Jurnal Enterpreneur

Cara Menerapkan Strategi Pemasaran 4p Serta Contoh Penerapannya Pada UMKM

Anda mencari strategi pemasaran 4p dan contohnya? Seperti apa contoh strategi pemasaran 4P, bauran pemasaran 4p pada produk makanan UKM itu? Disini blog Jurnal By Mekari akan mengulasnya.

Ada banyak tujuan marketing, salah satunya adalah memastikan agar produk atau jasa yang dibuat perusahaan dapat dikenal masyarakat, sehingga nantinya perusahaan dapat mendapatkan laba dari transaksi penjualannya.

Maka tidak aneh saat sebuah perusahaan rela mengeluarkan banyak biaya untuk membuat strategi pemasaran.

Strategi pemasaran sebenarnya tidak hanya untuk perusahaan besar, perusahaan kecil seperti UKM juga harus memiliki strategi pemasaran.

Justru malah jenis usaha menengah dan kecil yang harus gencar membuat dan menjalankan strategi pemasaran sehingga UKM menjadi lebih berkembang.

Pantau Kondisi Kesehatan Keuangan Usaha Mikro & Kecil Anda secara Realtime dengan Jurnal

Anda mencari strategi pemasaran 4p dan contohnya? Seperti apa contoh strategi pemasaran 4P, bauran pemasaran 4p pada produk makanan UKM itu? Disini blog Jurnal By Mekari akan mengulasnya.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Contoh Strategi Pemasaran 4P, Bauran Pemasaran 4P Produk Makanan Pada UKM UMKM

Namun, masalahnya beberapa UKM masih bingung dalam menerapkan atau mengaplikasikan konsep dari strategi marketing, padahal jika saja mereka mau menerapkan dan mengaplikasikan dengan baik akan membantu bisnis mereka menjadi lebih berkembang dan maju.

Oleh karena itu, artikel kali ini akan membahas mengenai pengaplikasian salah satu konsep strategi marketing pada sebuah usaha.

Contoh Strategi Pemasaran 4P Pada UKM

Strategi pemasaran memiliki berbagai macam jenis, salah satunya yang sudah kita kenal yakni strategi pemasaran 4P atau yang biasa disebut juga strategi marketing mix.

Untuk mengingatkan sedikit, strategi pemasaran 4P merupakan kumpulan alat pemasaran taktis yang terdiri dari product (produk), price (harga), place (tepat) dan promotion (promosi) yang dipadukan agar menghasilkan respon yang diinginkan di pasar.

Ada banyak sekali usaha atau jenis UKM di Indonesia.

Sebagai informasi pemilihan carica ini blog Jurnal By Mekari pilih secara acak.

Bukan berarti bahwa penerapan strategi pemasaran 4P hanya dapat dilakukan untuk usaha carica tetapi strategi pemasaran 4P ini dapat diterapkan dalam berbagai jenis usaha.

Baca Juga : Cara Simple Pembukuan dan Akuntansi Food & Beverages

Contoh Penerapan Bauran Pemasaran, Strategi Pemasaran 4P Pada Produk Makanan UKM Carica

Carica merupakan salah satu nama buah yang banyak tumbuh di dataran tinggi dieng.

Buah carica adalah kelompok keluarga dari buah pepaya.

Namun, buah carica hanya dapat tumbuh di daerah dataran tinggi yang memiliki suhu rendah sehingga sering disebut dengan pepaya gunung.

Perbedaan buah carica dan pepaya yaitu ukuran buah carica yang lebih kecil dari buah pepaya, selain itu rasa carica jika tidak diolah adalah pahit sementara pepaya manis.

Carica ini banyak diolah dan dijual oleh para pelaku UKM di wonosobo dalam bentuk manisan.

Itulah deskripsi sedikit mengenai produk UKM buah carica, selanjutnya yaitu penerapannya dengan strategi pemasaran 4P yang tentunya dapat membantu Anda dalam menjalankan bisnis.

Baca juga: Instagram Marketing: Pahami Langkah-langkahnya!

Penjelasan Terkait Strategi Pemasaran 4P Produk Makanan Pada UKM

Seperti yang sudah diketahui, strategi pemasaran 4P merupakan kumpulan alat pemasaran taktis yang terdiri dari product (produk), price (harga), place (tepat) dan promotion (promosi) yang dipadukan.

Lalu untuk penjelasan tiap P yang ada di strategi pemasaran 4p dan contohnya adalah sebagai berikut.

  • Contoh Strategi Pemasaran 4P : Product (Produk)

Contoh Penerapan Strategi Pemasaran 4P Pada UKM

UKM Berkah Rizky (misalnya), memproduksi manisan carica dengan kemasan merek Carica Rizky.

Cara pembuatan manisan carica adalah sebagai berikut buah carica yang sudah matang dipetik kemudian dikupas menggunakan sarung tangan karena banyak getahnya, selanjutnya buah dipisahkan dari bijinya lalu direbus hingga mendidih dan diberikan gula kemudian carica dikemas.

