Keterampilan manajerial adalah keterampilan untuk mengatur, mengoordinasikan dan menggerakkan para bawahan ke arah pencapaian tujuan yang telah ditentukan organisasi. Kemampuan manajerial tidak begitu saja muncul. Kemampuan ini lahir dari suatu proses panjang yang terjadi secara perlahan melalui proses pengamatan dan pembelajaran. Dalam organisasi yang berukuran besar seperti perusahaan, kesempatan manajer untuk mengadakan kontak dengan seluruh bawahan relatif sangat kecil. Lebih-lebih dalam organisasi yang besar dengan ruang lingkup operasinya berskala nasional atau internasional. Seorang  pimpinan usaha, dituntut untuk memiliki kemampuan manajerial, sehingga kegiatan mengintegrasikan, mengoordinasikan, dan menggerakkan para bawahan dalam ruang lingkup usaha yang besar, dapat dilakukan dengan baik.

 

Kecerdasan Emosi

Seorang pengusaha akan menghadapi berbagai sifat manusia, baik sebagai rekan bisnis maupun konsumen bisnisnya.  Oleh karena itu, seorang pengusaha yang baik, dituntut untuk memiliki manajemen emosi yang baik dan selalu berkepala dingin, ketika menghadapi karakter manusia yang unik, agar tidak merusak reputasi bisnis mereka.

 

Mampu Mengelola SDM

SDM yang baik adalah aset bagi bisnis. Dengan keterampilan manajerial yang baik dalam pengelolaan SDM, maka bisnis akan berjalan secara sistematis, terorganisir, dan rapi sehingga proses bekerja akan berjalan lebih terarah dan sesuai dengan target tujuan.

 

Memiliki Strategi Manajemen

Seorang pengusaha yang baik harus dapat menuangkan impiannya ke dalam ide-ide yang dapat diimplementasikan melalui perencanaan strategi manajemen yang efisien dan efektif. Dengan strategi manajemen yang baik, seorang pengusaha dapat lebih mudah mengelola manajemen perusahaannya.

 

Memiliki Jiwa Kepemimpinan

Pemimpin yang baik harus bisa menginspirasi dan memberikan dorongan positif pada team worknya. Bersedia untuk terlibat dan bertanggung jawab dalam pemecahan masalah serta berani mengambil risiko.

 

Mengelola Waktu dengan Baik

Seorang pemimpin bisnis pasti memiliki berbagai macam tugas dan kesibukan yang cukup banyak. Untuk itu, seorang pengusaha harus bisa mengelola waktu dengan baik, mulai dari mengerjakan tugas berdasarkan prioritas, ataupun disiplin dengan jadwal yang telah ditetapkan baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

 

Komunikatif

Komunikasi adalah kemampuan seseorang untuk menggunakan bahasa yang secara sosial dapat diterima dan memadai. Seorang pimpinan usaha yang mampu berkomunikasi dengan baik, kepada staff maupun rekan kerjanya, akan memiliki kemungkinan besar untuk dapat memberi arahan yang baik dan melakukan negosiasi secara efektif.

 

Inovatif

Sebuah inovasi akan menegaskan bahwa sebuah bisnis tidak akan bersifat pasif dan stagnan.  Dengan memiliki kreativitas dalam membuat inovasi terhadap produk atau jasa, maka seorang pimpinan bisnis akan membuat produknya lebih kompetitif dan unik . Ini adalah salah satu keterampilan manajerial yang wajib dimiliki jika sebuah usaha ingin bertahan lebih lama dalam menghadapi kerasnya sebuah persaingan bisnis.

 

Strategi Pemasaran yang Jitu

Karena sebuah usaha akan terkait penjualan, maka memiliki strategi pemasaran yang jitu merupakan salah satu keterampilan manajerial yang wajib dimiliki oleh seorang pengusaha. Menyusun konsep strategi pemasaran yang handal, cermat dalam menentukan target pasar, dan menerapkan bauran pemasaran wajib dipahami dengan baik oleh seorang  calon pengusaha sukses.

 

Reputasi yang baik

Reputasi merupakan modal terbesar dalam pemasaran. Dengan adanya image perusahaan yang positif akan meningkatkan reputasi perusahaan dan kepercayaan konsumen terhadap produk yang mereka gunakan. Karena itulah, seorang pengusaha harus memiliki reputasi yang baik. Di mana, pengusaha yang baik akan berpengaruh terhadap reputasi brand itu sendiri.

 

Pengelolaan Keuangan

Keterampilan yang satu ini sangat penting dimiliki pengusaha agar dapat membuat perencanaan keuangan yang baik untuk mengelola modal usaha serta pencapaian laba. Tidak hanya menggunakan keuangan secara tepat, kemampuan dalam penyusunan laporan keuangan juga menjadi salah satu indikator kemampuan manajerial dalam pengelolaan keuangan yang baik.

 

Jurnal adalah software akuntansi online yang dilengkapi dengan berbagai fitur pengelolaan keuangan tepercaya. Dengan Jurnal, keterampilan manajerial Anda dalam pengelolaan keuangan usaha akan menjadi semakin baik. Dapatkan semua informasi penting tentang Jurnal di sini, dan milikilah dukungan manajerial usaha secara mudah dan efisien.

Author