Tidak hanya melakukan penjualan, dalam dunia bisnis, sebuah perusahaan juga harus membangun hubungan baik antar perusahaan, konsumen, supllier, masyarakat, dan sebagainya. Karena itu komunikasi menjadi hal yang penting. Untuk mendukung terjadinya hubungan diperlukan komunikasi, komunikasi yang terjadi inilah merupakan komunikasi bisnis. Dengan melakukan komunikasi bisnis, Anda dapat melakukan kerja sama, melakukan promosi silang ataupun kerja sama-kerja sama lain yang dapat saling menguntungkan.

 

Definisi Komunikasi Bisnis

Apakah Anda mengetahui pengertian dari komunikasi bisnis? Menurut Floyd (2006), komunikasi bisnis digunakan dalam dunia bisnis dan didalamnya mencakup berbagai macam jenis dan bentuk komunikasi untuk mencapai tujuan bisnis. Sementara Purwanto (2003), mendefinisikan komunikasi bisnis sebagai kegiatan yang meliputi pengiriman dan penerimaan pesan-pesan antar dua orang, kelompok kecil, atau dalam satu lingkungan atau lebih dengan tujuan untuk mempengaruhi perilaku di dalam suatu organisasi.

 

Unsur Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis akan berjalan dengan baik jika terdapat unsur-unsur komunikasi bisnis. Adapun unsur-unsur tersebut yakni:

a. Tujuan komunikasi, dalam melakukan komunikasi tentu saja harus ada tujuan yang disampaikan.

b. Pertukaran pikiran.

c. Informasi, gagasan, opini, atau instruksi yang merupakan isi pesan.

d. Saluran personal atau impersonal.

e. Sinyal atau simbol, sebagai alat dan metode yang dapat dipahami dan dimengerti oleh penerima untuk menyampaikan pesan.

f. Pencapaian tujuan, sebagai hasil akhir.

 

Efektivitas Komunikasi Bisnis

Agar mencapai tujuan, maka komunikasi bisnis sebaiknya dilakukan secara efektif. Berikut ini beberapa faktor yang dapat mempengaruhi efektivitas komunikasi bisnis.

a. Persepsi

Dalam melakukan komunikasi, seorang komunikator juga harus memiliki persepsi terkait topik pembicaraannya. Komunikator harus dapat memprediksi lewat berbagai macam persepsi nya tentang pesan yang disampaikan sehingga dapat dipahami dan diterima oleh penerima atau komunikan.

b. Keberhasilan Teknologi Informasi & Komunikasi

Pada era teknologi seperti sekarang teknologi informasi juga memiliki pengaruh yang besar dalam menentukan efektivitas komunikasi. Dengan menggunakan internet, komunikasi juga menjadi mudah, cepat, dan luas cakupannya. Oleh karena itu, internet memiliki peranan yang penting dalam perkembangan bisnis. Adapun perkembangan bisnis tersebut mencakup nilai produk, aktivitas operasional, dan pelayanan jasa.

c. Ketepatan

Dalam berkomunikasi, manusia pasti memiliki kerangka berpikir yang berbeda-beda. Agar informasi yang akan diberikan sampai dengan tepat, maka komunikator juga harus mengekspresikan atau mengimplementasikan apa yang dipikirkan oleh komunikan.

d. Kredibilitas

Terkadang sebuah informasi yang disampaikan oleh seseorang tidak dipercaya oleh orang lain. Untuk menghindari hal tersebut, maka komunikator juga harus yakin bahwa komunikan adalah pihak yang dapat dipercaya. Hal tersebut juga berlaku sebaliknya, intinya setiap pihak harus memiliki sikap saling percaya satu sama lain.

e. Pengendalian

Pengendalian juga diperlukan dalam proses komunikasi. Setiap komunikasi pasti akan ada tanggapan dari pihak penerimaan. Disinilah tugas komunikator untuk dapat mengendalikan tanggapan dari komunikan.

f. Kecocokan

Seperti yang telah disebutkan di atas, dalam komunikasi harus ada kepercayaan dan hubungan baik yang harus dijaga. Sehingga persahabatan antar perusahaan juga dapat terjalin dengan adanya komunikasi.

Selain menjaga hubungan baik dengan komunikasi bisnis, Anda juga harus memerhatikan keuangan bisnis Anda. Dengan keuangan bisnis yang baik, Anda dapat dengan mudah menjalankan dan mengembangkan bisnis Anda. Jurnal merupakan salah satu software akuntansi online yang membantu Anda mengelola keuangan bisnis dengan muda. Dengan Jurnal, Anda dapat dengan mudah melihat kinerja keuangan bisnis kapan dan di mana saja. Jurnal juga dilengkapi dengan beberapa fitur yang memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis, mulai dari mengelola utang-piutang, penjualan-pembelian, arus kas, hingga pengelolaan aset dan proses rekonsiliasi yang mudah. Informasi lengkap mengenai Jurnal dan fitur lainnya silakan klik di sini.