Mekari Jurnal
Daftar Isi
5 min read

10 Usaha Pensiunan Terbaik Sepanjang Masa

Tayang 30 Apr 2018
Diperbarui 10 Oktober 2023

Mendekati mas pensiun adalah masa-masa Anda sudah tidak produktif lagi di dalam bekerja. Biasanya usia pensiun adalah sekitar 60 tahun, ada beberapa yang bahkan di bawah 60 tahun sudah mulai pensiun, tergantung kebijakan dari tempat mereka bekerja. Dan tentunya jika sudah pensiun dari segi penghasilan bulanan tidak sebanyak saat masih bekerja.

Selain itu, hari-hari Anda akan terasa membosankan, karena biasanya ada pekerjaan yang harus dilakukan, tetapi jika sudah pensiun malah menganggur tidak ada pekerjaan.

Sebaiknya, cari usaha pensiunan yang bisa mengisi waktu luang dan menambah penghasilan per bulan. Sayangnya tidak semua usaha cocok untuk pensiunan, terutama bisnis yang membutuhkan banyak tenaga dan pikiran yang berat. Berikut 10 usaha yang paling cocok untuk pensiunan.

1. Rumah Kos atau Kontrakan

Bagi Anda yang memiliki tempat tinggal di kota dan berdekatan dengan perkantoran, kampus, atau tempat umum, bisnis rumah kos atau kontrakan adalah salah satu bisnis pensiunan yang paling menguntungkan.

Memang untuk modal membangun kos tidaklah murah, tetapi setelah jadi Anda hanya tinggal menerima bayaran setiap bulan dari setiap penyewa.

Selain itu bisnis kos ini tidak ada matinya, bahkan semakin tahun semakin naik harga sewa kos-kosan. Namun Anda jangan asal-asalan mengelolanya, walaupun ini salah satu bisnis properti yang minim kerugian, Anda harus menjalankannya dengan sebaik mungkin, mulai dari perencanaan hingga promosi.

2. Rental Motor dan Mobil

Bisnis yang kedua ini mungkin membutuhkan uang lebih, tetapi bagi Anda yang memiliki banyak motor dan mobil tidak menjadi masalah.

Apalagi jika uang pesangon pensiun Anda besar, maka bisa digunakan untuk modal membeli motor atau mobil rentalan. Yang terpenting adalah dalam mencari relasi atau link dan promosi.

Jika Anda adalah pensiunan cobalah memberikan penawaran kepada instansi tempat Anda bekerja, siapa tahu mereka membutuhkan jasa rental Anda.

3. Toko Kelontong

Usaha toko kelontong yang menjual kebutuhan sehari-hari adalah salah satu bisnis menarik bagi pensiunan. Karena Anda hanya perlu membuka toko kelontong di rumah, nantinya pembeli akan datang dengan sendirinya.

Untuk modal membuka toko kelontong ini tidaklah terlalu besar, sehingga bisa dijalankan oleh siapapun. Untuk barang yang dijual sebaiknya adalah barang kebutuhan sehari-hari seperti sembako dan barang lainnya yang mudah laku.

4. Toko Alat Tulis

Membuka toko alat tulis tidak kalah menariknya dengan membuka toko kelontong, apalagi jika rumah Anda berdekatan dengan sekolah, kampus, atau kantor, sehingga banyak yang membutuhkan perlengkapan alat tulis.

Selain itu, agar lebih lengkap, Anda juga bisa menambahkan jasa fotocopy, pengetikan, cetak, jilid, sewa komputer, dan lain sebagainya.

5. Properti

Bisnis properti adalah salah satu bisnis yang tidak terdampak pada inflasi, di mana setiap tahun harga tanah dan bangunan akan selalu naik.

Dengan memiliki sebidang tanah atau bangunan, bisa menjadi salah satu investasi yang menguntungkan, Anda tidak perlu repot mengurusinya, Anda hanya perlu menunggu sampai harga naik.

