti transaksi perusahaan.

 

Lakukan Pembukuan Sekarang Juga

Mengarsipkan pajak ketika Anda tidak siap sama halnya dengan diberi tugas untuk menulis laporan dengan deadline sekarang juga. Dengan deadline yang begitu dekat, pastinya Anda akan terburu-buru mengerjakan dan melewatkan banyak data penting yang mungkin bisa mengurangi pajak atau menghindarkan perusahaan dari risiko terkena audit. Anda akan menghemat banyak waktu, kekhawatiran, dan masalah jika Anda mengajukan pajak dengan benar melalui data yang tepat untuk mendukung laporan keuangan. Bagaimana cara memulainya? Biasakan untuk selalu melacak pendapatan dan pengeluaran Anda dengan memasukkan semua transaksi ke dalam aplikasi Jurnal secara teratur. Jurnal menyimpan semua data Anda dan memudahkannya untuk dapat diakses dari kapan dan di mana saja.

 

Lakukan Rekonsiliasi Bank Secara Teratur

Menambahkan rekonsiliasi bank bulanan ke rutinitas Anda akan membantu Anda menangkap perubahan apapun dengan keuangan perusahaan sebelum terlambat. Rekonsiliasi bank digunakan untuk membandingkan catatan Anda dengan catatan bank, untuk melihat apakah ada perbedaan antara dua set catatan ini untuk transaksi tunai Anda. Saldo akhir versi Anda dari catatan kas dikenal sebagai saldo buku, sedangkan versi bank disebut saldo bank. Untuk menghindari situasi keuangan yang sulit, mulailah dengan menilai arus kas Anda secara teratur. Pastikan Anda menggunakan fitur Cash Link dari Jurnal untuk mendapatkan proses rekonsiliasi yang mudah dengan pihak Bank.

 

Memisahkan Keuangan Bisnis dan Pribadi

Kebiasaan penting yang mendukung  perencanaan pajak yang dilakukan oleh semua profesional pajak secara serius adalah memisahkan keuangan bisnis dan keuangan pribadi. Memiliki akun bersama untuk penggunaan pribadi dan bisnis dapat menyebabkan Anda menghadapi biaya bisnis yang tidak jelas atau secara tidak sengaja mengklaim biaya bisnis sebagai biaya pribadi. Hal ini tentunya akan membuat laporan keuangan Anda menjadi kacau dan mempengaruhi hasil akhir jumlah pajak yang harus Anda bayarkan secara tidak langsung. Ajukan permohonan kartu kredit bisnis baru atau buka rekening bank terpisah untuk bisnis Anda agar aliran kas tetap terpisah, sehingga pencatatan menjadi mudah  dan perhitungan pajak yang Anda bayarkan menjadi jelas.

Jika beberapa  hal di atas masih belum Anda antisipasi, maka tidak ada kata terlambat untuk memulainya hari ini. Jadikan tahun 2018 sebagai momentum untuk melakukan pembukuan dengan benar melalui kemitraan dengan Jurnal software akuntansi online. Dapatkan free trial dari Jurnal  selama 14 hari dan mulailah perencanaan musim pajak 2019 tanpa khawatir dengan mendaftarkan bisnis Anda sekarang juga di sini.

Author