Dalam menjalankan bisnis, pemasaran merupakan hal yang penting. Tanpa adanya pemasaran, perusahaan dapat mengalami kerugian. Pemasaran merupakan ujung tombak dalam proses penjualan. Hal ini karena salah satu tujuan pemasaran adalah agar produk atau jasa sebuah bisnis/perusahaan dapat dikenal oleh masyarakat. Dengan demikian, penjualan diharapkan dapat meningkat. Sehingga tidak heran jika perusahaan-perusahaan mencari strategi terbaik dalam melakukan pemasarannya.

 

Sekarang, strategi pemasaran sudah sangat kreatif dan beraneka ragam. Terlebih dengan adanya bantuan teknologi, kini pemasaran menjadi mudah untuk dilakukan dan biayanya pun dapat diminimalisasi. Namun, setiap perusahaan memiliki strategi pemasaran masing-masing. Biasanya mereka akan menyesuaikan dengan jenis kegiatan atau produk yang dimiliki.

 

Meskipun berbeda-beda, setiap perusahaan akan membuat strategi pemasaran produk yang efektif sehingga performa perusahaan meningkat. Berikut merupakan strategi pemasaran produk yang efektif yang dapat Anda gunakan sebagai referensi untuk meningkat penjualan:

 

Memilih Tempat Strategis

Memilih tempat yang strategis merupakan salah satu strategi pemasaran produk. Namun, sebaiknya Anda melakukan riset dan analisis terlebih dahulu mengenai target konsumen sebelum memilih tempat. Pastikan tempat yang Anda pilih mudah untuk diketahui dan dijangkau. Misalnya, jika Anda menjual makanan maka Anda dapat memilih tempat penjualan di dekat area kampus dan kos-kosan.

 

Menggunakan Social Media

Pada era digital seperti sekarang, social media menjadi alat pemasaran yang paling efektif. Sebagian besar masyarakat kini hampir dapat dipastikan memiliki social media. Tentu saja ini merupakan peluang yang besar untuk Anda mencari konsumen dan menjalin interaksi dengan berbagai kalangan tanpa batasan geografis. Melakukan pemasaran dengan menggunakan social media memberikan banyak keuntungan selain kemudahannya, cakupan jaringan yang luas, biayanya juga murah.  Adanya tingkat visibilitas yang tinggi juga membuat perusahaan saling berlomba untuk membuat media sosial untuk memasarkan produknya.

 

Memberikan Produk Secara Gratis

Memberikan produk secara gratis juga merupakan salah satu strategi pemasaran. Cara ini sangat ampuh untuk menjaring konsumen terutama kaum wanita. Memberikan produk secara gratis akan sangat efektif untuk memasarkan produk baru. Untuk membagikan produk gratis, perusahaan dapat melakukannya pada sebuah event atau mall di mana banyak orang yang datang kemudian tim Anda dapat menawarkannya secara langsung sample tersebut. Jika produk Anda berupa software atau yang media pemasarannya menggunakan media digital, maka Anda dapat menawarkan free trial kepada konsumen. Ada yang perlu Anda ingat juga, jangan memberikan produk gratis setiap saat karena bukan untung yang akan didapat malah rugi. Jadi sebaiknya Anda juga memperhitungkan terlebih dahulu berapa produk yang dapat dibagikan.

 

Memberikan Insentif Atas Testimoni

Sebuah produk dapat dikatakan bagus dan tepercaya jika memiliki testimoni atau review yang baik dari pelanggannya. Review dan testimoni juga merupakan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan. Sehingga tidak ada salahnya jika Anda memberikan insentif untuk pelanggan yang sudah memberikan testimoni dan review yang baik. Insentif tidak harus berupa uang, Anda dapat memberikan dalam bentuk voucher, potongan harga, hadiah, atau produk. Adanya insentif yang diberikan dapat membuat pelanggan Anda menjadi loyal dan tentu saja mendapatkan calon pelanggan yang potensial.

 

Menjalin Hubungan Baik

Menjalin hubungan baik terhadap semua orang menjadi salah satu strategi pemasaran. Terlebih kepada pelanggan, Anda wajib melakukan hal ini. Pelanggan merupakan salah satu aset untuk Anda, sehingga agar tidak kehilangan pelanggan yang loyal meka menjalin hubungan yang baik akan menjadi suatu kelebihan untuk Anda. Selain itu, sebaiknya Anda juga aktif melakukan atau menjawab pertanyaan dan masukkan dari pelanggan maupun calon pelanggan baik melalui media sosial maupun secara langsung. Dengan demikian pelanggan dan calon pembeli akan merasa nyaman dan senang untuk berbelanja di bisnis Anda.

Setelah mengetahui tentang strategi pemasaran yang efektif, untuk kesuksesan dan kelancaran bisnis, Anda tentu juga harus didukung  perencanaan keuangan yang baik. Melakukan penghitungan, pelaporan dan analisa keuangan merupakan kegiatan pendukung untuk melakukan strategi pemasaran. Jurnal merupakan software akuntansi online dengan berbagai macam fitur yang memudahkan proses akuntansi, mulai dari membuat laporan keuangan, menghitung biaya, mengelola stok, dan pelaporan pajak menjadi lebih mudah. Dapatkan informasi lengkapnya di sini. Dapatkan juga kesempatan untuk mencoba secara gratis selama 14 hari.