Selama ini, bisnis rumahan selalu identik dilakukan oleh ibu-ibu yang tidak bekerja. Mereka bisa sukses menjalankan bisnis sekaligus bisa menjaga dan merawat anak-anaknya. Siapa sangka, ternyata tidak hanya ibu rumah tangga yang bisa menjalankan bisnis rumahan. Seorang pria pun boleh menjalankan bisnis rumahan dan bisa berkembang dan sukses. Meskipun, terkadang tidak semua pria mau menjalankan bisnis rumahan karena takut dengan penghasilan yang sedikit atau tidak menentu. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena bisnis rumahan yang dijalankan dengan baik dan penuh semangat akan mendatangkan keuntungan yang besar. Di bawah ini akan kita bahas beberapa ide bisnis rumahan yang bisa dilakukan oleh pria.

 

Membuka Tempat Persewaan

Pria pada umumnya memiliki hobi yang bermanfaat seperti bersepeda, memancing, fotografi, ataupun traveling. Dari hobi tersebut, banyak di antara mereka yang memiliki beragam peralatan sebagai koleksi di rumah dan tidak jarang pula mereka bingung dengan barang tersebut. Jika Anda memiliki hobi dan suka mengoleksi barang-barang berkaitan dengan hobi tersebut, manfaatkan sebagai bisnis di rumah. Alat-alat yang Anda miliki bisa dijadikan sebagai barang sewaan bagi kaum pria yang memiliki hobi sama dengan Anda. Bisnis ini mudah dilakukan karena semua alat yang dimiliki bisa disewakan dan tentunya bisa menambah penghasilan.

 

Reparasi

Pria pada umumnya memiliki keahlian mereparasi barang-barang elektronik maupun otomotif. Jika Anda juga memiliki keahlian ini, jadikan sebagai bisnis rumahan. Cukup membuka bisnis ini di rumah dengan iklan di social media, Anda sudah bisa menghasilkan uang tambahan. Untuk jasa reparasi ini, usahakan Anda memiliki pelayanan lebih seperti antar-jemput barang yang direparasi atau bersedia dipanggil ke tempat yang membutuhkan reparasi, sehingga lebih banyak menarik minat konsumen untuk menggunakan jasa Anda.

 

Penulis Freelance

Jika Anda suka menulis artikel atau blog manfaatkan hobi Anda di rumah untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menjadi blogger, translator, ataupun content writer untuk mengisi blog orang lain. Bisnis ini memerlukan modal yang cukup kecil karena Anda hanya perlu modal koneksi internet yang lancar. Bisnis ini tidak dibatasi untuk wanita ataupun pria, jadi lakukan saja apa yang Anda bisa lakukan selama tidak melanggar hukum dan bisa menambah pemasukan.

 

Jasa Desain Grafis

Jika Anda seseorang yang memiliki kemampuan dalam desain grafis, Anda bisa mencari uang dari rumah. Anda bisa menawarkan jasa yang bisa Anda kerjakan kepada tetangga sekitar ataupun teman dekat Anda. Jika tidak ada yang memerlukan jasa tersebut, Anda bisa mencoba pemasaran secara online melalui social media, email, maupun blog. Jasa ini hampir sama dengan freelancer, tetapi modalnya lebih sedikit karena Anda tidak memerlukan Internet setiap waktu. Anda hanya memerlukan Internet ketika akan mengirim hasil desain kepada pelanggan.

 

Bisnis Makanan dan Minuman

Saat ini, banyak pria yang sukses dengan bisnis kuliner. Hal ini bisa Anda jadikan sebagai motivasi untuk membuka bisnis di bidang makanan dan minuman sendiri. Bisnis ini bisa dimulai dari rumah dan nantinya bisa berkembang. Jika Anda seorang pria yang memiliki kemampuan memasak, jangan ragu untuk memulai bisnis ini dengan kemampuan Anda. Segera buka kedai makanan dan minuman yang unik di tempat tinggal Anda dan dapatkan uang dari hasil usaha sendiri.

 

Sebenarnya semua pria bisa menjalankan bisnis apapun asalkan dijalankan dengan niat dan tanpa rasa malu. Jika Anda tidak memiliki ide bisnis, Anda bisa menjalankan salah satu dari lima bisnis di atas. Satu hal yang perlu diingat, sebuah bisnis bisa berkembang dengan baik jika pengelolaan keuangan perusahaan berjalan baik. Pengelolaan keuangan haruslah dilakukan dengan jelas dan transparan dari semua transaksi yang ada. Selain itu, Anda juga harus memiliki laporan keuangan di setiap akhir periode bisnis.

Untuk mendukung kelancaran pengelolaan keuangan bisnis, jangan ragu untuk mencoba software akuntansi online dari Jurnal karena software ini mampu memberikan laporan yang Anda butuhkan. Dengan menggunakan Jurnal, Anda menghemat pengeluaran sekaligus mendapatkan kemudahan untuk mengelola keuangan bisnis rumahan Anda dengan mudah. Anda bisa melakukan pengecekan setiap saat dan memasukkan semua laporan keuangan melalui smartphone Anda. Tunggu apa lagi, dapatkan semua informasi tentang Jurnal di sini dan nikmati free trial 14 hari dari kami.

Author