Apa Itu Akuntansi & Kenapa Setiap Perusahaan Membutuhkannya?

Akuntansi dan pembukuan sudah ada hampir sepanjang manusia terlibat dalam perdagangan. Hal ini cukup wajar, karena jika kita ingin berbisnis satu sama lain dengan cara apa pun secara terorganisir, kita pasti memerlukan sebuah sistem untuk melacak semua pertukaran ini, dan disitulah akuntansi berperan.

Pembukuan dengan sistem pencatatan berganda (double entry) telah muncul di Eropa sejak abad pertengahan dan telah digunakan para pebisnis besar dan kecil semenjak itu. Saat ini, akuntansi bahkan sudah menjadi hal wajib yang harus dilakukan oleh setiap bisnis untuk memenuhi berbagai keperluan baik yang berhubungan dengan bisnis maupun kewajiban terhadap pemerintah.

Pengertian Akuntansi Menurut Ahli

Abu Bakar A. dan Wibowo

Abu Bakar dan Wibowo merupakan pakar akuntansi Indonesia. Menurut mereka, akuntansi memiliki pengertian sebagai prosedur mengakui, pencatatan dan korespondensi bursa keuangan dari suatu unsur atau organisasi. Maksudnya, akuntansi adalah sistem informasi yang mengakui dan mencatat transaksi keuangan kemudian disajikan dalam laporan keuangan. Selanjutnya laporan tersebut berguna sebagai sarana korespondensi atau laporan bagi pihak-pihak berkepentingan dengan suatu organisasi atau perusahaan dalam hal kegiatan bisnis dan keuangan.

Arnold

Akuntansi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi kepada siapa saja yang harus membuat sebuah keputusan dan mengendalikan penerapan keputusan tersebut. Maksud Arnold, akuntansi merupakan sistem penyedia informasi keuangan yang berguna bagi siapa pun yang berkepentingan untuk mengambil sebuah keputusan. Di mana selanjutnya pihak tersebut juga bertanggung jawab untuk melakukan pengendalian atas pengambilan dan penerapan keputusan tersebut.

Kategori Akuntansi

a. Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan berhubungan dengan informasi yang dipublikasikan kepada pemegang saham, pelanggan, kreditor, dan badan pengatur. Tujuan akuntansi keuangan adalah memberikan informasi keuangan penting tentang perusahaan Anda kepada pihak-pihak luar bisnis.

Baca juga: Pengertian Akuntansi dan Pentingnya dalam Bisnis

b. Akuntansi Manajerial

Akuntansi manajerial berhubungan dengan informasi yang tidak dibagi dengan publik, seperti gaji, keuntungan, dan biaya barang yang dihasilkan. Tujuan akuntansi manajerial adalah untuk membantu manajer perusahaan dan supervisor membuat keputusan keuangan. Bagi sebagian besar pemilik usaha kecil, istilah  “akuntansi” dalam perusahaan, adalah akuntansi manajerial

Apa Manfaat yang Didapat dari Akuntansi?

Akuntansi sangat penting jika Anda ingin mengembangkan bisnis dengan cara yang dapat diukur dan diprediksi. Memiliki sistem pelacakan aset, liabilitas, dan pendapatan bisnis akan membuat Anda untuk memiliki kemungkinkan dalam membuat keputusan bisnis yang cerdas dan tepat berdasarkan kinerja masa lalu dan menyajikan kesehatan keuangan perusahaan Anda. Dengan sistem akuntansi yang jelas dan teratur, Anda tidak hanya bisa menganalisis data keuangan perusahaan, tapi juga membantu pertumbuhan dan menambah keuntungan.

Akuntansi yang baik juga membantu Anda memuaskan pelanggan. Bagaimana caranya? Dengan mengetahui kemampuan perusahaan secara finansial dalam hal pendapatan dan biaya, perusahaan akan bisa menentukan kemungkinan untuk berinovasi agar dapat lebih meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Dengan mengetahui kondisi finansial, perusahaan juga akan lebih memahami apa yang perlu dilakukan di masa depan untuk mempertahankan tingkat kepuasan pelanggan dan mengembangkan bisnis.

 

Selain beberapa hal di atas, yang tidak kalah penting adalah, akuntansi juga membantu Anda melacak siapa yang berutang pada perusahaan,  Anda berutang kepada siapa, bagaimana cara mengelola catatan penggajian, pembayaran pinjaman, pembayaran bunga, dan mungkin yang terpenting, membuat Anda memiliki data keuangan yang Anda butuhkan saat datang waktu untuk mengajukan dan membayar pajak perusahaan.

 

Pentingnya Akuntabilitas

Bila akuntansi dilakukan dengan benar, risiko terhadap keuangan perusahaan seperti penipuan maupun kebocoran anggaran yang tidak perlu akan dapat diminimalkan secara signifikan. Adanya pencatatan akuntansi yang baik juga dapat membantu jika suatu saat pemerintah melakukan audit terhadap perusahaan. Riwayat pencatatan akuntansi  yang baik akan mempermudah perusahaan dalam melewati proses audit tanpa rasa was-was dan penuh kecurigaan. Di satu sisi, akuntansi adalah nurani kuantitatif dari dunia bisnis, di mana semuanya terukur dan tertulis dengan jelas.

 

Siapa yang Berhak Menangani Akuntansi Perusahaan?

Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda harus mengetahui terlebih dulu ukuran bisnis Anda dan seberapa cepat Anda berharap untuk tumbuh. Perusahaan publik dengan banyak korporasi biasanya menunjuk Chief Financial Officer (CFO) atau kepala pejabat keuangan untuk menangani keuangan perusahaan. Perusahaan yang lebih kecil mungkin merasa perlu untuk menyewa seorang akuntan eksternal secara paruh waktu untuk membantu menangani faktur dan menjaga akun tetap up-to-date.

Secara umum, akuntansi perusahaan juga dapat ditangani oleh akuntan internal atau staf SDM perusahaan itu sendiri. Dan itu bagus, yang jelas, siapapun yang menangani akuntansi perusahaan akan sangat penting jika perusahaan juga memiliki fasilitas yang memudahkan seperti perangkat lunak atau software akuntansi untuk memudahkan pekerjaan tersebut.

Jurnal sebagai layanan penyedia software akuntansi online, adalah salah satu solusi untuk mempermudah pencatatan akuntansi perusahaan. Jurnal dapat diaplikasikan secara aman tanpa perlu instalasi dan dapat memungkinkan perusahaan untuk selalu menerima dan mencatatkan laporan secara realtime. Dapatkan semua informasi bermanfaat tentang Jurnal di sini.

Kategori : Uncategorized @id

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo