Keterampilan dan inovasi dalam mengatur keuangan sebuah bisnis sangat diperlukan. Banyak bisnis yang mengalami kegagalan hanya karena perencanaan keuangan yang tidak memadai dan pendanaan yang kurang tepat. Oleh karena itu, memiliki rencana keuangan bisnis yang komprehensif adalah salah satu keharusan bagi setiap bisnis. Berikut adalah beberapa manfaat jika Anda merencanakan keuangan bisnis dengan baik.

 

Tolok Ukur Kemajuan Bisnis

Perencanaan keuangan bisnis tentunya didahului dengan aktivitas analisis dan evaluasi yang menghasilkan penilaian yang menjadi tolok ukur dari kemajuan bisnis secara nyata atau berdasarkan faktanya. Hal ini dapat dilihat jelas dari poin-poin mengenai apa saja yang menjadi isi perencanaan keuangannya, sejauh dan sedalam mana perencanaan keuangan tersebut dibuat. Dengan demikian kita akan menjadi tahu dan memahami sejauh mana perusahaan sudah maju dan berkembang. Jika masih belum mengalami kemajuan, maka dari perencanaan ini Anda juga dapat menentukan langkah selanjutnya yang perlu diambil untuk kemajuan bisnis.

 

Mengalokasikan Keuangan

Manfaat yang berikutnya dari perencanaan keuangan adalah untuk mengalokasikan keuangan perusahaan secara maksimal. Dengan membuat daftar perencanaan keuangan, maka keuangan milik perusahaan akan dialokasikan untuk membiayai segala kepentingan yang dapat memiliki manfaat dalam lini perusahaan. Proses ini akan melalui langkah yang panjang dan diakhiri kesepakatan bersama antar sesama pihak yang memiliki kewenangan. Sehingga anggaran dari keuangan perusahaan itu akan masuk untuk kepentingan yang tepat dan memiliki manfaat bagi kemajuan perusahaan. Di samping itu, perencanaan keuangan seperti ini juga akan mengontrol setiap pos-pos anggaran yang tidak terlalu penting atau sifatnya dapat ditunda. Sehingga kestabilan keuangan bisnis tetap terjaga.

 

Meningkatan Produktivitas

Perencanaan keuangan dapat menjadi jembatan untuk meningkatkan produktivitas. Caranya adalah dengan merencanakan pembiayaan untuk lini produktivitas yang belum terjamah, biasanya didahului dengan melakukan rapat atau kesepatakan bersama dari setiap pihak yang memiliki kewenangan di dalam lingkup perusahaan. Dengan adanya kemajuan produkivitas perusahaan, maka pada waktu yang akan datang, perencanaan ini akan sukses untuk memajukan perusahaan ke posisi yang lebih unggul dan maju dari sebelumnya. Secara tidak langsung, dengan perencanaan keuangan bisnis Anda dapat membangun masa depan bisnis yang lebih baik.

 

Itulah ketiga manfaat dari perencanaan keuangan bisnis yang tentunya harus dibuat oleh setiap perusahaan. Untuk membuat rencana keuangan  bisnis, Anda dapat memanfaatkan fitur Manajemen Anggaran dari Jurnal. Dengan fitur ini, Anda dapat membuat perencanaan sistematis yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan yang berlaku dalam jangka waktu tertentu untuk masa yang akan datang. Paket ini hanya bisa dinikmati bagi Anda yang telah berlangganan paket Enterprise. Setelah membuat Anggaran Keuangan di Jurnal, Anda juga dapat melihat perbandingan antara jumlah transaksi rill dan anggaran yang telah Anda susun per akun pada laporan Anggaran Laba Rugi. Daftarkan bisnis Anda sekarang juga dengan Jurnal dan nikmati free trial 14 hari. Info lebih lanjut, klik di sini.

 â€‹â€‹â€‹

Author