Menjadi pemilik bisnis berarti Anda harus memiliki sifat leadership yang baik. Kenapa? Karena sikap seorang leader dalam perusahaan memiliki peran penting dan sangat menentukan keberhasilan sebuah bisnis. Anda juga harus bisa menjadi contoh yang baik dan menjadi sahabat bagi seluruh karyawan Anda. Untuk itu, sebagai pemilik bisnis sekaligus leader dalam bisnis, Anda harus memiliki sikap dan kemampuan khusus untuk menjalankan tugas Anda dengan baik. Berikut adalah beberapa hal yang harus dimiliki seorang pemimpin atau leader.

 

Memiliki Sifat Jujur

Kejujuran adalah sifat yang harus dimiliki dan tidak boleh dilupakan oleh seorang pemimpin. Dengan memiliki sifat ini, karyawan akan lebih percaya dan dapat bekerja dengan tenang dan aman. Karena, setiap perkataan yang keluar dari mulut Anda sudah pasti benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Sifat ini jugalah yang menjadi kunci penting dalam mengembangkan sebuah bisnis.

 

Komunikasi dengan Baik

Sebagai seorang pemimpin berarti Anda juga harus bisa berkomunikasi dengan baik ke seluruh karyawan hingga ke pihak eksternal perusahaan. Dengan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, karyawan maupun pihak lain akan lebih mudah mengerti apa yang ingin Anda sampaikan dan lakukan. Seorang pemimpin atau leader juga harus memastikan bahwa pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik oleh karyawan maupun pihak eksternal yang berkepentingan. Hal ini juga dapat mengurangi risiko kesalahpahaman atau berbeda pandangan.

 

Bersikap Adil

Dengan bersikap adil berarti Anda tidak boleh membeda-bedakan karyawan satu dan yang lainnya. Hal ini tentu dapat menimbulkan kecemburuan sosial antar karyawan yang bisa menyebabkan kehancuran dalam sebuah tim. Pemimpin yang adil akan lebih tahu pekerjaan apa yang pantas diberikan kepada karyawannya dan berapa gaji yang pantas diberikan kepada karyawan tersebut atas kerja kerasnya. Dengan memiliki sikap ini, karyawan akan lebih menghormati Anda sebagai pemimpin, dan Anda akan lebih disukai oleh karyawan.

 

Membangun Tim dengan Baik

Memiliki tim yang baik dan solid bukan hanya membuat karyawan nyaman, tapi juga bisa membantu Anda mengembangkan bisnis. Oleh karena itu, seorang pemimpin harus bisa membangun tim dengan baik dan solid. Untuk membangun tim yang solid, Anda harus membangun kekompakan dalam sebuah tim. Mulailah dengan mengobrol sesuatu yang menarik misalnya tentang film, musik, keluarga, dan lain sebagainya. Anda juga bisa mengajak mereka menonton bersama, makan bersama, dan kegiatan lain yang bisa mendekatkan diri Anda dengan mereka.

 

Memahami Kondisi

Menjadi seorang leader, berarti Anda harus mengetahui dan memahami kondisi yang terjadi dengan baik, mulai dari konsep, kelebihan dan kekurangan bisnis, hingga kondisi masing-masing karyawan yang Anda miliki. Dengan memahami kondisi, Anda dapat lebih mudah membantu menyelesaikan masalah yang sedang terjadi dan mengetahui apa saja risiko yang bisa diterima perusahaan dengan solusi yang akan Anda berikan. Anda juga tidak bisa memberikan solusi yang sama disetiap permasalahan dan untuk setiap orang. Karena itulah, cobalah pahami kondisinya dengan baik sebelum memberikan solusi dari permasalahan tersebut.

 

Manajemen Waktu yang Baik

Menjadi leader atau pemimpin berarti Anda siap menerima tugas yang lebih besar, bukan hanya melakukan pengecekan atas pekerjaan yang dilakukan karyawan. Oleh karena itu, Anda harus bisa mengelola waktu sebaik-baiknya untuk diri sendiri maupun bisnisnya. Dengan tidak memiliki manajemen waktu yang baik, mungkin saja seluruh pekerjaan Anda akan berantakan dan seluruh tenggat waktu yang telah ditentukan akan mundur.

Author