Pelanggan yang loyal adalah salah satu hal penting yang dapat membantu bisnis untuk berkembang. Untuk menarik pelanggan menjadi loyal, seorang pengusaha tidak hanya harus memiliki produk dengan kualitas baik, namun juga harus mulai memerhatikan kualitas pelayanan yang baik agar pelanggan lebih puas terhadap bisnis Anda. Menjadikan pelanggan loyal terhadap bisnis bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan usaha yang keras dan konsisten terhadap apa yang sudah diberikan sebelumnya. Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa Anda tiru untuk membuat pelanggan Anda loyal dan kembali terus menerus membeli produk Anda.

 

Berikan Layanan Terbaik

Kualitas pelayanan yang baik adalah cara pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat pelanggan loyal terhadap bisnis Anda. Untuk memberikan pelayanan yang baik terhadap pelanggan, cobalah mulai untuk mendengarkan pelanggan dan memberikan solusi di setiap permasalahan pelanggan dengan cepat dan tepat. Anda juga bisa memberikan sarana yang memudahkan pelanggan untuk menjangkau bisnis Anda, misalnya memberikan layanan 24 jam.

 

Hadapi dengan Transparan

Setiap bisnis pasti adakalanya mengalami kesulitan atau masalah, seperti kehabisan stok, jaringan Internet eror, dan sebagainya. Jika Anda mengalami masalah dalam bisnis, cobalah sampaikan dan hadapai masalah ini kepada pelanggan. Jangan sampai mereka menunggu dan menerka-nerka masalah yang terjadi. Anda juga bisa memberikan update mengenai masalah tersebut melalui social media, email, SMS, dan media lainnya yang Anda miliki. Dengan bersikap jujur dan bisa menghadapi masalah dengan transaparan, pelanggan akan lebih mudah percaya kepada bisnis Anda, sehingga mereka akan menjadi pelanggan yang loyal.

 

Jangan Pernah Abaikan Pelanggan

Banyak pengusaha yang sering melakukan kesalahan ini. Di mana, mereka ingin menargetkan pelanggan baru untuk bisnisnya, dan pelanggan lama akhirnya terabaikan. Padahal, mendapatkan pelanggan baru lebih mudah dibandingkan Anda harus menjaga pelanggan lama yang sudah loyal terhadap bisnis. Untuk menghindari ini, cobalah berikan layanan yang sama antara pelanggan baru dan pelanggan lama.

 

Akui Kesalahan yang Dilakukan

Setiap orang pasti pernah mengalami kesalahan. Jika ini terjadi dalam bisnis, cobalah untuk mengakui kesalahan dan meminta maaf kepada pelanggan atas kesalahan yang telah dilakukan. Saat ini penyebaran informasi bisa sangat mudah, dan jika Anda melakukan kesalahan pada 1 pelanggan, tidak menutup kemungkinan untuk diketahui pelanggan lain. Untuk menghindari kehilangan pelanggan, cobalah dengarkan keluh kesah mereka dan cobalah bertanggungjawab dengan meminta maaf. Anda juga bisa berikan solusi agar kesalahan tersebut bisa dimaafkan. Mengaku salah akan menjadi pilihan yang lebih baik untuk menjadikan pelanggan loyal.

 

Selalu Tepati Janji

Memiliki reputasi yang baik di mata pelanggan adalah harapan semua pengusaha. Untuk itu, cobalah untuk konsisten dan selalu menepati janji kepada pelanggan, seperti mengirim barang dalam waktu 24 jam. Dengan selalu menepati janji, pelanggan akan lebih percaya terhadap bisnis Anda dan secara tidak langsung akan membangun nilai kepada calon pelanggan baru. Jika suatu saat Anda membutuhkan waktu yang lama dalam pengiriman barang karena suatu hal, Anda juga harus menyampaikan kepada pelanggan. Misalnya saat momen idul fitri dan pesanan produk menjadi ramai. Hal ini tentu dapat menyebabkan pengiriman menjadi lebih lama dari biasanya.

 

Berikan Kejutan

Tidak ada satu orang pun yang tidak menyukai kejutan. Untuk menjadikan pelanggan menjadi loyal terhadap bisnis, cobalah untuk memberikan kejutan di momen-momen spesial, misalnya saat mereka ulang tahun. Anda bisa memberikan mereka bingkisan ulang tahun yang dikirim langsung ke alamat yang tertera. Jika, tidak memiliki modal cukup, Anda bisa memberikan mereka ucapan langsung melalui social media, SMS, email, ataupun telepon. Dengan begitu, pelanggan akan merasa senang dan diperhatikan, sehingga bisa membuat mereka menjadi loyal terhadap bisnis Anda.

 

Buat Program Loyalitas Pelanggan

Hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah membuat program loyalty reward untuk pelanggan yang loyal. Dengan program ini, Anda bisa menjaga hubungan baik terhadap pelanggan. Anda bisa memberikan reward melalui berbagai hal mulai dari pengumpulan poin, memberikan kartu VIP untuk pelayanan terbatas, dan sebagainya. Dengan program ini, pelanggan akan terus menerus kembali membeli produk Anda dan terus menerus menjadi pelanggan Anda yang loyal.

 

 

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat pelanggan menjadi loyal terhadap bisnis Anda. Dengan memiliki pelanggan yang loyal, bisnis Anda akan lebih mudah untuk terus berkembang. Namun, Anda tidak boleh berhenti sampai di sini, Anda juga harus terus menerus membuat inovasi bisnis untuk mempertahankan pelanggan di kemudian hari. Selain itu, Anda juga harus bisa mengelola keuangan dengan baik agar bisnis tidak merugi. Tidak mengelola keuangan sama dengan mengharapkan bisnis Anda gagal dikemudian hari. Untuk mengelola keuangan bisnis, cobalah mulai memanfaatkan Jurnal sebagai software akuntansi online.