Pada akhir periode biasanya seorang akuntan akan menyiapkan dan menyusun laporan keuangan seperti laporan laba/rugi, laporan perubahan modal, neraca, dan laporan arus kas untuk diserahkan kepada direksi maupun stakeholder. Laporan merupakan hal yang penting bagi perusahaan, dengan membuat laporan keuangan Anda dapat mengetahui  informasi posisi keuangan dan kinerja perusahaan yang dapat dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan. Namun, untuk menilai kinerja perusahaan dan memaksimalkan kinerja periode yang akan datang maka Anda tidak bisa hanya dengan melihat laporannya saja, Anda perlu melakukan analisis laporan keuangan.

 

Menurut Prastowo (2008), analisis laporan keuangan adalah penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri serta menghubungkan antar bagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti secara keseluruhan.

 

Tujuan Analisis Laporan Keuangan

Tujuan analisis laporan keuangan adalah sebagai berikut:

– Menilai kinerja manajemen pada tahun berjalan.

– Mengetahui perubahan posisi keuangan perusahaan pada periode tertentu.

– Mengetahui kelemahan dan kelebihan apa saja yang dimiliki perusahaan.

– Mengetahui langkah perbaikan apa saja yang perlu dilakukan kedepan yang berkaitan dengan posisi keuangan dan kinerja perusahaan.

 

Metode Analisis Laporan Keuangan

Untuk memperoleh ukuran-ukuran, hubungan, ataupun informasi lainnya yang dapat digunakan untuk menilai posisi keuangan perusahaan dan membantu proses pengambilan keputusan maka Anda perlu melakukan analisa laporan keuangan. Dalam melakukan analisa laporan keuangan terdapat beberapa teknik, berikut ini 4 metode yang dapat Anda pilih.

a. Metode Komparatif

Metode komparatif atau perbandingan digunakan dengan cara menggunakan angka-angka di laporan keuangan dan membandingkan dengan angka-angka yang ada di laporan keuangan tahun sebelumnya. Dengan cara lain, Anda dapat membandingkan masing-masing pos laporan keuangan yang relevan atau data yang signifikan.  Sehingga metode ini juga dikenal dengan istilah metode analisis rasio.

b. Metode Analisis

Metode menggunakan teknik perbandingan laporan keuangan beberapa tahun, dan kemudian menggambarkan tren/grafiknya. Oleh karena itu, pada metode ini di butuh kan bantuan pengetahuan statistik. Misalnya, seperti menggunakan rumus program linier y = a + bx. Teknik tren dapat digunakan untuk memproyeksikan laporan keuangan di masa depan dengan menggunakan data historis.

c. Metode Common Size Financial Statement

Metode ini merupakan metode analisis yang menjadikan laporan keuangan dalam bentuk presentasi. Adapun presentasi yang dibuat biasanya berkaitan dengan jumlah yang bernilai penting. Misalnya aset pada neraca, penjualan pada laporan laba/rugi.

d. Metode Index Time Series

Metode ini dihitung dengan cara menggunakan laporan keuangan dijadikan sebagai indeks dan dipilih sebagai tahun dasar. Biasanya tahun dasar yang dipilih/ditetapkan diberi indeks 100. Untuk menghitungnya, dapat digunakan rumus berikut:

Indeks tahun N = angka laporan tahun N  x 100%

          Angka dasar

Untuk melakukan analisis laporan keuangan, hal penting yang harus Anda miliki adalah laporan keuangan yang baik dan benar. Anda dapat menggunakan software akuntansi untuk membuat laporan keuangan dengan cepat dan tepat. Jurnal adalah software akuntansi yang dapat membantu Anda membuat laporan keuangan dan mengelola keuangan bisnis Anda dengan instan. Dengan Jurnal, Anda dapat memantau keuangan bisnis di mana pun dan kapan pun. Untuk melihat berbagai fitur lainnya, temukan di sini.