Jika punya modal banyak, cobalah untuk membeli tanah yang berada di pinggir jalan, kemudian bangunlah ruko untuk disewakan, tentu ini akan menjadi pemasukan rutin bulanan yang menarik.

6. Usaha Peternakan

Usaha peternakan juga cocok bagi Anda yang sudah pensiun, karena tidak terlalu terikat dengan waktu kerja.

Selain itu, dengan bisnis peternakan ini, Anda bisa sekaligus mengisi waktu luang, sehingga tidak banyak waktu menganggurnya. Misalnya, beternak ayam pedaging, ayam petelur, pembesaran kambing, pembesaran sapi, atau burung berkicau.

Jika memang peternakan sudah mulai besar dan Anda kewalahan untuk mengurusinya, Anda bisa mencari karyawan untuk membantu pekerjaan Anda.

7. Usaha Agrobisnis

Bisnis agrobisnis juga tidak berbeda jauh dengan peternakan, keduanya sangat cocok untuk pensiunan.

Apalagi jika Anda memiliki lahan kosong yang cukup luas, Anda bisa menanaminya dengan tanaman-tanaman yang laku untuk dijual seperti cabai, tomat, terong, mentimun, palawija, dan masih banyak lainnya.

Kalaupun Anda tidak memiliki lahan yang luas, cobalah untuk menyewa lahan dari orang lain untuk memulai usaha agrobisnis.

8. Persewaan

Bisnis persewaan adalah bisnis yang menguntungkan, cukup modal sekali saja untuk membeli selanjutnya uang akan masuk dengan sendirinya.

Apalagi jika Anda memiliki barang yang tidak terpakai dan bisa disewakan, itu malah menjadi lebih bagus. Contohnya saja persewaan alat-alat pertanian, persewaan peralatan acara pernikahan, sewa tenda, genset, audio sound system, dan masih banyak lainnya.

9. Bisnis Waralaba

Bisnis waralaba menjadi salah satu bisnis sampingan pensiunan yang paling menarik. Untuk modal awal yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar, Anda juga tidak perlu menjalankan bisnis secara langsung, biasanya sudah ada karyawan yang ditugaskan untuk menjalankannya.

Tugas kita sebagai pemilik waralaba hanyalah mengontrol dan mengatur bisnis tersebut agar tetap mendapatkan keuntungan.

10. Konsultan

Tidak ada salahnya ilmu dan pengalaman yang didapatkan selama bekerja bisa dijadikan bekal untuk menjadi seorang konsultan.

Selain bisa mendapatkan penghasilan tambahan, dengan menjadi konsultan, Anda bisa membantu para klien yang membutuhkan keahlian yang Anda miliki. Terutama bagi Anda yang bekerja di bidang-bidang akuntansi, hukum, pajak dan lain sebagainya.

Anda bisa memanfaatkan ilmu Anda untuk menjadi salah satu partner konsultan Jurnal. Di mana, Anda akan membantu banyak perusahaan-perusahaan untuk terus berkembang dengan jasa Anda.

Baca juga : 5 Tips Membuat Bisnis Kecil Anda Semakin Besar dan Menguntungkan

Demikianlah pembahasan mengenai 10 usaha yang paling cocok untuk pensiunan. Dalam menjalankan bisnis, hal terpenting yang harus Anda perhatikan adalah mengelola keuangan bisnis.

Jurnal adalah software akuntansi online yang bisa membantu bisnis Anda dalam mengelola keuangan. Terdapat banyak fitur menarik yang bisa membantu administrasi keuangan bisnis Anda.

Pelajari juga bagaimana melakukan kontrol terhadap inventory bisnis Anda dengan lebih mudah menggunakan aplikasi inventory barang berbasis web.

Daftarkan sekarang juga dan nikmati free trial software akuntansi terbaik selama 14 hari untuk pengguna baru. Untuk info lebih lanjut silakan klik di sini.

Kategori : Other
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal