Rencana Bisnis atau (business plan) merupakan dasar menjalankan sebuah bisnis agar bisa berjalan dengan baik. Rencana tersebut digunakan sebagai acuan dalam pengambilan keputusan demi kemajuan bisnis yang dijalani. Bisnis plan harus memuat visi dan misi sebuah bisnis agar bisa berjalan sesuai dengan rencana awal. Banyak pengusaha yang mengalami perubahan bisnis karena tidak memiliki rencana bisnis yang jelas. Oleh karena itu, sebelum menjalankan bisnis, Anda harus membuat bisnis plan yang jelas dan singkat. Untuk membantu Anda membuat business plan yang baik, Anda perlu memperhatikan langkah sukses berikut ini.

 

Kenali Bisnis yang Anda Jalankan

Langkah pertama sebelum membuat sebuah bisnis plan adalah mengenali bisnis tersebut. Anda perlu benar-benar memahami bagaimana bisnis tersebut berjalan, dalam bidang apa bisnis tersebut, apa jenisnya, dan bagaimana menjalankannya. Anda juga perlu mengetahui kekuatan dan kelemahan bisnis yang Anda jalani tersebut. Jika sudah benar-benar mengenali bisnis, Anda bisa dengan mudah membuat bisnis plan dan tentunya dapat dengan mudah menjalankan bisnis tersebut sehingga bisa menjadi pengusaha yang sukses.

 

Membuat Visi dan Misi

Visi dan misi sangat penting dalam pendirian sebuah organisasi, baik organisasi bisnis maupun lainnya. Oleh karena itu, agar Anda sukses menyusun bisnis plan, Anda harus membuat visi dan misi untuk bisnis tersebut. Visi merupakan tujuan jangka panjang dari sebuah bisnis yang akan dijalani dan harus bisa dicapai. Sedangkan, misi merupakan tujuan jangka pendek yang harus dilalui perusahaan untuk mencapai visi. Anda perlu membuat visi dan misi dengan tetap dan tentunya yang sesuai dengan bisnis yang Anda jalani. Dengan demikian bisnis plan bisa sesuai dengan tujuan perusahaan yang ingindicapai. Janganlah mengubah visi dan misi yang telah dibuat sejak awal, namun ubahlah cara kerja bisnis Anda agar sesuai dengan visi dan misi tersebut.

 

Membuat Ringkasan Rencana Bisnis

Langkah sukses untuk menyusun sebuah bisnis plan adalah membuat sebuah ringkasan singkat yang berisi tentang berbagai rencana perusahaan. Buatlah dengan singkat namun tetap jelas agar tidak terlalu panjang dan bertele-tele. Bisnis plan bukanlah sebuah novel yang berisi cerita-cerita, namun hanya sebuah ringkasan atas acuan bisnis. Bahkan, Anda hanya memerlukan selembar kertas saja untuk membuat rencana ini karena hanya menulis hal-hal penting dalam bisnis. Menulis singkat dapat menghemat waktu dan tidak akan membuat orang malas membacanya. Selain itu, rencana yang singkat juga tidak akan mudah dimengerti semua orang sehingga rencana tidak akan mudah ditiru kompetitor.

 

Buatlah Ringkasan Secara Detail

Meskipun Anda hanya perlu membuat ringkasan, Anda tetap harus detail dalam membuatnya. Dalam sebuah bisnis plan harus memuat kejelasan bisnis, produk apa yang dijual, cara memproduksi produk tersebut, dan bagaimana pangsa pasarnya. Selain itu, Anda juga harus menulis bagaimana cara memasarkan produk tersebut sehingga mendapatkan uang dan bagaimana manajemen bisnisnya. Berapa banyak tim yang Anda butuhkan, akankah tim besar atau tim kecil. Tidak kalah penting juga Anda perlu membuat analisis pemasaran, produk, manajemen, dan analisis keuangan untuk ditulis dalam bisnis plan. Dengan semua analisis tersebut diharapkan bisnis dapat berjalan sesuai rencana dan tentunya bisa semakin berkembang.

 

Miliki Sikap Teliti

Dalam membuat sebuah bisnis plan, Anda sebagai pengusaha harus selalu memiliki sikap teliti dalam semua hal. Ketelitian sangat penting untuk berdirinya sebuah perusahaan, termasuk dalam penulisan rencana bisnis. Bisnis plan yang ditulis dengan teliti dan tidak tergesa-gesa akan menghasilkan sesuatu yang pasti dan tidak akan menimbulkan berbagai pertanyaan oleh semua tim pelaku bisnis.

Itulah 5 (lima) langkah sukses untuk membuat sebuah bisnis plan yang penting untuk Anda ketahui agar terhindar dari kesalahan perencanaan bisnis. Selanjutnya, untuk mendukung detail pembuatan bisnis plan, Anda juga harus menyertakan berapa biaya yang dibutuhkan untuk menjalankan perencananaan tersebut. Jurnal merupakan software akuntansi online yang menyediakan layanan pengelolaan dan konsultasi keuangan. Jurnal siap membantu bisnis Anda untuk memiliki bisnis plan yang baik melalui perencanaan keuangan yang tepat. Melalui kemitraan dengan Jurnal, dapatkan pengelolaan keuangan yang baik dan bisnis plan yang sukses bagi bisnis Anda. Dapatkan semua informasi tentang Jurnal di sini.

Author