Produk manisan carica yang sudah jadi dikemas dalam dua variasi yaitu 350 gram dan 125 gram.

Produk manisan carica mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B kompleks dan gula dan juga serat yang tinggi sehingga dapat memperlancar proses perencanaan.

Buah carica juga mengandung karotin, vitamin C dan flafonoid yang membantu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Selain itu juga mengandung enzim papain, khimopapain, glicopeptidase serta lisosim yang bermanfaat mengatasi nyeri punggung.

Produk manisan carica ini menawarkan  kelebihannya yang memiliki kandungan vitamin yang baik bagi tubuh dan juga pembuatannya yang tanpa menggunakan bahan pengawet.

Selain itu, produk tersebut juga mampu bertahan meskipun tanpa bahan pengawet.

Adanya dua pilihan kemasan juga memudahkan konsumen untuk memilih nya sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.

Beberapa hal ini dapat dijadikan strategi pemasaran untuk meningkatkan konsumen.

Baca Juga : Strategi Pemasaran yang Efektif untuk UKM

  • Contoh Strategi Pemasaran 4P : Price (Harga)

Contoh Penerapan Strategi Pemasaran 4P Pada UKM

Salah satu strategi dalam strategi pemasaran adalah mengenai harga.

UKM Berkah Rizky mencantumkan harga dari produk manisan carica nya.

Harga manisan carica di pasaran sangat variatif sehingga dengan menerapkan harganya dalam kemasan akan membuat konsumen lebih mudah membandingkan dengan kompetitor.

Maka UKM Berkah Rizky juga harus menetapkan harga yang kompetitif.

Apabila perusahaan akan menaikan harga kedepannya sebaiknya perusahaan juga memperhatikan persepsi konsumen.

Baca juga: Yield Management: Metode Pricing di Waktu yang Tepat

  • Contoh Strategi Pemasaran 4P : Place (Tempat)

UKM Berkah Rizky memiliki tempat produksi yang berada di wonosobo dimana tempat bahan baku yakni carica memang banyak tumbuh disana.

Produk manisan carica sekarang telah menjadi produk atau oleh-oleh khas wonosobo.

Nah UKM Berkah Rizky dapat memasarkannya di pusat toko oleh-oleh, toko di tempat pariwisata, warung-warung sepanjang jalan jalur wisata selain di rumah produksinya tentunya.

Sehingga akan sangat mudah untuk konsumen menemukan produk manisan Carica Rizky ini.

Baca Juga : 7 Strategi Pemasaran Produk yang Harus Anda Coba

  • Contoh Strategi Pemasaran 4P : Promotion (Promosi)

Promosi merupakan hal yang sangat penting untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat luas.

Media yang digunakan untuk melakukan promosi seperti poster, selebaran, spanduk, pamflet, social media, iklan di radio.

Beberapa cara promosi seperti dengan strategi pemasaran secara digital yang dilakukan cukup efektif.

Apalagi jika dibandingkan dengan penjualannya yang terus meningkat setelah dilakukan promosi.

Sehingga strategi promosi selanjutnya dapat berupa target seperti meningkatkan segmentasi konsumen dan juga meningkatkan jumlah pelanggan yang loyal mengingat produk manisan carica adalah produk oleh-oleh khas daerah wonosobo.

Itulah cara menerapkan strategi pemasaran 4P dalam sebuah produk UKM. Mudah bukan?

Sekarang saatnya, Anda mencoba melakukan strategi pemasaran 4P tersebut.

Pantau Efektivitas Strategi Pemasaran Anda Dengan Fitur Laporan Keuangan Aplikasi Jurnal By Mekari

Sementara untuk membantu masalah pengelolaan keuangan yang sering dihadapi oleh UKM, Anda dapat menggunakan bantuan Jurnal aplikasi akuntansi UKM online dan aplikasi pembukuan sederhana terpercaya.

Banyak fitur yang disediakan di dalamnya yang dapat memudahkan Anda menyusun laporan keuangan.

Cukup memasukkan informasi dan data-data keuangan bisnis Anda, aplikasi akuntansi Jurnal akan menghitungnya secara otomatis.

Terlebih Jurnal adalah aplikasi akuntansi UKM terlengkap berbasis teknologi cloud sehingga Anda dapat mengaksesnya kapanpun dan dimanapun secara realtime.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pastikan Anda Sudah Pakai Jurnal, Software Akuntansi Online Terpercaya!

Untuk melihat fitur selengkapnya dari produk dari Jurnal, Anda dapat klik di sini

Dapatkan juga free trial selama 14 hari untuk mendapatkan pengalaman mudahnya atur keuangan bisnis Anda dengan Jurnal.

Nah, sekarang Anda tahu strategi pemasaran 4p dan contohnya itu seperti apa.

Anda juga bisa menjawab apa contoh strategi pemasaran 4P, bauran pemasaran 4p pada produk makanan UKM itu sesuai yang telah diulas oleh blog Jurnal By Mekari diatas.

Semoga informasi ini berguna dan, silahkan dibagikan di sosial media.

 

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo